≡ Menu

10 Cara Mengatasi Gugup Tampil di Muka Umum

Semua orang tentu pernah merasakan gugup ataupun grogi, baik itu seorang motivator, trainer bahkan presenter berkelas sekalipun.

Akan tetapi, yang membedakan antara orang-orang tersebut dengan mereka yang baru tampil pertama kali dimuka umum yaitu bagaimana cara mereka dalam mengatasi rasa gugupnya tersebut.

Karena dengan cara mengatasi gugup tampil dimuka umum yang baik, rasa was-was dan grogi pun tak akan terlihat oleh para audiens.

Biasanya, orang yang belum pandai dalam mengontrol rasa gugupnya akan terlihat dari caranya berkomunikasi yang kurang efektif. Nah, agar semua permasalahan saat tampil dimuka umum dapat diatasi dengan baik, beberapa ulasan mengenai cara mengatasi gugup tampil dimuka umum ini wajib diperhatikan terlebih dulu.

Apa saja? yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Sering Berpendapat

Cara mengatasi gugup tampil dimuka umum yang pertama yakni dengan berani mengemukakan pendapat. Ya, kemampuan public speaking bukan menjadi bakat seseorang yang ada sejak lahir sehingga dibutuhkan latihan agar bisa mendapatkannya.

Untuk melatih hal tersebut kamu bisa memulai dengan lebih sering mengeluarkan pendapat kepada orang lain misalnya pada diskusi atau forum sekecil apapun.

Terlepas berkualitas ataupun tidak pendapat yang kamu keluarkan, setidaknya kamu sudah mempunyai keberanian dan kemampuan dalam mengolah bahasa serta menyampaikannya.

Jangan seperti robot, berikan dia kesempatan membalas

Jangan seperti robot, berikan dia kesempatan membalas

2. Jangan Pernah Melewatkan Kesempatan

Jangan pernah menolak tawaran saat kamu dipercaya untuk berbicara di depan. Apabila kamu masih kerap melemparkannya kepada orang lain, maka mulai saat ini kamu harus bisa mengambil kesempatan tersebut.

Hal ini tentu menjadi kesempatan emas yang bisa kamu dapatkan dari ajang pembelajaran agar bisa mengembangkan ilmu yang lebih menantang dan berani melawan rasa ketakutan kamu.

3. Menambah Wawasan

Dengan semakin luasnya wawasan kamu mengenai berbagai hal, maka akan semakin banyak pula bahan pembahasan yang bisa kamu hubungkan dengan materi.

Menambah wawasan tidak harus dengan membaca puluhan buku tebal, namun kamu bisa selalu mengupdate wawasan kamu dengan berita terbaru, diskusi maupun kasus populer dengan teman sebaya atau dengan topik apa saja.

Biasanya, kebanyakan orang akan tertarik saat seseorang bisa membahas mengenai hal-hal yang tengah menjadi populer saat ini. Terlebih lagi jika berita tersebut baru mereka ketahui, dan secara otomatis tentunya akan menambah nilai plus tersendiri.

Dengan begitu kamu juga akan menambah rasa percaya diri kamu.

4. Persiapan

Jika sudah berani mengemukakan pendapat, maka persiapan sebelum tampil pun dapat dengan mudah diatasi. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan matang.

Ya, dengan persiapan yang matang sebagai salah satu cara mengatasi gugup tampil dimuka umum maka kamu akan merasa lebih siap dan semakin percaya diri. Bahkan, dengan kamu sudah mempersiapkan segalanya dengan persiapan matang maka kamu pun bisa memberikan penampilan yang terbaik.

berpikir positif

5. Berpikir Positif

Apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya responlah setiap keadaan yang kamu terima dengan respon yang bagus pula. Rasa gugup tentunya bukan menjadi keadaan pertama yang kamu alami saat berada di depan audiens bukan?

Misalnya, kamu belum sepenuhnya siap ketika harus tampil di depan umum, akan tetapi penampilan yang akan kamu lakukan tersebut tidak mungkin untuk dibatalkan. Dan pada akhirnya mengharuskan kamu harus tampil meskipun dalam keadaan belum siap 100%.

Dan dalam kondisi seperti ini, maka cara mengatasi gugup tampil dimuka umum yang tepat dilakukan yakni dengan memilih respon yang akan diberikan. Apabila respon yang kamu berikan adalah negatif maka hasilnya pun akan negative. Begitu juga sebaliknya, jika respon yang kamu berikan positif maka hasilnya pun juga akan positif.

6. Power Poses

Saat mendapati rasa gugup dan grogi, sebaiknya hindari untuk membuat postur tubuh yang lesu. Tubuh yang lesu saat berada didepan audiens akan semakin memperlihatkan keadaan yang lebih buruk. Nah, cara mengatasi gugup tampil dimuka umum yang tepat untuk dilakukan yakni dengan menunjukan pose yang lebih spesifik.

Apabila kamu mempertahankan sikap tubuh yang spesifik selama kurang lebih 2 menit dengan posisi high power pose, maka cara ini bisa membantu menurunkan tingkat gugup yang dirasakan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan high power pose ini dapat mengoptimalkan 20% pada testoteron atau hormon dominasi dan menurunkan 25% pada kortisol atau hormon stress.

7. Atur Nafas

Ketika sedang gugup, umumnya jantung akan berdetak lebih cepat dan perasaan pun berubah menjadi tidak menentu. Apabila kondisi sedang kamu rasakan saat tampil di depan audiens, maka cara mengatasi gugup tampil dimuka umum yang tepat dilakukan dengan mencoba rileks dengan mencoba mengatur nafas sebaik mungkin.

Saat nama kamu disebut di atas panggung, maka jangan langsung untuk beranjak. kamu bisa tetap bersikap tenang sembari mengatur nafas dan tersenyum. Apabila kamu sudah merasa nyaman maka kamu bisa berdiri kemudian berjalan naik keatas panggung. Jangan lupa untuk tetap tenang sembari mengatur irama nafas kamu.

Ketika kamu sudah berada diatas panggung, sebaiknya jangan langsung bicara namun kamu bisa melihat sejenak para audiens dan jangan lupa untuk memberikan senyum terbaik kamu. Apabila sudah dirasa siap, barulah kamu bisa mulai berbicara.

8. Fokus

Saat kamu tengah tampil didepan umum, bisa saja kamu akan melihat beberapa audiens yang mungkin tidak memperhatikan apa yang tengah kamu sampaikan.

Nah, jika hal tersebut terjadi pada kamu, maka biarkan saja. Jangan fokuskan diri kamu pada mereka dan sebaiknya tetap fokuskan diri kamu pada orang-orang yang memperhatikan kamu.

Focus pada tujuan awal

Focus pada tujuan awal

Untuk itu cara mengatasi gugup tampil dimuka umum yang sebaiknya dilakukan ketika mendapati audiens yang tak memperhatikan kamu maka kamu bisa tetap fokus pada materi yang sedang disampaikan.

Tetap fokuskan diri kamu pada tujuan dimana kamu akn tampil. Dengan begitu maka apapun gangguan yang akan muncul puk tidak akan mengganggu penampilan kamu.

9. Salurkan Melalui Gerakan

Saat kamu berdiri di depan audien, hindari untuk berdiri dengan posisi yang tegang karena hal tersebut justru bisa membuat kamu semakin gugup. Ketika kamu tengah berpresentasi, kamu bisa menggunakan bahasa tubuh supaya rasa gugup dan grogi dapat tersalurkan melalui gerakan.

Misalnya saja kamu bisa memberikan gerakan aktif dengan menggunakan tangan ketika sedang berbicara maupun dengan berpindah tempat ketika berbicara.

10. Berdoa

Hal ini memang menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan.

Ya, kamu bisa berdoa terlebih dulu agar penampilan kamu bisa dimudahkan oleh Tuhan. Karena walau bagaimanapun kemudahan yang kamu terima saat bisa tampil di muka umum tak terlepas dari izin-Nya.

Maka dari itulah, kamu bisa berdoa terlebih dulu supaya semua penampilan kamu bisa lancar tanpa adanya halangan.

**

Dengan mengetahui beberapa hal mengenai cara mengatasi gugup tampil dimuka umum diatas, tentunya bisa dijadikan salah satu kiat sukses dalam mengatasi demam panggung kamu. Semoga sukses.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment