≡ Menu

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok, Lakukan Sebelum Terlambat

Rambut sudah menjadi mahkota bagi para pria maupun wanita. Memiliki rambut yang indah akan membuat penampilan semakin menarik, terutama untuk para wanita. Rambut yang berkilau dan tergerai dengan indahnya akan meningkatkan kepercayaan diri, namun hal ini akan menjadi sia-sia ketika masalah menghampiri, seperti rambut rontok.

Baca: Berbagai Macam Cara Menghindari dan Mengobati Rambut Rontok

Rambut yang rontok memerlukan penanganan yang khusus, karena dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan kebotakan. Apabila Anda sudah mengalami gejala kerontokan yang berlebihan, segera atasi dengan cara yang alami. Hal ini akan menjaga kesehatan rambut sekaligus mencegah potensi munculnya masalah-masalah rambut yang lain.

Pada dasarnya, seorang wanita akan mengalami kerontokan rambut sekitar 100 helai setiap harinya. Hal ini masih dianggap normal, namun tetap harus mendapatkan perhatian. Terlebih jika angka kerontokan rambut sudah melebih 100 helai per hari, maka kerontokan yang terjadi bisa dikategorikan dalam kerontokan yang parah.

Pemilihan produk berbahan kimia bisa menimbulkan masalah lain jika tidak sesuai dengan jenis dan kondisi rambut. Masalah pada rambut seperti ketombe dan rasa gatal justru akan menghampiri. Oleh karena itu, pada ulasan kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara alami mengatasi rambut rontok.

Bahan Alami untuk Mengatasi Kerontokan

Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda bisa menggunakan berbagai metode seperti melakukan perawatan dengan cara yang alami. Melakukan perawatan terhadap rambut rontok dengan penggunakan produk berbahan kimia sebenarnya bisa saja Anda lakukan, namun cara seperti ini biasanya akan menghasilkan efek samping dalam jangka waktu yang panjang.

Jahe

Jahe

Jahe bisa digunakan sebagai bahan untuk merangsang folikel rambut. Meskipun bahan alami ini harganya murah, namun khasiatnya sangat besar dalam merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan rambut.

Anda bisa mencoba memanfaatkan jahe dengan memarut jahe sebesar tiga jari kemudian campur dengan minyak wijen. Campuraan dari kedua bahan ini akan menghasilkan air yang bisa Anda oleskan langsung pada kulit kepala. Balurkan secara merata disertai dengan pijatan ringan, lalu diamkan sekitar 10 menit lalu bilas.

Teh basi

Manfaat teh basi

Bagi Anda yang sering mengonsumsi teh, sebaiknya jangan buang sisa teh yang sudah basi. Teh basi ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya cukup mudah, diamkan teh basi selama semalam, lalu keramaslah menggunakan teh basi tersebut di pagi hari. Untuk melakukan cara ini, lebih disarankan untuk menggunakan teh hijau.

Minyak Lavender

Minyak Lavender

Minyak lavender selama ini lebih sering digunakan untuk mengusir nyamuk, namun tahukah Anda bahwa minyak lavender ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi rambut rontok. Cukup dengan memijat kepala menggunakan minyak lavender minimal 2 kali dalam seminggu, maka masalah kerontokan rambut akan teratasi secara bertahap.

Madu dan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Cara alami mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan menggunakan perpaduan antara madu dan lidah buaya. Kombinasi ke dua bahan alami ini akan menghasilkan rambut yang kuat serta berkilau. Campurkan potongan lidah buaya dengan madu dan gosokkan pada rambut secara langsung. Diamkan kurang lebih 15 menit lalu cuci menggunakan sampo.

Protein

Sumber Protein

Kerontokan pada rambut juga bisa ditangani dengan memperbaiki asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, seperti protein. Perbanyaklah konsumsi makanan seperti tempe, tahu, telur, ikan, dan makanan laut jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat dan bebas dari kerontokan.

Susu dan Daging

Susu dan Daging

Makanan lain yang bisa Anda konsumsi adalah susu dan daging. Kandungan vitamn B12 dalam susu dan daging sangat dibutuhkan oleh rambut untuk menguatkan akarnya. Selain itu, vitamin B12 juga bermanfaat untuk menguatkan sel pada kulit kepala.

Dengan memenuhi asupan vitamin B12 bagi rambut, maka Anda akan mendapatkan rambut yang sehat dan kuat serta terbebas dari kerontokan.

**

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan rambut rontok, tidak ada salahnya mencoba cara alami jika memang produk-produk perawatan rambut yang Anda gunakan tenryata tidak memberikan hasil yang memuaskan. Semoga informasi mengenai cara alami mengatasi rambut rontok ini bisa bermanfaat bagi Anda.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment