≡ Menu

Berbagai Cara Melangsingkan Badan Cepat dari Olahraga sampai Operasi

Melangsingkan badan bukanlah perkara yang mudah, terlebih jika orang tersebut memang memiiki masalah ketidakseimbangan hormon dan juga sistem metabolisme tubuh yang buruk.

Meski demikian, masih ada sejumlah cara yang bisa ditempuh demi mendapatkan badan yang langsing ideal. Misalnya saja dengan berolahraga, mengatur pola makan, atau dengan cara yang instan seperti operasi.

Cara Melangsingkan Badan Cepat dengan Olahraga

Untuk tahap pertama, kami menganjurkan agar proses melangsingkan badan itu dimulai dengan olahraga. Nah, olahraga apa saja yang efektif dalam membakar lemak tubuh itu? Berikut diantaranya:

Baca juga: 10 Jenis Olahraga Penurut Berat Badan dengan Cepat

Cara Melangsingkan Badan Cepat

Olahraga adalah jalan yang paling aman untuk melangsingkan badan.

Aerobik

Aerobik merupakan jenis olahraga yang terkenal mampu membakar lemak dalam jumlah banyak yang sekaligus menjaga kesehatan jantung. Jika kamu rutin melakukan aerobik selama 60 menit setiap harinya, maka kamu akan membakar kalori hingga 650 kal. Selain itu, gerakan aerobik yang rutin dilakukan juga akan membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Bersepeda

Cukup bersepeda selama 1 jam sehari, tubuh kamu akan membakar 850 – 1000 kalori setiap harinya. Untuk wanita, tubuhnya mampu membakar hingga 850 kalori sedangkan tubuh pria mampu membakar lebih besar, yaitu 1000 kalori. Olahraga bersepeda ini juga membantu untuk membentuk otot paha dan kaki, sehingga tubuh bagian bawah kamu bisa semakin ideal.

Berenang

Untuk kamu yang ingin berolahraga namun merasa risih jika harus mengeluarkan keringat, maka berenang merupakan pilihan yang tepat. Dengan berenang selama 60 menit sehari, tubuh kamu akan membakar hingga 800 kalori. Olahraga ini sendiri juga terkenal mampu membentuk otot perut serta menambah tinggi badan.

Treadmill

Cara melangsingkan badan cepat yang satu ini mungkin terdengar membosankan, karena kita hanya berlari-lari di tempat saja. Meski demikian, olahraga ini terbukti mampu membakar hingga 600 kalori jika dilakukan selama satu jam. Treadmill merupakan solusi untuk olahraga di dalam rumah, terutama jika cuaca tidak memungkinkan.

Kickboxing

Olahraga ini ditujukan untuk mereka yang memiliki fisik dan stamina yang kuat. Pasalnya, kickboxing identik dengan kontak fisik yang intens seperti meninju, menendang, dan menghindari pukulan.

Selain untuk melangsingkan badan secara cepat, kickboxing juga efektif untuk membentuk otot, melatih kecepatan dan ketangkasan, melatih fleksibilitas otot, meningkatkan kewaspadaan mental, memperbaiki koordinasi antara mata dan tangan, serta melatih keseimbangan tubuh.

***

Nah, agar program olahraga yang kamu lakukan tersebut bisa mencapai hasil yang maksimal, sebaiknya sertai dengan pengaturan pola makan yang baik. Jika kamu rutin berolahraga namun tetap mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak, minyak, dan karbo yang tinggi, maka hasilnya tidak akan terlalu optimal.

Cara Melangsingkan Badan Cepat dengan Diet

Bagi kebanyakan orang, diet dianggap sebagai sebuah beban yang berat. Padahal, diet yang tepat itu berangkat dari sebuah rumus yang sederhana: Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh harus lebih sedikit dibanding dengan jumlah kalori yang sudah dibakar.

Nah, berikut ini beberapa program diet yang mungkin cocok untuk kamu terapkan.

Baca juga: 7 Tips Diet Terbaik untuk Remaja

Program diet yang bagus akan membuat kamu langsing.

Program diet yang bagus akan membuat kamu langsing.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya vitamin C dan juga memiliki kandungan asam yang berdampak positif untuk sistem pencernaan. Dengan demikian, penyerapan gula yang ada di dalam tubuh bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Untuk penggunaannya, cukup dengan mencampur jeruk nipis bersama air hangat dan minum pada pagi hari ketika perut kamu masih kosong. Jika rasa asam dari minumam ini membuat kamu merasa mual, maka tambahkan madu sebagai pemanis alami.

Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup setiap harinya membantu tubuh agar bisa menetralkan racun-racun yang masuk lewat makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap hari. Selain itu, konsumsi air putih juga membantu untuk mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh.

Dalam artian lain, saat konsumsi air putih itu bisa lebih teratur, maka lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh bisa lebih mudah dibakar dan diubah menjadi energi. Delapan gelas air putih merupakan jumlah yang dianjurkan setiap harinya.

Buah dan Sayur

Cara melangsingkan badan cepat bisa juga dilakukan dengan memperbanyak asupan serat, dalam hal ini diperoleh dari buah dan sayur.

Kandungan serat yang begitu tinggi dalam buah dan sayuran mampu mengikat lemak di dalam tubuh kemudian membuangnya bersama kotoran.

Selain itu, sayur dan buah juga memiliki kandungan nutrisi yang mampu mensuplai kebutuhan nutrisi harian tubuh. Untuk itu, gantilah menu camilan kamu dengan yang lebih sehat seperti buah dan sayur.

Nasi Merah

Jika kamu setiap harinya mengonsumsi nasi putih, maka kini saatnya untuk beralih dengan nasi merah. Mengapa? Karena nasi merah memiliki kandungan serat dan nutrisinya lebih tinggi.

Selain itu, nasi merah juga memiliki kandungan karbohidrat komplek yang mampu mengoptimalkan program diet yang sedang dijalankan.

***

Jika program melangsingkan badan dengan jalan olahraga dan diet ternyata tidak memberikan dampak yang nyata bagi kamu, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan jalan operasi.

Cara yang satu ini memang mampu memberikan hasil yang signifikan dalam waktu yang singkat, namun disertai dengan biaya yang besar serta resiko yang besar pula. Untuk itu, pastikan bahwa kamu sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk memilih jalan operasi.

Cara Melangsingkan Badan Cepat: Operasi

Berikut ini jenis operasi yang bisa kamu tempuh demi mendapatkan badan yang langsing dan ideal. Konsultasikan dengan dokter, teman, dan keluarga jika cara ini menjadi pilihan kamu!

Operasi dapat dilakukan, namu memiliki biaya yang sangat besar.

Operasi dapat dilakukan, namu memiliki biaya yang sangat besar.

Roux-EN-Y Gastric Bypass

Gastric Bypass merupakan teknik yang merekonstruksi saluran cerna di dalam tubuh sehingga kapasitas lambung bisa berkurang.

Artinya, metode ini akan menurunkan asupan makanan harian lewat pembatasan atau penutupan sejumlah bagian lambung di mana organ lambung dihubungkan secara langsung dengan usus halus.

Nah, dengan ukuran lambung yang sudah mengecil, maka pasien akan merasakan sensasi kenyang yang lebih cepat sehingga ia mampu mengontrol nafsu makannya secara otomatis.

Vertical Banded Gastroplasty (VBG)

VBG adalah metode medis yang biasa dilakukan oleh pasien yang menderita obesitas. Sama seperti Roux-EN-Y Gastric Bypass, VBG ditujukan untuk menurunkan berat badan lewat cara membatasi kapasitas asupan makanan.

Bedanya adalah, VBG hanya membatasi asupan makanan saja, tanpa harus merubah struktur dari usus halus sang pasien. Dikarenakan tidak adanya perubahan terhadap organ usus, maka tidak ada efek atau gangguan penyerapan yang dialami oleh pasien pasca operasi.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan Roux-EN-Y Gastric Bypass, penurunan berat badan yang didapatkan tidaklah terlalu signifikan.

Liposuction

Nah, inilah cara melangsingkan badan cepat yang sangat populer dikalangan selebritis. Semenjak diperkenalkan pada awal 80an, metode liposuction atau sedok lemak ini kemudian menjadi tindakan bedah kosmetik yang begitu digemari.

Saat ini, metode liposuction dilakukan dengan prosedur yang sangat sederhana, di mana hanya menggunakan bius lokal.

Pasien yang akan melakukan liposuction ini biasanya diminta untuk menghindari konsumsi dari zat-zat atau obat-obatan yang beresiko menimbukan pendarahan seperti aspirin, bawang putih, dan jahe.

Untuk prosedurnya, dokter akan membuat sejumlah lubang di kulit yang bertujuan untuk menjadi jalan masuk bagi cairan bius dan juga pelarut lemak.

Setelah itu, jaringan lemak di dalam tubuh akan disedot dengan menggunakan sebuah alat yang dimasukkan melalui lubang-lubang kulit yang sudah dibuat sebelumnya. Terakhir, lubang bekas operasi tersebut akan ditutup. Secara umum, prosedur liposuction ini membutuhkan waktu antara 1-2 jam, tergantung dari luas area operasi.

Untuk satu tindakan operasi, jumlah lemak yang bisa disedot berkisar antara 2000 cc – 5000 cc. Namun jika prosedur operasi yang dilakukan tidak sempurna, maka tubuh justru akan menjadi tidak proporsional.

Liposuction tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki riwayat gangguan jantung, paru-paru, perdarahan, dan anemia. Pasalnya, liposuction memiliki kemungkinan risiko pascaoperasi seperti infeksi, bekas luka sayatan, dan juga perdarahan.

***

Nah, itulah sejumlah cara alami maupun buatan yang bisa kamu tempuh guna mendapatkan tubuh yang langsing.

Satu hal yang perlu diperhatikan, sebelum memutuskan untuk menggunakan metode tertentu, sebaiknya pastikan apakah tubuh kamu memang mampu melaluinya atau tidak.

Jangan mengambil resiko yang besar hanya karena kamu terobsesi untuk mendapatkan bentuk tubuh yang langsing.

Nah, semoga cara melangsingkan badan cepat yang kami bagikan kali ini bisa membantu kamu untuk menciptakan penampilan yang lebih ideal. Selamat mencoba!

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment