≡ Menu

Lima Cara Sehat Untuk Menambah Berat Badan Idealmu

Menambah berat badan menjadi upaya untuk mendapatkan tubuh yang ideal bagi mereka yang terlalu kurus atau underweight. Banyak alasan yang melatarbelakangi kenapa berbagai cara untuk menambah bobot badan ini perlu dilakukan salah satunya adalah masalah kesehatan.

Sama seperti masalah obesitas, orang–orang yang mempunyai berat badan yang tidak normal, lebih rentang terkena berbagai jenis penyakit. Selain itu terlalu kurus juga dapat mempengaruhi penampilan seseorang.

Ada banyak cara untuk menambah bobot badan, namun akan lebih baik jika Anda lebih selektif dalam memilih berbagai metoda tersebut.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa menambah bobot berat badan akan lebih mudah daripada menurunkannya, hingga muncul anggapan bahwa mengkonsumsi berbagai jenis makan junk-food maupun makanan yang berlemak dalam jumlah besar efektif dalam menambah berat badan.

Namun cara tersebut tidaklah baik untuk dilakukan karena dapat mengganggu kesehatan. Berikut ini merupakan berbagai cara sehat untuk menambah berat badan yang dapat Anda coba diantaranya adalah:

Kalkulator untuk menghitung berat badan ideal

Baca juga: Tiga Jenis Pola Makan Untuk Menggemukkan Badan

Inilah 5 Cara Sehat Untuk Menambah Berat Badan

menambah berat badan

Cara Sehat Untuk Menambah Berat Badan Idealmu

1. Tidak Melewatkan Sarapan yang Sehat dan Bergizi

menambah berat badan

Tidak Melewatkan Sarapan yang Sehat dan Bergizi

Sarapan merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan energi yang digunakan tubuh dalam menjalankan berbagai aktifitas seharian penuh dan juga baik untuk meningkatkan fokus.

Untuk dapat menambah berat badan, Anda perlu menabahkan jenis makanan yang kaya akan protein dan nutrisi dalam menu makan pagi Anda.

2. Mengkonsumsi Jenis Snack Sehat yang Dapat Meningkatkan Berat Badan

Mengemil berpotensi meningkatkan kadar kalori dalam tubuh, Anda dapat mengkonsumsi makanan ringan ini setiap 2-3x sehari.

Namun dianjurkan untuk tidak hanya mengkonsumsi jenis snack yang di khususkan untuk meningkatkan berat badan tetapi juga jenis snack sehat yang tidak berakibat buruk pada kesehatan tubuh seperti cereal kaya nutrisi, keju, yogurt, roti dan biskuit gandum.

3. Melakukan Olahraga dan Fitnes Khusus

Beberapa jenis olahraga dan latihan pada program fitnes diketahui dapat meningkatkan berat badan dengan cara menstimulasi jaringan otot untuk dapat berkembang sehingga lebih terbentuk.

Untuk keamamanan dan untuk memperoleh hasil yang maksimal, disarankan untuk menkonsultasikannya pada instruktur yang berpengalaman dan dapat memberitahu mengenai jenis, serta porsi latihan yang Anda perlukan untuk menambah berat badan.

Baca juga: Inilah Empat Alasan Mengapa Anda Harus Latihan Fitness Dengan Kettlebell

4. Mengkonsumsi Jenis Makanan dengan kandungan Lemak Sehat

menambah berat badan

Mengkonsumsi Jenis Makanan dengan kandungan Lemak Sehat

Lemak mengandungkan kadar kalori yang tinggi, sehingga cukup cepat dalam meningkatkan berat badan. Namun tidak semua jenis lemak dapat dikonsumsi beberapa diantaranya mengandung jenis lemak yang tidak sehat.

Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi jenis lemak yang sehat seperti alpukat, minyak olive, minyak kelapa, jenis ikan yang mengandung lemak dan omega-3 dan kacang-kacangan.

5. Mengkonsumsi Suplemen Penambah Berat Badan

Berbagai kandungan dalam makanan diketahui dapat meningkatkan berat badan salah satunya adalah protein. Protein berfungsi untuk membentuk otot dalam tubuh dengan cara mengisi jaringan otot.

Biasanya protein banyak ditemukan pada bahan makanan seperti kacang polong, daging dan telur, namun saat ini Anda dapat memperoleh protein dalam suplemen atau multivitamin.

***

Demikianlah informasi tentang cara sehat menambah berat badan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

{ 2 comments… add one }
  • poppy Friday, 7 October 2016, 14:10

    Siank,mau tnya suplemen untuk menambah berat bdan apa yac?

    • rohani Friday, 6 January 2017, 05:23

      hi, kenapa? saya sekarang mkn supplement dah tak boleh rasa mcm dulu? lagi, sejak saya sudah berumur 52, dtg rasa mcm2 sakit rasa resah tak sedap hati dan..? badan makin naik, perut tak boleh lapar nnt dtg sakit mcm nak mati, lambat sikit mkn kalau dah dtg lain mcm perut ini nak cepat2 mkn tak boleh tunggu, saya cubah nak buat mcm dulu? dah tak boleh cepat lagi nnt penat angtok kepala mata berat nak tidur..

Leave a Comment