≡ Menu

Berbagai Bahaya Obesitas atau Kegemukan Bagi Kesehatan

Kegemukan atau obesitas bukanlah fenomena yang baru lagi. Hal ini bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang bekerja pada dunia industri.

Obesitas adalah kondisi dimana lemak dalam tubuh tertimbun dalam jaringan bawah kulit (subkutan) di sekitar organ tubuh yang kemudian akan meluas ke dalam jaringan organnya.

Ancaman Obesitas Bagi Tubuh

Kegemukan bisa diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Hal ini sangatlah berbahaya karena bisa memberi dampak yang buruk bagi kesehatan. Tubuh yang memiliki berat berlebih dapat memicu munculnya sejumlah penyakit-penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit jantung.

Ada begitu banyak bahaya kegemukan atau obesitas bagi kesehatan, antara lain:

Gangguan pernapasan

Gangguan Pernafasan

Penderita obesitas lebih cenderung untuk sulit bernafas dan nafasnya sangat pendek. Kondisi ini disebabkan karenan tumpukan lemak pada daerah dada dan leher yang membuat penderitanya sangat kesulitan ketika akan mengambil atau mengeluarkan udara untuk bernapas.

Rasa nyeri pada persendian lutut

Berat tubuh yang berlebih juga bisa menimbulkan rasa nyeri pada persendian dan otot-otot kaki. Untuk kondisi tertentu, nyeri yang tak kunjung sembuh bisa membuat postur tubuh menjadi rusak. Hal ini dikarenakan faktor kelebihan berat badan yang memberikan tekanan atau menjadi beban bagi lutut dan pergelangan kaki.

Permasalahan pada kulit

Obesitas bisa menimbulkan permasalahan pada kulit dikarenakan terjadinya perubahan pada hormon. Timbunan lemak yang berlebih juga akan membuat kulit menjadi lebih lebar sehingga akan tercipta garis-garis halus. Bahkan lipatan lemak ini bisa menjadi tempat jamur dan bakteri untuk tumbuh dengan subur sehingga bisa memicu terjadinya infeksi.

Depresi

Depresi pada wanita

Bahaya kegemukan atau obesitas bagi kesehatan selanjutnya adalah bagi penderitanya. Bahkan perasaan stress ini sering juga dialami bagi mereka yang tidak mengalami obesitas namun merasa berat badannya terlalu berlebih.

Perasaan depresi ini ditimbulkan karena adanya rasa malu yang bercampur dengan perasaan rendah diri sehingga mendorong mereka untuk menjadi lebih mudah depresi.

Asam lambung naik

Kelebihan berat badan juga bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi seperti ini akan memberikan sensasi terbakar bagi penderitanya, dan juga akan memberikan rasa sakit serta tekanan di sekitar daerah leher dan dada. Hal ini disebabkan karena timbunan lemak yang menekan daerah lambung sehingga memicu asam lambung menjadi naik.

Baca: Cara Tepat Alami Mengobati Penyakit Maag (Asam Lambung)

Sakit punggung

Sakit punggung sepertinya hal yang sangat sering dialami bagi mereka yang memiliki tubuh gemuk. Kondisi ini disebabkan oleh timbunan lemak yang menjadi beban berlebih bagi tulang belakang. Rasa sakit yang disertai nyeri pada punggung ini bisa meningkatkan risiko terjadinya patah tulang dari dalam.

Mendengkur

Gangguan tidur yang identik dengan mendengkur sepertinya sudah menjadi rahasia umum bagi para penderita obesitas. Hal ini disebabkan karena jaringan lemak yang berlebih pada tubuh sehingga membuat orang gemuk mudah mendengkur saat tidur.

Datang bulan tidak teratur

Terlambat datang bulan

Untuk para wanita, bahaya kegemukan atau obesitas bagi kesehatan adalah datang bulan yang tidak teratur. Hal ini disebabkan karena hormon yang tidak seimbang. Ketidak seimbangan hormon sendiri lebih sering dipicu karena kondisi kegemukan. Lemak berlebih pada tubuh bisa mempengaruhi kinerja hormon sehingga tidak bisa berfungsi dengan normal.

Tekanan darah meningkat

Tekanan Darah Meningkat

Meningkatnya tekanan darah atau sering juga disebut hipertensi merupakan masalah yang sangat serius bagi para penderita obesitas. Hipertensi sering menjadi penyebab utama bagi penderita obesitas sehingga lebih berseiko untuk menderita penyakit jantung.

Varises

Varieses

Varises adalah penyakit yang terjadi ketika vena menjadi melebar yang disebabkan karena dinding pembuluh darah yang melemah. Varises bisa ditandai dengan munculnya gumpalan darah berwarna ungu atau biru. Varises bisa saja diturunkan secara genetika, namun penyakit ini juga sering muncul dikarenakan obesitas.

***

Sekian ulasan mengenai bahaya kegemukan atau obesitas bagi kesehatan. Untuk itu, jagalah pola makan Anda serta rutin berolahraga untuk mencegah terjadinya obesitas.

{ 4 comments… add one }
  • Sabur Friday, 19 August 2016, 13:32

    Informasi yang sangat bermanfaat buat saya.

    Terima kasih sis.

    • Desty Wednesday, 12 April 2017, 12:16

      Ijin share kak

  • David Putra Pantow Tuesday, 8 March 2016, 05:34

    Artikelnya sangat menarik sekali kak melody,

    saya ijin share ya kak… :)

    salam kenal

    • Melody Tuesday, 8 March 2016, 13:24

      Salam kenal David, senang bisa membantu ;)

Leave a Comment