perut buncit

Cara Alami Mengobati Perut Kembung

Umumnya perut kembung jarang memiliki tanda atau gejala dari keadaan yang serius. Akan tetapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan malu karena harus sering kentut. Di samping itu, penderita perut kembung akan merasa begah dan sendawa secara berlebihan. Beberapa makanan mungkin mengandung zat tidak sepenuhnya dicerna yang dimetabolisme bakteri di usus sehingga memicu perut kembung.
Nah, perut kembung itu sendiri dapat terjadi ketika gas berlebih pada saluran pencernaan seperti lambung dan usus. Jika gas yang timbul dalam jumlah banyak maka dengan mudah kita mengetahui penyebab perut kembung. Bahkan mempermudah untuk mengatasi perut kembung yang sedang dialami. Mungkin menggunakan bahan alami lebih baik untuk diterapkan saat perut kembung memulai, adapun caranya bisa anda lihat di bawah ini.
Cara Alami Mengobati Perut Kembung
1.Menggunakan Bawang Merah
Salah satu bumbu dapur yang kerapkali digunakan sebagai pengobatan adalah bawang merah. Anda cukup menyiapkan beberapa bawang merah, lalu memarutnya hingga menghalus. Setelah itu, tambahkan minyak telon atau minyak kayu putih yang dicampurkan bersama parutan bawang merah tadi. Barulah anda mengoleskan ramuan bawang putih ke bagian pusar atau di bawang perut. Terapkan secara teratur hingga perut kembung mereda.
2. Menggunakan Jahe
Berikutnya adalah bumbu rempah yang bernama jahe yang bisa digunakan untuk mengobati perut kembung. Jahe juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sekaligus membuang gas di dalam perut. Anda hanya tinggal menyediakan jahe secukupnya dan menggunyah secara mentah-mentah. Selain itu, anda bisa menambahkan jahe pada makanan atau minuman untuk dikonsumsi.
3. Menggunakan Jeruk Nipis
Masih ada jeruk nipis yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami perut kembung. Adapun caranya adalah memeras jeruk nipis dan sisakan air perasan untuk membuat minuman bersama dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih agar lebih efektif dalam sistem pengobatan. Minum ramuan jeruk nipis secara rutin dan teratur agar perut kembung cepat pulih.
4. Mengonsumsi Sup Hangat
Ada kalanya anda mencoba untuk mengonsumsi sup hangat selain minum teh hangat. Hal ini cara yang cukup efektif dalam mengatasi rasa kembung di bagian perut. Hanya dengan memakan sup yang isinya bermacam-macam sayuran seperti kubis, wortel hingga brokoli. Bisa juga ditambahkan dengan ayam agar lebih nikmat dan enak. Metode tersebut sangat sederhana yang mampu menghilangkan udara di dalam perut saat terjebak.
5. Mengurangi Makanan Mengandung Garam
Taukah anda jenis makanan yang kaya akan garam akan mempengaruhi perut kembung bertahan lebih lama. Maka tidak ada salahnya jika anda membatasi makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Pastikan anda memperhatikan komposisi garam dalam makanan yang akan dikonsumsi. Sebaiknya hindari makanan olahan seperti nugget, sosis, mie instant dan makanan dalam kemasan yang lainnya.
Apabila cara alami untuk mengobati perut kembung di atas tidak membuahkan hasil. Alangkah baiknya menghubungi dokter lantaran perut kembung yang diderita bertambah parah dan disertai gejala lain seperti sembelit, muntah, diare, hingga BAB berdarah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.