≡ Menu

Nilai Sejarah dan Contoh Baju Pengantin Jawa Muslim

Pernikahan adalah sebuah prosesi yang sangat suci nan sakral bagi setiap pasangan yang menjalaninya. Hal ini bahkan diharapkan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup saja.

Pernikahan akan meninggalkan kesan yang sangat sulit untuk dilupakan, oleh karena itu dibutuhkan sebuah kematangan dalam mempersiapkan acara.

Persiapan acara meliputi berbagai hal, mulai dari penentuan tanggal pernikahan, tempat, konsep hingga busana pengantin.

Baca juga: 10 Contoh Gaya Foto Pre Wedding Unik dan Lucu

Para calon pengantin lebih sering menggunakan jasa penyewaan alat-alat pengantin karena dianggap lebih mudah dan bisa menekan pengeluaran. Namun tak jarang diantara mereka yang memutuskan untuk membeli atau mendesain keperluannya sendiri, terutama baju pengantin yang hendak dikenakan.

Baju Pengantin Jawa Muslim

Khusus untuk para kaum muslim, memilih baju pengantin tentu harus sesuai dengan ketentuan agama. Bagi para wanita muslim yang berhijab, umumnya mengenakan pakaian dengan konsep yang hampir sama, yaitu baju pengantin bernuansa islam.

Konsep seperti ini terbilang sangat mudah karena beberapa pakaian pengantin pada dasarnya bisa dikenakan bagi mereka yang berhijab.

Salah satu yang menjadi favorit adalah baju pengantin Jawa muslim. Saat ini, konsep busana pengantin yang identik dengan kebaya ini sudah merambah ke seluruh penjuru Indonesia.

Baju pengantin kebaya khas jawa

Baju pengantin kebaya khas jawa

Baju kebaya pengantin anggun dan modern

Baju pengantin kebaya khas jawa

Kebaya tidak hanya dianggap sebagai ikon budaya Jawa saja, namun sudah menjadi ikon budaya tradisional nusantara. Dengan demikian, tentu sah-sah saja mengenakan pakaian seperti ini saat melangsungkan resepsi pernikahan.

Baca juga: Berbagai Model Cantik Baju Kebaya Modern

Secara umum, model busana pengantin Jawa yang paling digemari adalah yang memiliki warna dasar putih, karena bisa memberikan kesan yang anggun.

Nia Ramadhani menggunakan baju pengantin kebaya putih

Nia Ramadhani menggunakan baju pengantin kebaya putih

Namun dalam memilih baju pengantin berkonsep Jawa muslim, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari segi desain, model, hingga ukuran baju yang pas dengan tubuh.

Salah satu tantangan yang terberat adalah menyesuaikan baju dengan bentuk tubuh. Apalagi busana pengantin jawa yang sedang tren saat ini kebanyakan berukuran bongsor.

Baju pengantin adat jawa khas jogja

Baju pengantin adat jawa khas jogja

Untuk para pria, baju pengantin Jawa lazimnya menggunakan aksesoris berupa keris dan beskap. Hal ini merupakan salah satu poin penting mengingat tradisi Jawa yang sangat sakral serta mengagungkan hal-hal yang bersifat mistis.

Namun bagi Anda para kaum muslim, hal seperti sakral atau mistis tidak wajib dikenakan. Cukup dengan mengenakan busana pengantin yang bisa menutupi aurat sesuai dengan perintah agama, maka prosesi pernikahan sudah bisa dilaksanakan.

Baju pengantin Jawa muslim memiliki desain yang berkesinambungan antara busana atas dan bawah. Untuk para wanita, sebaiknya memakai jarik yang memiliki motif batik. Sedangkan untuk atasan bisa menggunakan warna putih yang dikombinasikan dengan penggunaan kerudung yang bermotif. Untuk mempelai pria, desainnya tidak harus rumit, cukup dengan mengenakan peci yang disandingkan dengan busana syar’i berwarna putih.

Baju pengantin adat jawa berkerudung

Baju pengantin adat jawa berkerudung

Untuk bahan kain, Anda bisa memilih kain satin yang dihiasi dengan payet. Penggunaan kain satin akan mempertegas kesan anggun nan elegan bagi para pemakainya. Tren yang sedang berkembang saat ini memang lebih mengarah pada desain kain satin yang menggunakan hiasan dari beragam payet dengan hiasan emas atau mutiara.

Gaun pengantin jawa muslim aksen putih

Gaun pengantin jawa muslim aksen putih

Anda juga bisa memilih model kebaya yang memiliki bagian leher yang rapat dan panjang hingga ke lutut. Bagi Anda yang lebih menyukai kebaya dengan model leher yang sedikit rendah atau memiliki potongan U, sebaiknya lengkapi dengan penggunaan manset yang memiliki warna senada dengan warna kebaya. Manfaatkan pula penggunaan sarung bermotif sebagai bawahan kebaya.

Bagi Anda yang memiliki fisik kecil, sebaiknya hindari pemilihan baju pengantin Jawa muslim yang memiliki warna gelap. Kenakan kebaya yang memiliki desain minimalis seperti blus tunik yang menggunakan bahan sutera disertai dengan aksen bordir.

Namun yang paling penting dari jenis dan model busana pengantin adalah pemilihan busana yang tidak terlalu ketat atau tipis. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merasa nyaman saat berdiri di pelaminan untuk waktu yang lama.

**

Demikian ulasan mengenai baju pengantin Jawa muslim yang bisa Anda kenakan saat acara resepsi dan semoga Anda bisa menikmati acara pernikahan sebagai seorang muslim yang utuh.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment