≡ Menu

Mereka Adalah 9 Artis India Terpopuler di Indonesia

Sejak industri Bollywood berhasil memasuki ranah perfilman tanah air, saat itu pula wajah-wajah asal India berhasil medekonstruksi makna kecantikan orang Indonesia yang identik dengan kulit putih.

Di saat yang bersamaan, artis-artis India berhasil menjual “fantasi” lewat musik dan tarian, hal yang belakangan menjadi trademark Bollywood. Dan kini, mereka adalah bagian dari budaya pop, budaya yang sangat mudah diserap oleh orang Indonesia.

Artis India Terpopuler

Menghabiskan waktu untuk menonton film Bollywood akan membuat kita tersadar betapa pekatnya daya tarik dari wanita asal Asia Selatan ini. Mata yang lebar, kulit sawo matang, serta bibir yang padat membuat artis-artis India memiliki nilai jual tersendiri, membuat mereka memiliki basis penggemar yang fanatik.

Popularitas dari sineas India inilah yang kemudian membuat kami tertarik untuk menciptakan daftar artis India yang berhasil meraih kepopuleran di Indonesia maupun secara global.

Siapa sajakah itu?

Baca juga: 7 Film India terpopuler sepanjang masa di Indonesia

1. Aishwarya Rai

Ikon kecantikan Bollywood, Titik. Faktor kecantikan mendominasi dari berbagai alasan mengapa orang ingin menyaksikan film-filmnya. Wajahnya benar-benar merefleksikan kecantikan wanita India.

Aishwarya Rai

Aishwarya Rai

Tak heran jika ia memiliki fan base yang luar biasa banyaknya. Hingga kini, tercatat ada lebih dari 17 ribu blog atau website yang didedikasikan untuknya. Lebih gila lagi saat melihat sejumlah kelompok di Pakistan mengkultuskan sosoknya.

Hingga kini, diusianya yang sudah berusia 43 tahun, Aishwarya masih mampu bertahan dalam jajaran artis papan atas India. Tak peduli dengan beberapa tahun ia sempat vakum dalam industri hiburan, namanya tetap selalu dibicarakan. Buktinya, namanya selalu mengisi sejumlah daftar “wanita tercantik” dalam berbagai versi majalah ternama dunia.

2. Kajol Devgan

Wanita dengan mata yang indah ini sudah menapaki karirnya sejak tahun 1992, namun baru meraih kepopuleran secara global 6 tahun kemudian lewat film “Kuch Kuch Hota Hai”. Di Indonesia, Kajol lebih dikenal sebagai sosok Anjali, tokoh yang ia perankan dalam film “Kuch Kuch Hota Hai” dan berlanjut ke “Kabhi Khushi Kabhie Gham”. Tokoh Anjali inilah yang kemudian membuat dirinya masuk ke jajaran artis India terpopuler.

Kajol Devgan

Kajol Devgan

Di balik popularitasnya, Kajol sering mendapatkan sorotan dari media karena tidak tertarik mengikuti tren fashion. Ia bahkan terlihat tidak mengurusi berat badannya. Namun sejumlah pelaku hiburan justru menganggap hal tersebut sebagai karakternya, hal yang membuatnya terlihat berbeda dari kebanyakan artis.

Kesederhanaan yang dimilikinya itu juga ditunjukkan dalam berbagai gerakan sosial, salah satunya adalah dengan memperjuangkan hak-hak kaum janda. Berkat dedikasinya tersebut, pada tahun 2008 ia diganjar penghargaan Karmaveer Puraskaar.

3. Rani Mukherjee

Lewat berbagai perannya, Rani Mukherjee disebut-sebut sebagai artis yang mampu melakukan perubahan penggambaran tradisional artis-artis Bollywood. Ia bahkan menjadi artis India pertama yang mampu merebut dua gelar sekaligus (aktris terbaik dan aktris pendukung terbaik) dalam tahun yang sama di ajang Filmfare Awards (Academy Awards versi India).

Rani Mukherjee

Rani Mukherjee

Rani tumbuh besar dari keluarga artis dan seniman. Ayahnya memiliki studio film bernama Filmalaya Studios dan Ibunya adalah seorang penyanyi. Sementara itu, ia juga memiliki saudara laki-laki yang menekuni profesi sebagai produser. Rani sendiri adalah sepupu dari aktris Kajol Devgan yang juga merupakan teman mainnya di film Kuch Kuch Hota Hai.

Meskipun sudah hampir 3 tahun lamanya ia tidak membintangi film apapun, namun namanya masih sering diperbincangkan, terlebih mengenai kehidupan pribadinya. Pasangan dari Aditya Chopra ini memang sangat membatasi reaksinya dengan media, hal yang kemudian membuat media justru termotivasi untuk terus mengejar-ngejarnya.

4. Kareena Kapoor

Artis India terpopuler selanjutnya datang dari wanita bertubuh seksi yang sempat menyandang gelar sebagai selebritas termahal di ranah Bollywood. Di adalah Kareena Kapoor, anak dari aktor Randhir Kapoor dan model tersohor tahun 70 an, Babita.

Kareena Kapoor

Kareena Kapoor

Wajahnya sudah mencuri perhatian kala membintangi sebuah iklan di usianya yang masih remaja. Setelah itu, tak butuh waktu yang lama baginya untuk muncul di layar rebar. Film “Refugee” yang rilis pada tahun 2000 merupakan awal baginya untuk menghentak industri film. Bukan hanya menceritakan kisah cinta beda agama, namun film itu juga menyentil konflik yang terjadi antara India dan Pakistan.

Dua belas tahun kemudian, skenario yang terjadi dalam film itu menjadi realitas bagi Kareena. Ia menikah dengan Saif Ali Khan yang beragama Islam, sementara Kareena sendiri adalah Nasrani.

5. Katrina Kaif

Banyak pihak yang mencibir dan mengkritisi akting dari Katrina Kaif yang dianggap kurang berbakat. Meski demikian, ia memiliki daya tarik sensual yang kemudian membuatnya laris di pasaran. Lihat saja dalam beberapa tahun belakangan ini film-film seperti “Jab Tak Hai Jaan (2012)”, “Dhoom 3 (2013)”, dan “Bang Bang! (2014)” sukses di pasaran. Tak heran jika ia masuk ke dalam jajaran artis termahal di Bollywood.

Katrina Kaif

Katrina Kaif

Diusianya yang kini sudah memasuki 33 tahun, Katrina ternyata tak kunjung mengakhiri masa lajangnya. Ia sempat dikabarkan menjalin hubungan tertutup bersama Salman Khan, namun akhirnya putus. Kini, media masih sibuk mengaitkan dirinya bersama aktor Ranbir Kapoor, namun Katrina juga menutup rapat isu tersebut.

6. Priyanka Chopra

Ada alasan jelas mengapa kami memasukkan nama Priyanka Chopra dalam daftar artis India terpopuler kali ini. Pasalnya, majalah Time pernah mengganjar dirinya dengan penghargaan “100 orang paling berpengaruh di dunia”. Wanita berbibir seksi ini juga pernah mendapatkan Padwa Suri, sebuah penghargaan tertinggi bagi masyarakat sipil di India.

Priyanka Chopra

Priyanka Chopra

Hal tersebut tidak terlepas dari kesuksesan karirnya di industri hiburan. Memulai sebagai pemenang Miss World tahun 2000, Priyanka terjun ke industri Bollywood pada tahun 2003 lewat film “The Hero: Love Story of a Spy”. Kesuksesan komersial kemudian ia raih saat bermain dalam film waralaba “Don 2”. Lewat film itu, Priyanka menunjukkan bahwa dirinya adalah wanita yang pas untuk memerankan sosok superhero.

Dibalik kehidupan glamor ala selebriti, Priyanka masih aktif untuk melakukan kegiatan sosial. Ia bahkan mendirikan The Priyanka Chopra Foundation yang fokus pada pendidikan dan kesehatan.

7. Deepika Padukone

Salah satu artis dengan bayaran termahal di dunia!. Pada tahun 2012, film box office “Cocktail” menjadi puncak kesuksesannya, ditandai dengan berbagai pujian dan nominasi aktris terbaik dari berbagai ajang penghargaan.

Deepika Padukone

Deepika Padukone

Kesuksesan tersebut kemudian membuatnya didapuk untuk membintangi sejumlah film, sebut saja “Yeh Jawaani Hai Deewani (2013)”, “Happy New Year (2014)”, dan “Bajirao Mastani (2015)” yang semuanya berhasil masuk ke dalam daftar film Bollywood berpenghasilan tertinggi.

Kecantikan dan keseksian tubuhnya sangat sering dikait-kaitkan dengan Aishwarya Rai, hal yang menandakan bahwa ia sudah berada dalam jajaran teratas artis Bollywood. Saat ini, ia dikabarkan menjalin hubungan dengan aktor Ranveer Singh, namun hal tersebut masih bersifat spekulasi.

8. Preity Zinta

Fans fanatik film Bollywood di Indonesia tentu akan setuju jika nama Preity Zinta masuk dalam daftar artis India terpopuler kali ini. Hal tersebut tidak terlepas dari sejumlah film Preity yang sering tayang di layar kaca Indonesia, sebut saja “Chori Chori Chupke Chupke (2001)”.

Preity Zinta

Preity Zinta

Karir Preity tidak hanya berkutat di India saja, ia juga berkecimpung di industri film Telugu (Tollywood), Punjabi (Pollywood), serta industri film Kanada. Bahkan debutnya di Kanada lewat film “Heaven on Earth” mengantarkannya untuk menyabet gelar “Silver Hugo Award for Best Actress” dalam Chicago International Film Festival di tahun 2008.

9. Alia Bhatt

Ini dia idola baru dari Bollywood, seorang gadis imut kelahiran 1993 bernama Alia Bhatt. Wanita Inggris yang berdarah India ini memulai debutnya pada tahun 2012 namun baru meraih popularitas dua tahun kemudian lewat film “Highway”. Alia merupakan anak dari pasangan pembuat film ternama Mahesh Bhatt serta artis Soni Razdan.

Alia Bhatt

Alia Bhatt

Menariknya, Alia enggan untuk menggunakan ketenaran dari orang tuanya. Ia merintis jalannya sendiri lewat audisi “Student of the Year”, bersaing dengan 500 gadis lainnya. Di ajang tersebut, ia dipilih langsung oleh Karan Johar namun memberikan syarat agar ia menurunkan berat badannya. Alhasil, dalam 3 bulan Alia mampu menurunkan beratnya sebanyak 16 kg.

Sejak saat itu, Alia berhasil menjadi debutan tersukses dalam sejarah industri Bollywood, hal yang mengantarkannya menjadi idola banyak remaja saat ini.

***

Nah, itulah rangkaian panjang dari daftar artis India terpopuler versi kami. Kamu memiliki nama lain? Yuk, berbagi di kolom komentar!

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment