≡ Menu

Cara Mudah dan Cepat Langsing Setelah Melahirkan

Bentuk tubuh yang berubah drastis merupakan hal yang wajar dialami oleh seorang perempuan pasca melahirkan. Meski demikian, banyak diantara mereka yang merasa risih dengan bentuk tubuhnya yang terlihat semakin membesar. Apalagi bentuk tubuh merupakan aset terbesar bagi seorang perempuan.

Cara Cepat Langsing Setelah Melahirkan

Cara Cepat Langsing Setelah Melahirkan – Pada dasarnya, aktivitas sehari-hari sudah cukup membantu Anda untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Adapun latihan tambahan lebih bertujuan untuk memperbaiki suasana hati serta menurunkan resiko terjadinya depresi postpartum, sebuah depresi yang sering terjadi setelah melahirkan.

Nah, jika Anda ingin segera membentuk pinggul yang ramping setelah melahirkan, maka lakukan latihan kardio yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan. Latihan kardio akan membuat tubuh menggunakan otot-otot besar secara rutin dan tidak terputus yang mana juga akan meningkatkan denyut jantung hingga 85% dari kondisi normal.

Latihan kardio yang bisa Anda coba diantaranya jogging, lari, aerobik, berenang, atau bersepeda. Nah, untuk menghilangkan tumpukan lemak pada pinggul atau lemak di seluruh tubuh, latihan kardio juga sangat membantu untuk mencapai tujuan tersebut.

cara cepat langsing setelah melahirkan

Latihan kardio dengan berlari
© Martin Mark Soerensen/depositphotos.com

Secara umum, para wanita biasanya membutuhkan waktu sekitar 6 minggu setelah melahirkan agar bisa melakukan latihan kardio. Meski demikian, waktu yang aman dalam melakukan kegiatan ini bisa berbeda-beda pada setiap individu, sehingga ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter.

Jika Anda termasuk yang menjalani proses caesar, maka Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama agar bisa melakukan latihan ini. Maka dari itu, awali dengan aktivitas yang ringan saja misalnya dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Saat Anda sudah merasa lebih kuat, maka tingkatkan aktivitas tersebut dengan lari atau jogging. Untuk lebih lengkapnya, berikut 4 cara cepat langsing setelah melahirkan yang mungkin bisa Anda coba.

Baca juga: Tips Menguruskan Badan Setelah Melahirkan

Circuit Training

Circuit training merupakan langkah yang sangat efektif untuk membentuk pinggul yang ramping pasca melahirkan. Circuit training adalah latihan yang dilakukan dengan mengkombinasikan latihan kekuatan dan kardio serta memiliki rangkaian yang berurutan.

Di dalam rangkaian tersebut terdapat latihan yang diperuntukkan khusus untuk otot-otot yang berbeda. Anda sebaiknya memulai latihan kardio dengan tujuan pengencangan, misalnya berjalan jongkok.

cara cepat langsing setelah melahirkan

Olahraga skipping
© Sofia Martin Novák/depositphotos.com

Sementara untuk latihan yang intents, Anda bisa melakukan jogging, lari, atau lompat tali. Agar tidak terkesan membosankan, ada baiknya jika Anda memilih jenis latihan yang baru, misalnya melompat sisi. Untuk setiap perputaran, lakukan sebanyak 30 menit.

Hip-Toning

Hip-toning dilakukan dengan cara berjalan menendang lalu berjongkok. Awali kegiatan ini dengan memposisikan tubuh secara berdiri.

cara cepat langsing setelah melahirkan

Gerakan Hip-Toning
(Foto: https://store.balletbeautiful.com)

Lalu tempatkan tangan Anda ke pinggul dan secara perlahan gunakan kaki kiri untuk menendang. Kembalikan posisi kaki kiri kemudian rendahkan tubuh Anda hingga mencapai posisi jongkok. Lakukan sebanyak 15 kali pada setiap sisi tubuh Anda.

Melompat Samping

Cara cepat langsing setelah melahirkan yang juga bisa Anda coba adalah dengan melompat samping. Awali dengan posisi berdiri, lalu lompatlah secara perlahan ke arah kiri sejauh 3 meter.

Pastikan saat mendarat lutut Anda ditekuk sedikit pada kaki kiri. Lanjutkan dengan melompat ke kanan sejauh 3 meter dan mendarat dengan kaki kanan yang juga ditekuk sedikit. Ulangi kegiatan ini hingga 15 kali untuk setiap sisi tubuh.

Pola Diet

Selain dengan melakukan rangkaian latihan di atas, Anda juga wajib menerapkan program diet jika memang ingin segera mendapatkan tubuh yang langsing. Mengonsumsi makanan yang rendah kalori akan sangat membantu Anda dalam melepaskan timbunan lemak-lemak yang kemudian membuat pinggul jadi lebih ramping.

Baca juga: Pola Makan Diet yang Tepat, Menuju Berat Ideal

Maka dari itu, pilihlah makanan dengan kandungan kalori yang rendah namun tinggi nutrisi karena Anda sedang menyusui. Anda bisa mengonsumsi buah, sayur, susu rendah lemak, protein tanpa lemak, dan juga biji-bijian.

Konsumsi alpukat dan minyak zaitun yang rutin juga akan memberikan dampak yang positif terhadap sistem metabolisme tubuh Anda. Begitu juga dengan makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon. Anda bisa juga mengonsumsi kenari atau biji rami sebagai cemilan.

***

Seiring dengan rutinnya Anda menerapkan latihan serta menjaga pola makan, maka bentuk tubuh Anda akan kembali seperti saat sebelum melahirkan. Untuk itu, dibutuhkan latihan yang rutin serta menjaga pola makan secara ketat agar bisa segera mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Nah, semoga cara cepat langsing setelah melahirkan yang kami berikan di atas bisa membantu Anda untuk mewujudkan impian tersebut. Selamat mencoba.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment