≡ Menu

10 Langkah Cara Berhenti Merokok, Cepat dan Pasti Berhasil

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa rokok merupakan barang yang bisa menyebabkan kecanduan dalam tingkat tinggi. Cukup sekali mencobanya, maka kamu akan terus ingin mengulanginya lagi. Selain rasa candunya, rokok juga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Bahkan rokok termasuk sebagai pembunuh terbesar di dunia, termasuk Indonesia.

Cara Berhenti Merokok – Selain merugikan orang yang merokok, kebiasaan ini juga akan berdampak pada orang-orang yang ada di sekitarnya. Alasan-alasan seperti ini sepertinya sudah cukup untuk menjadi motivasi bagi kamu agar berhenti merokok.

Cara Berhenti Merokok

Kami mengakui bahwa menghentikan kebiasaan ini tergolong sangat sulit. Berangkat dari hal ini, kami akan memberikan tips bagi kamu yang memang benar-benar ingin berhenti merokok.

Niat dan Tekad

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah dengan membulatkan niat dan tekad. Keinginan untuk benar-benar menghentikan kebiasaan ini harus datang dari dalam diri kamu sendiri.

cara berhenti merokok

Punya keinginan dan tekad yang besar untuk berhenti merokok
(Foto: www.cambiatufisico.com)

Agar bisa meyakinkan diri kamu, maka hitunglah berapa uang yang sudah kamu habiskan untuk membeli rokok selama ini. Bayangkan seandainya uang tersebut bisa kamu tabung, tentu akan lebih bermanfaat lagi dibanding hanya membakarnya dalam bentuk tembakau.

Oleh karena itu, putuskanlah sesegera mungkin untuk berhenti dan jangan menunggu hingga kamu sakit parah.

Menyembunyikan Rokok

Cara yang satu ini sebenarnya harus dibantu oleh anggota keluarga yang lain. Maka dari itu, mintalah bantuan dari mereka untuk menyimpan atau menyembunyikan rokokmu di tempat yang kira-kira sulit untuk kamu temukan.

Dengan demikian, interval waktu merokok kamu bisa semakin ditekan yang nantinya akan berujung pada kebiasaan merokokmu yang sudah tidak terlalu rapat lagi.

Buat Perjanjian

Cara ini juga sangat efektif jika diterapkan dengan anggota keluarga atau orang yang kamu sayangi. Misalnya, buat perjanjian bahwa jika kamu merokok di depan mereka maka kamu akan dikenakan denda. Dendanya itu sendiri misalnya 10 ribu untuk setiap batang rokok yang kamu bakar.

Dengan alasan denda ini, maka kamu akan mulai berpikir untuk merokok di depan mereka. Sekalipun mungkin kamu akan merokok secara sembunyi-sembunyi, namun setidaknya cara ini sudah cukup efektif untuk mengurangi kebiasaanmu.

Mengganti dengan Permen

Cara berhenti merokok selanjutnya adalah dengan menghisap permen. Hal ini sendiri tergolong sangat efektif, karena para perokok akan merasa aneh pada mulutnya jika tidak ada aktivitas seperti merokok.

cara berhenti merokok

Mengganti kebiasaan dengan menghisap permen
(Foto: www.ekokutak.zivotinje.rs)

Rasa asam atau pahit karena tidak merokok ini bisa kamu akali dengan menghisap permen jahe atau mint. Jika sudah terbiasa melakukan hal ini, maka intensitas merokok kamu bisa dikurangi.

Buatlah Kesibukan

Umumnya, waktu senggang merupakan saat yang tepat untuk menghisap rokok. Maka dari itu, buatlah kesibukan dengan menyusun jadwal yang sangat padat. Paling tidak, kesibukan kamu ini akan mengalihkanmu dari hasrat untuk merokok.

Mencari Tahu Bahaya Rokok

Di jaman internet, kamu bisa memperoleh informasi dengan sangat mudahnya. Untuk itu, carilah gambar-gambar akibat merokok yang sekiranya bisa membuatmu merasa takut atau setidaknya berpikir untuk terus melanjutkan kebiasaan merokok ini.

Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

cara berhenti merokok

Memperbanyak konsumsi air putih
© Dmitriy Shironosov/depositphotos.com

Dengan air putih, rasa asam pada mulutmu akbat tidak merokok bisa diatasi. Selain itu, memperbanyak air putih juga sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama untuk mengoptimalkan metabolisme. Ketika hasrat merokok itu datang, maka teguklah segelas air putih.

Baca juga: Menu Diet Air Putih yang Sehat untuk Dilakukan

Istirahat yang Cukup

Memperbanyak istirahat juga sangat efektif untuk menghentikan kebaisaan merokok. Jika kamu tidak memiliki aktivitas dan sangat ingin merokok, maka sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk tidur saja.

Tempat Bebas Rokok

Jika kamu benar-benar ingin berhenti merokok, maka sebaiknya perbanyaklah waktumu di tempat-tempat yang memang tidak diperbolehkan untuk merokok seperti ruangan ber-AC.

Lingkungan Pergaulan

Sebaiknya bergaullah dengan orang-orang yang memang memiliki gaya hidup bebas dari rokok. Bukan berarti bahwa kamu tidak boleh lagi bergaul dengan mereka yang merokok, namun setidaknya perbanyaklah waktumu dengan mereka yang tidak merokok.

Disadari atau tidak, seseorang akan merasa enggan merokok jika ia berada di lingkungan yang memang terbebas dari asap rokok. Hal ini akan membuatmu terbiasa untuk membatasi waktu merokok.

***

Nah, itulah beberapa cara berhenti merokok yang tergolong sederhana namun efektif jika kamu memang benar-benar ingin menerapkannya.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment