≡ Menu

5 Cara Alami Untuk Melegakan Hidung Tersumbat Cepat dan Tanpa Obat

Hidung yang tersumbat tentu saja akan mempengaruhi kerja pernafasan Anda, dan akan membuat dada terasa sesak, karena suplai oksigen yang masuk kedalam tubuh menjadi berkurang. Hidung yang tersumbat ini, bisa merupakan salah satu gejala dari flu atau bisa juga menjadi salah satu penyebab dari batuk.

Tentu saja kondisi hidung tersumbat ini, akan menyebabkan si penderita menjadi kurang nyaman, dan mengganggu aktivitas.

Namun untuk mengatasi hidung yang tersumbat ini, Anda dapat menggunakan cara alami yang terbilang ampuh melegakan hidung tersumbat. Sehingga nantinya kondisi pernafasan akan bekerja normal kembali.

Jika Aanda sedang mengalami hidung tersumbat dan ingin mengobatinya secara alami, berikut ini adalah beberpa cara alami dalam melegakan hidung tersumbat yang bisa anda coba lakukan.

Baca juga: Cara Manjur Menyembuhkan Flu atau Pilek dengan Cepat

Cara Alami Melegakan Hidung Tersumbat

cara melegakan hidung tersumbat

5 Cara Alami Untuk Melegakan Hidung Tersumbat

1. Mandi air hangat

cara melegakan hidung tersumbat

Mandi dengan menggunakan air hangat


Cara yang pertama bisa anda gunakan adalah dengan mandi air hangat. Uap air yang hangat ini, akan mampu menembus hidung, dan secara otomatis bisa membantu Anda dalam melegakan hidung yang tersumbat secara alami dan efektif.

2. Minum air putih secara cukup

cara melegakan hidung tersumbat

Mengonsumsi air putih yang cukup


Selain itu, konsumsi air putih secara cukup akan membantu Anda terhidrasi secara baik, dan tentu saja akan meringankan saluran hidung Anda yang tersumbat, dan akan mencegah penyumbatan saluran pernafasan. Air hangat juga baik untuk melegakan hidung yang tersumbat dan mampu mengeluarkan racun dalam tubuh Anda.

Baca juga: Lima Cara Efektif Mengobati Flu Berat pada Orang Dewasa dan Anak

3. Tinggikan posisi kepala saat tidur

Selain itu, posisi kepala yang baik pada saat Anda tidur juga akan sangat baik dalam membantu melegakan hidung yang tersumbat.

cara melegakan hidung tersumbat

Meninggikan posisi kepala saat tidur


Posisi kepala sebaiknya lebih tinggi dari tubuh, sehingga menyebabkan lendir yang terjebak dalam saluran hidung menjadi lebih mudah untuk keluar. Cara ini juga merupakan salah satu cara yang efektif, dan akan membantu Anda dalam bernafas.

4. Minum air jeruk hangat

cara melegakan hidung tersumbat

Minum air jeruk hangat


Jeruk memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Cara terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin C yang diperlukan untuk melegakan hidung tersumbat adalah dengan meminum air jeruk hangat, yang mana vitamin C ini akan membantu menjaga kekebalan tubuh Anda, terlebih jika Anda menambahkan madu didalamnya.

5. Makan makanan pedas

cara melegakan hidung tersumbat

Makan makanan pedas juga baik untuk membantu melegakan hidung tersumbat


Selain itu cara melegakan hidung tersumbat yang terakhir yaitu dengan makan makananan yang pedas. Makanan pedas merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk membantu melegakan hidung tersumbat.

Kandungan dari cabai dan rasa pedas yang ada dalam makanan, dapat menyebabkan lendir yang menjadi penyebab hidung tersumbat mengalir keluar dengan sendirinya, sehingga hidung tersumbat pun bisa lega secara alami.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, Anda tidak boleh terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pedas ini sendiri, karena bisa menyebabkan masalah lain, seperti gangguan pencernaan serius, atau bahkan asam lambung yang naik.

***

Demikian beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk melegakan hidung tersumbat. Semoga bermanfaat untuk mmebantu anda dalam melegakan hidung tersumbat dan saluran pernafasan anda.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment