≡ Menu

4 Jenis Diet yang Efektif dalam Menurunkan Berat Badan

Cara menurunkan berat badan yang banyak dilakukan adalah dengan melaksanakan diet. Walaupun terkenal sangat efektif, namun tidak semua orang berhasil dengan cara ini karena ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya seseorang dalam menjalankan program dietnya.

Terkadang, kita sudah berusaha menahan makan atau olah raga, tetapi hasil yang diharapkan tidak begitu membantu.

Pada dasarnya diet merupakan sebuah program pengaturan asupan berbagai jenis makanan dengan maksud untuk menjaga kondisi berat badan tetap terjaga.

Sebenarnya diet tidak hanya sebatas untuk menurunkan berat badan saja, terlaksannya program ini disesuaikan dengan tujuan dari masing-masing individu karena ada juga jenis diet yang dimaksudkan untuk menambah berat badan.

Selain itu kegagalan dalam melaksanakan program diet juga tidak terlepas dari kekeliruan yang dilakukan ataupun justru melakukan diet ekstrim yang dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Kali ini, Laksani akan memberikan 4 tips diet yang boleh dicoba untuk mengganti diet kamu sekarang.

Baca juga: 8 Rahasia dan Tips Kuruskan Badan, Paha, Lengan, dan Pipi Secara Alami

jangan menunggu seperti ini untuk diet

jangan menunggu seperti ini untuk diet

4 Jenis Diet yang Efektif dalam Menurunkan Berat Badan

Oleh karena itu disarankan untuk lebih selektif dalam memilih program diet dengan turut mengkonsultasikannya kepada ahli gizi dan juga memilih jenis diet yang dianjurkan oleh dokter. Pada saat ini ada baberapa jenis diet yang populer dikalangan masyarakat diantaranya adalah:

1. Diet yang Disesuaikan dengan Golongan Darah

Diet golongan darah akan berbeda untuk setiap orang karena diet ini merupakan jenis diet spesifik yang didasarkan atas kemampuan seseorang berdasarkan golongan darahnya.

Setiap orang akan memberikan reaksi yang berbeda ketika melakukan diet, hal inilah yang melatarbelakangi munculnya diet yang didasarkan pada golongan darah.

2. Diet Atkins

Jenis diet ini diperkenalkan oleh Dr. Robert C dan populer di Malaysia. Diet Atkins merupakan sebuah program penurunan berat badan dengan cara membakar karbohidrat serta lemak yang berada didalam tubuh.

Anda boleh mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak serta protein namun perlu membatasi jenis makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi seperti roti, kentang, nasi dan jenis karbohidrat lainnya. Anda dapat tetap mengkonsumsi karbohidrat dengan porsi dibawah 20 mg perharinya.

Kepopuleran Diet Atkins dikarenakan menu diet ini efektif dalam menurunkan bobot badan tanpa harus merasa lapar. Namun bagi Ibu hamil serta wanita menyusui tidak dianjurkan untuk melakukannya karena dapat menyebabkan cepat merasa letih dan menimbulkan keluhan gastric.

Selain itu jika terus dilakukan dalam jangka panjang dapat berpotensi menimbulkan penyakit stroke, jantung koroner dan meningkatkan tekanan darah.

3. Diet Rawfood

Diet Rawfood menawarkan menu diet berupa buah serta sayuran yang dikonsumsi dalam bentuk mentah atau dimasak setengah matang, untuk mencegah berbagai kandungan vitamin tersebut rusak atau hilang karena panas.

Selain efektif untuk menurunkan berat badan, diet ini juga berfungsi dalam merawat kecantikan kulit. Anda perlu mewaspadai bahan pestisida yang mungkin terkandung dalam buah dan sayuran tersebut atau untuk menghindari efek bahaya yang mungkin ditimbulkan Anda dapat memilih mengkonsumsi buah serta sayuran organik.

4. Diet The South Beach

Diet the south beach menawarkan menu diet dengan konsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung protein dengan konsumsi lemak dan karbohidrat kompleks yang dibatasi. Jenis diet ini baik untuk penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

**

Salah satu hal yang tidak boleh patah dalam menjalani diet adalah komitmen. Seringkali diet memang sulit dilakukan atau tidak berhasil dilakukan bukan karena program dietnya, tetapi komitmen yang melakukan diet.

Saat melakukan program diet, pastikan kamu memberikan komitmen untuk menjaga pantangan program-program diet yang dimaksud.

Demikianlah 4 jenis diet yang populer dilakukan untuk menurunkan berat badan, semoga dapat bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment