≡ Menu

Penyebab dan Cara Alami Mengobati Mual Karena Maag

Cara alami mengobati mual karena maag bisa ditempuh dengan membuat obat tradisional. Hal ini sendiri tergolong sangat aman dan terbukti efektifitasnya seperti obat berbasis kimia umumnya. Selain itu, metode alami juga sangat mudah penerapannya karena bahan yang digunakan bisa ditemukan dimana saja.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai pengobatan alami ini, ada baiknya jika kamu mengetahui seperti apa sakit maag itu sebenarnya.

Penyebab Sakit Maag

Penyakit maag merupakan penyakit yang menyerang organ lambung yang bisa ditandai dengan munculnya gejala seperti kembung, mual, dan perut yang terasa perih. Untuk sakit maag yang sudah dalam kategori kronis, bisa menimbulkan rasa sakit yang begitu hebat.

Penyakit ini bisa dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya dikarenakan rapuhnya dinding lambung yang disertai dengan meningkatnya asam lambung. Selain itu, konsumsi obat tertentu dan pola makan tidak teratur juga bisa memicu penyakit maag akibat dari lambung yang tidak bisa menerimanya.

Namun yang paling utama menjadi pemicu maag adalah stres. Sekalipun banyak pihak yang menganggap bahwa stres bisa menjadi penyebab utama, namun ketiga penyebab ini masih memiliki kaitan.

Kondisi emosi dan jiwa yang tidak stabil bisa membuat produksi asam lambung meningkat tajam. Jika hal ini dialami oleh mereka yang memiliki dinding lambung peka atau rapuh, maka muncullah penyakit maag tersebut.

Untuk mereka yang sering stres dan memiliki pola makan tidak teratur, potensi terserang maag juga akan semakin besar. Konsumsi obat juga sebaiknya diperhatikan, jangan meminum obat saat asam lambung meningkat dan perut masih kosong.

Cara Alami Mengobati Mual Karena Maag

Nah, dengan mengetahui penyebab utama dari sakit maag, maka kamu bisa memilih metode pengobatan yang tepat. Untuk kamu yang menderita maag akibat stress, sebaiknya lakukan konsultasi psikologi dan terapi pendekatan jiwa yang tentunya membutuhkan dukungan dari keluarga.

Selain itu, jaga pola makan kamu serta istirahatlah yang cukup. Sedangkan bagi kamu yang selama ini memiliki pola makan buruk dan tidak bisa lagi menahan rasa sakit dan mual yang ditimbulkan, berikut kami berikan cara alami mengobati mual karena maag:

Baca juga: Cara Mengatasi Penyakit Maag dengan Metode Alami Lainnya

Kunyit

Siapkan 2 batang kunyit yang sudah dibersihkan. Parut kunyit tersebut hingga halus dan tambahkan air secukupnya. Peras kunyit tersebut dan ambil sarinya.

cara alami mengobati mual karena maag

Kunyit
(Foto: www.qqfashionbeauty.com)

Masukkan perasan kunyit tersebut ke dalam gelas lalu minum pada pagi dan sore hari. Sangat dianjurkan untuk meminum ramuan ini sebelum makan.

Daun Jambu Biji

cara alami mengobati mual karena maag

Daun Jambu Biji
(Foto: www.sidomi.com)

Siapkan sekitar 10 lembar daun jambu biji yang masih muda. Rebus daun jamu biji tersebut ke dalam 1,5 liter air. Setelah mendidih, saring airnya dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Biji Pepaya

cara alami mengobati mual karena maag

Pepaya
(Foto: www.artikel-menarik.com)

Siapkan biji pepaya secukupnya kemudian jemur sampai benar-benar kering. Setelah itu, tumbuk biji pepaya kering tersebut hingga halus. Bubuk biji pepaya ini kemudian diseduh dengan air panas lalu diminum secara rutin.

Kedelai

Siapkan ½ kg biji kedelai kemudian goreng tanpa menggunakan minyak. Setelah itu, tumbuk hingga halus kemudian seduh dengan air panas.

cara alami mengobati mual karena maag

Kedelai
(Foto: www.eastrussia.ru)

Minumlah ramuan ini 3 kali sehari selama 2 minggu berturut-turut. Sementara bagi kamu yang ingin mencegah sakit maag, cukup minum ramuan ini satu kali sehari.

***

Dengan rutin mengkonsumsi ramuan di atas, bukan hanya rasa mual dan nyeri pada lambung kamu yang hilang, tapi juga sakit maag secara keseluruhan. Namun pastikan untuk menyertai dengan pola makan yang teratur serta menghindari makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung.

Semoga informasi mengenai cara alami mengobati mual karena maag yang kami berikan kali ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sedang menderita penyakit yang sangat menjengkelkan ini.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment