≡ Menu

Begini Cara Kencan Pertama yang Baik dan Tak Terlupakan

Kencan adalah momen yang sangat krusial sehingga banyak orang yang dibuat digugup karenanya, terlebih lagi jika dilakukan untuk pertama kalinya. Bahkan tak sedikit orang yang memilih untuk membatalkan rencana tersebut.

Namun di sisi lain, ada sejumlah orang yang sama sekali tidak memiliki masalah saat akan berkencan. Apa rahasianya?

Rahasia Cara Kencan Pertama Yang Baik

Cara Kencan Pertama yang Baik – Kunci utama saat berkencan adalah mengolah suasana menjadi nyaman dan romantis. Nah, kondisi seperti ini sendiri tidak bisa tercipta dengan sendirinya, karena ada banyak sekali hal-hal yang harus kamu persiapkan.

Dengan persiapan yang matang, maka kamu akan terlihat menjadi sosok yang sangat berkarakter di matanya. Lantas, apa saja yang harus dilakukan agar kencan pertama itu bisa berjalan dengan baik?

Baca juga: Melihat Tipe Laki-Laki Berdasarkan Kepribadian

Memilih Tempat

Tujuan dari kencan memang untuk mempertemukan dua orang yang belum terlalu saling kenal, sehingga komunikasi menjadi hal yang penting.

cara kencan pertama yang baik

(Foto: www.oasicavitt.com)

Meski demikian, bukan berarti bahwa tempat kencan tidak menjadi prioritas. Pasalnya, tempat kencan yang romantis atau unik bisa menciptakan kondisi yang nyaman bagi kalian berdua.

Jika kamu memilih tempat kencan yang ternyata tidak ia senangi, maka besar kemungkinan ia merasa kurang nyaman sehingga komunikasi tidak berjalan lancar. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk meminta saran atau menanyakan terlebih dahulu mengenai tempat-tempat yang ia suka atau tidak.

Jika kamu merasa gengsi untuk menanyakan hal tersebut, maka pilihlah tempat yang netral seperti cafe, restoran, atau bioskop.

Menjaga Kepercayaan Diri

Banyak yang bingung bagaimana caranya untuk menunjukkan kepercayaan diri, terutama dalam konteks kencan pertama. Pada tahap awal, pastikan terlebih dahulu apa yang bisa membuat dia tertarik dan ingin mengenal kamu lebih jauh.

Misalnya karena kamu adalah seorang guru, dokter, musisi, atau profesi lainnya. Setelah itu, kenakanlah pakaian yang bisa mencitrakan profesi kamu tersebut.

Memaksakan penampilan justru hanya akan membuat kamu merasa kurang nyaman. Bahkan jika kencan kamu tersebut sukses dan lanjut pada hubungan yang lebih serius, maka ia akan melihat perubahan yang drastis pada diri kamu.

Oleh karenanya, menjadi diri sendiri adalah langkah yang wajib untuk kamu lakukan agar kepercayaan diri itu bisa muncul dengan sendirinya.

Fokus

Cara kencan pertama yang baik selanjutnya adalah dengan fokus terhadap jalannya kencan itu sendiri. Dalam hal ini, topik pembicaraan menjadi hal yang utama.

Jika obrolan sudah terasa mengalir, maka jangan mengacaukannya dengan bermain smartphone. Percayalah, tindakan seperti ini akan merusak momentum.

Jadi, cobalah untuk bisa benar-benar fokus. Tidak ada salahnya untuk mematikan ponsel kamu selama kencan berlangsung.

Pertanyaan yang Variatif

Pertanyaan seperti apa kabar atau sudah makan merupakan hal yang sangat basi dan bisa mengesankan bahwa kamu adalah sosok yang membosankan.

Maka dari itu, siapkan pertanyaan yang bersifat terbuka. Misalnya saja mengenai hobi, film, atau gosip terbaru.

cara kencan pertama yang baik

(Foto: www.pusatcinta.com)

Topik-topik seperti ini tergolong sangat mudah untuk mengalir sehingga meminimalisir munculnya jeda obrolan sejenak yang membuat canggung.

Pastikan agar jeda seperti itu tidak sering terjadi, karena bisa dijadikan waktu bagi dirinya untuk melamun dan memikirkan hal-hal aneh tentang dirimu.

Singkatnya, pertanyaan yang variatif dan terbuka akan membuat kamu tidak terkesan sebagai orang asing yang sekaligus bisa membuat kamu menjadi pendengar yang baik.

Jujur

Saat dia sudah mulai untuk mencari informasi mengenai dirimu, maka jawablah segala sesuatunya secara jujur. Tidak usah melebih-lebihkan atau terkesan membanggakan kelebihanmu, sekalipun kamu memang memiliki kelebihan.

Tidak mengekspos segala sesuatu tentang dirimu akan membuatnya merasa penasaran sehingga ia akan terus mencari informasi tentang dirimu. Dengan demikian, potensi untuk terjadinya kencan berikutnya sangat besar.

Bahasa Tubuh

Tahukah kamu bahwa orang ternyata lebih banyak menilai bahasa tubuh dan penampilan dibanding dengan apa yang kita bicarakan saat kencan pertama? Itulah mengapa kami memasukkan bahasa tubuh ke dalam daftar cara kencan pertama yang baik.

cara kencan pertama yang baik

(Foto: http://damiko.ru)

Jabat tangannya secara erat dan berikan senyuman yang hangat saat bertemu. Selama berjalannya kencan tersebut, usahakan untuk tidak melipat tangan kamu di dada.

Pasalnya, hal ini bisa menimbulkan kesan bahwa kamu merupakan tipikal orang yang sulit untuk didekati dan tidak memiliki daya tarik.

Santai

Sikap yang santai merupakan penawar untuk rasa gugup. Menunjukkan rasa gugup di kencan pertama hanya membuat dia yakin bahwa kamu bukanlah tipe yang ia cari.

Oleh karena itu, atur pernafasan kamu. Hindari untuk berbicara secara tergesa-gesa, karena bisa membuat detak jantung kamu meningkat sehingga muncullah rasa gugup tersebut.

Jika kamu bisa menjaga suasana kencan berjalan santai, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan tawaran melakukan kencan selanjutnya.

Durasi Kencan

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah durasi kencan. Jangan sampai kamu berkencan terlalu lama karena bisa menimbulkan rasa jenuh dan canggung akibat kehabisan topik.

Selain itu, kencan yang berdurasi tidak terlalu lama juga bisa membuat ia penasaran serta tetap menjaga rasa ketertarikan tersebut.

***

Pada dasarnya, kencan adalah hal yang sangat mengasyikkan karena bisa membantu kita untuk saling mengenal lebih jauh. Namun kencan bisa juga menjadi hal yang buruk jika kita tidak mampu mengelolanya.

Maka dari itu, pelajarilah cara kencan pertama yang baik di atas, lalu terapkan saat kamu bertemu dengannya. Selamat mencoba!

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment