≡ Menu

12 Cara Melangsingkan Badan Efektif dan Efesien

Tak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang positif, termasuk dalam urusan menciptakan badan yang langsing.

Mendapatkan tubuh yang langsing dalam waktu yang singkat memang bukanlah perkara yang mudah, namun bukan berarti bahwa hal tersebut tidak bisa terwujud. Kuncinya adalah dengan mengubah pola hidup dan memperlakukan tubuh sebaik mungkin.

Baca juga: Kalkulator Berat Badan Ideal

Sebelum kita memulai, perlu diperhatikan bahwa metode melangsingkan badan yang kami berikan ini tidak akan memberikan hasil signifikan dalam waktu yang singkat, namun kamu bisa membuktikan efektifitasnya dalam jangka panjang.

Cara Melangsingkan Badan Efektif dimulai dari Komitmen

Pertama, berkomitmenlah bahwa kamu akan melakukan perubahan. Tidak perlu membayangkan betapa beratnya melakukan olahraga maupun diet itu, karena inilah sebenarnya yang menjadi alasan mengapa orang enggan untuk mengambil langkah awal. Mungkin di masa lalu kamu pernah ingin melangsingkan badan, namun tak kunjung melaksanakannya.

Hal tersebut dikarenakan kamu memang tidak memiliki kesungguhan. Nah, dengan berkomitmen untuk melakukan perubahan, itu artinya kamu bersedia untuk meninggalkan segala yang kamu inginkan, seperti makanan-makanan yang tidak sehat.

Saat kamu mampu berkomitmen secara serius untuk melakukan perubahan, maka berat badan kamu akan mulai terbenah dengan sendirinya.

1. Mencatat Berat

Cara Melangsingkan Badan Efektif

Mencatat Berat Badan

Sangat penting untuk mencatat berat badan kamu saat ini. Mengetahui berat badan di awal program bertujuan agar kamu bisa mengetahui perkembangan dan efektifitas dari program itu sendiri.

Untuk hasil yang lebih akurat, sebaiknya gunakanlah timbangan digital dan lakukan pada pagi hari sebelum kamu makan dan sebisa mungkin tanpa mengenakan busana.

Mencatat ukuran tubuh juga bermanfaat untuk kamu yang ingin membentuk tubuh yang lebih berotot, karena otot memiliki berat yang lebih dibanding lemak.

Kamu bisa menggunakan meteran kain untuk mendapatkan ukuran dari lingkar perut, dada, lengan, kaki, atau pinggul. Ukurlah bagian-bagian yang menjadi target spesifik kamu dalam membentuk tubuh yang langsing.

2. Kurangi Asupan Kalori

Cara melangsingkan badan efektif selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan kalori. Semakin kamu bisa mengurangi asupan kalori, maka akan semakin banyak pula berat badan kamu yang hilang.

Meski demikian, kamu harus tetap makan dalam jumlah yang cukup agar tubuh kamu bisa tetap fit dalam beraktifitas. Membiarkan diri menjadi lapar justru hanya akan membuat kamu semakin bernafsu untuk makan yang pada tititk tertentu bisa membuatmu kembali pada kebiasaan lama.

3. Olahraga

Jangan Mengemis Perhatian

Berolahraga di pagi hari

Jenis olahraga seperti kardiovaskular bukan hanya membantu untuk meningkatkan detak jantung, namun juga mampu membakar kalori dengan optimal yang sekaligus mempercepat metabolisme tubuh.

Selain itu, latihan aerobik seperti bersepeda, jogging, berenang, hingga berjalan kaki sekalipun sangat bagus dalam membakar kalori. Jika kamu tidak terbiasa berolahraga, maka mulailah secara perlahan kemudian tingkatkan intensitasnya secara bertahap.

Pada level ini, penting bagi kamu untuk menemukan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan juga kamu sukai. Setelah itu, lakukan secara rutin, paling tidak 20 menit setiap harinya dengan rentang 5 hari dalam seminggu.

Baca juga: 10 Jenis Olahraga Penurun Berat Badan Secara Cepat

4. Asupan Air Putih

Menjaga asupan air putih bukan hanya bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, namun juga terbukti sangat membantu dalam proses melangsingkan badan. Mungkin beberapa diantara kamu menganggap bahwa cara melangsingkan badan efektif yang satu ini sebagai hal sepele.

Padahal, asupan air putih yang cukup sangat membantu untuk membuat perut merasa lebih kenyang, sehingga mencegah kamu untuk ngemil di sela-sela waktu makan. Selain itu, cobalah meminum 1-2 gelas air putih sekitar 20 menit sebelum makan agar kamu bisa merasa lebih cepat kenyang.

5. Membuat Jurnal Harian

Menuliskan kegiatan apa saja yang telah dilakukan.

Menuliskan kegiatan apa saja yang telah dilakukan.

Sejumlah studi membuktikan bahwa mereka yang menjalankan program penurunan berat badan dengan mencatatnya setiap hari mengalami penurunan berat yang lebih banyak dibanding dengan mereka yang tidak mencatat.

Dengan membuat jurnal harian mengenai program yang sedang dijalankan, maka membantu kamu untuk menjadi lebih bertanggung jawab terhadap keputusan-keputusan yang diambil.

Kebiasaan ini juga akan membantu kamu dalam melihat pola diet yang sedang dijalankan. Pada akhirnya, kamu bisa lebih mudah untuk menetapkan mana cara yang efektif ataupun tidak.

6. Masak Makanan di Rumah

Dengan alasan apapun, makan di luar bisa membuat program pelangsingan badan kamu menjadi rusak. Sebaliknya, memasak makanan di rumah mempermudah kamu dalam menentukan opsi-opsi yang sehat serta lebih mudah mengontrol porsi santapan.

Misalnya saja dengan menakar jumlah minyak yang digunakan. Namun jika kamu terpaksa harus makan di luar, sebaiknya kurangilah kandungan kalorinya dengan meminta saus makanan tersebut disajikan terpisah.

7. Hari “Curang”

Makan sebelum tidur

Berikan sedikit kebebasan

Cara melangsingkan badan efektif selanjutnya adalah dengan mengizinkan diri kamu untuk memiliki hari “curang”. Tidak peduli seberapa besar komitmen yang sudah kamu buat, kamu tentu tidak bisa menghindarkan diri dari kesalahan.

Misanya saja saat ada acara-acara yang menyajikan makanan berlimpah, maka sempatkanlah diri kamu untuk mecicipi makanan di acara tersebut. Jika kamu terlalu fokus dengan program diet hingga melepaskan kehidupan sosial, justru bisa membuatmu menjadi sengsara sehingga tergoda untuk berhenti sebelum mencapai target.

8. Ikut Program Khusus

Jika kamu memang sangat berkeinginan untuk memiliki tubuh yang langsung namun tak bisa berjalan sendiri, maka bergabunglah bersama kelompok program penurunan berat badan.

Sejumlah program akan membantu kamu dengan menyiapkan makanan-makanan yang rendah kalori sehingga kamu bisa memiliki opsi makanan yang lebih sehat. Ada juga program yang mengajari bagaimana caranya untuk memilih makanan sendiri dengan prosedur “poin” yang akan dihitung berdasarkan jumlah kalori.

Secara sederhana, program penurunan berat badan sangat membantu kamu untuk bisa bertanggung jawab terhadap pilihan-pilihan yang dibuat serta membantu untuk menghubungkan kamu dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama.

9. Tidur yang Cukup

Kurang tidur tidak hanya membuat kemampuan berpikir terhambat, namun juga bisa meningkatkan nafsu makan dan membuat metabolisme tubuh menjadi lambat.

Untuk itu, usahakan agar kamu bisa memiliki waktu tidur paling tidak 7 jam setiap malam. Jika kamu memiliki rutinitas yang harus dilakukan pagi-pagi sekali, maka imbangilah dengan tidur lebih awal pada malam hari. Jadi, jangan pernah menyepelekan waktu tidur, karena hal ini termasuk ke dalam cara melangsingkan badan efektif.

10. Mengontrol Stres

Stress tidak baik untuk kesehatan dan tubuh.

Stress tidak baik untuk kesehatan dan tubuh.

Stres memang kondisi yang tak bisa terhindarkan, namun stres yang berlebih bisa membuat lepasnya hormon kortisol yang sangat berpengaruh terhadap penyimpanan lemak, terutama pada daerah perut. Stres bisa juga menjadi penyebab seseorang terobsesi untuk makan berlebih, mengingat makanan memiliki kandungan zat yang bisa menimbulkan efek menenangkan.

Perlu dicatat bahwa sekalipun makanan bisa menawarkan rasa lega dari stres, namun hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah kamu. Untuk itu, kontrol tingkat stres kamu dengan belajar mengatur waktu.

Hindari kebiasaan menunda pekerjaan serta terus awasi jam setiap harinya sehingga kamu tidak selalu terburu-buru. Kamu bisa juga mengontrol stres dengan membersihkan lingkungan, melakukan meditasi, atau kegiatan-kegiatan relaksasi lainnya.

11. Mencari Pengganti Makanan

Menjalani program diet bukan berarti bahwa kamu harus terus-menerus merasakan kekurangan dan kesengsaraan. Jika kamu menganggap makanan adalah sebuah sumber kebahagiaan dan kenyamanan, maka sangat penting untuk mencari sesuatu yang bisa melebihi hal tersebut, atau paling tidak setara dengan makanan agar kamu bisa merasa tetap puas.

Hal ini bisa saja dengan memanjakan diri menjalani hobi, menghabiskan waktu bersama teman-teman, berbelanja, memainkan alat musik, bercinta, atau sekedar berendam di bak mandi.

Bca juga: Menu Diet Ala Korea

12. Jangan Menimbang Badan Setiap Hari

Jangan terlalu sering menimbang badan.

Jangan terlalu sering menimbang badan.

Cara melangsingkan badan efektif yang terakhir adalah dengan menghindari godaan untuk menimbang setiap harinya. Timbangan memang merupakan alat yang sangat membantu untuk mengetahui progres dari penurunan bobot tubuh dalam jangka panjang, namun melakukan hal tersebut setiap harinya justru bisa membuatmu menjadi terbebani.

Ingat, semua orang bisa mengalami peningkatan atau penurunan berat badan beberapa gram setiap harinya. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan dan fluktuasi tersebut lebih banyak diakibatkan oleh berat air dalam tubuh. Sebaiknya lakukan penimbangan berat badan maksimal 2 kali seminggu.

***

Pada dasarnya, cara terbaik dalam melangsingkan badan adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta realistis secara bertahap.

Meskipun memakan waktu yang cukup lama, namun metode seperti ini sangat membantu dalam mempertahankan bentuk tubuh dalam tahun-tahun mendatang.

Meskipun makan sesedikit mungkin bisa membantu kamu untuk melangsingkan badan dengan cepat, namun hal tersebut sangat berbahaya. Pasalnya, kamu tetap harus memenuhi asupan makanan agar bisa menopang tubuh. Pastikan pula untuk menghindari kebiasaan asupan makanan di bawah 1000 kalori perhari dalam waktu yang lama.

Demi alasan kesehatan dan keamanan, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter atau alhi gizi sebelum kamu memutuskan untuk menjalani program diet atau olahraga baru, terlebih untuk kamu yang memiliki kondisi medis tertentu.

Nah, semoga ulasan mengenai cara melangsingkan badan efektif di atas bisa menambah referensi kamu demi mewujudkan bentuk badan yang lebih ideal. Selamat mencoba!

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment