≡ Menu

100% Lebih Cantik dan PD dengan Cara Memakai Hijab untuk Wajah Bulat

Rambut merupakan mahkota bagi para perempuan, namun bagi kaum muslimah hijablah yang dianggap sebagai mahkota. Selain untuk menjalankan syariat islam, penggunaan hijab sendiri sudah menjadi bagian dari fashion dan juga sebagai kebutuhan sehari-hari.

Hijab secara umum didesain beragam berdasarkan segmen usia, model, tren, hingga penyesuaian dengan bentuk wajah. Dengan demikian, para kaum muslimah tidak akan kesulitan dalam menentukan pilihan hijab yang sesuai dengan usia atau bentuk wajahnya.

Baca juga:

Cara Memakai Hijab untuk Wajah Bulat

Tampil dengan busana yang lebih luas. (Foto: styles7.com)

Cara Memakai Hijab untuk Wajah Bulat

Khusus untuk bagian wajah, wanita yang memiliki wajah yang bulat kadang merasa kesulitan dalam menentukan pilihan dalam berhijab. Cara memakai hijab untuk wajah bulat pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dengan yang lainnya.

Hanya saja model yang tersedia di pasaran untuk wajah ini tidaklah banyak. Namun hal ini bukanlah sebuah masalah, karena semua tergantung bagaimana cara kita dalam mengaplikasikan lewat bahan dan model hijab.

wanita-wanita berhijab yang memiliki tubuh gemuk

Wanita-wanita berhijab (Foto: hijabstutorial2014.blogspot.com)

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai tips memilih model hijab yang sesuai dengan wajah bulat, tidak ada salahnya untuk menyimak panduan berikut agar bisa mengetahui bentuk wajah Anda dengan pasti. 

  1. Ukurlah jarak antara tulang pipi kanan dan kiri Anda dari titik tertinggi.
  2. Ukurlah dahi Anda pada bagian yang telebar diantara garis rambut dan alis.
  3. Kemudian ukur pula lebar rahang dari titik rahang yang paling lebar.
  4. Terakhir, ukur mulai dari ujung garis rambut Anda hingga ke bawah pipi.

Catat semua ukuran yang sudah Anda dapatkan, kemudian jadikan ukuran tersebut sebagai poin dalam menentukan bentuk wajah seperti berikut:

  • Apabila ukuran panjang wajah Anda sebanding dengan dengan satu setengah kali lebar wajah, maka wajah Anda dipastikan berbentuk oval.
  • Bagi Anda yang memiliki garis rahang yang sempit namun lebar pada dahi atau tulang pipi, maka wajah Anda berbentuk hati.
  • Untuk wajah yang berbentuk segitiga, bisa diketahui apabila wajah memiliki tulang pipi sempit dan rahang yang lebar, namun memiliki dahi dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi.
  • Sedangkan bagi Anda yang memiliki ukuran panjang dan lebar wajah yang sebanding, berarti Anda memiliki wajah yang bulat.

Apabila teknik pengukuran wajah di atas menunjukkan Anda memilih wajah yang bulat, maka simak informasi mengenai cara memakai hijab untuk wajah bulat berikut:

Hijab Menyatu di Dagu

Model hijab seperti ini penggunaannya sangatlah mudah. Cukup dengan membentuk scraf menjadi dua sisi yang sama besar.

Untuk bagian luar, bentuk scraf dengan lebar sekitar 10 cm, hal ini bertujuan agar scraf tidak terlalu menonjol di luar hijab.

Menyatu dengan dagu

Menyatu dengan dagu

Letakkan scraf secara simetris di atas ciput, kemudian satukan kedua sisinya di bawah dagu lalu kaitkan dengan jarum pentul.

Hijab Menyatu di Tengkuk

Cara memakai hijab untuk wajah bulat selanjutnya adalah dengan model di tengkuk. Caranya dengan meletakkan scraf di atas ciput secara simetris.

Kemudian tarik bagian ujung jilbab yang kiri ke kanan, lalu lingkarkan menuju bagian belakang tengkuk dan ikat. Lingkarkan ujung jilbab lain yang sudah diikat, kemudian silangkan ke depan leher. Setelah itu, lilitkan ujung jilbab ke tepi scraf di bawah kuping dengan jarum pentul.

Anda bisa menggunakan jarum pentul dengan aksesoris yang memang didesain khusus untuk jilbab modern.

Hijab Turki

Model hijab turki bisa dijadikan alternatif lain untuk wajah yang bulat. Model ini memiliki ciri khas pada bagian atasnya yang tidak menempel dengan dagu. Bagian sampingnya sendiri didesain lebih ke depan yang akan menghasilkan kesan pipi terlihat menjadi lebih tirus.

Hijab turki

Hijab Turki (foto: www.fashionhijabstyles.com)

***

Cukup mudah bukan?

Bagi Anda yang sering merasa kurang nyaman dalam berhijab, sebaiknya pilih kain dengan bahan dasar yang lembut. Selain itu, hindari pula penggunaan hijab yang terlalu menumpuk kain, karena hanya akan menghabiskan waktu Anda saat akan memakainya.

Semoga informasi mengenai cara memakai hijab untuk wajah bulat bisa bermanfaat bagi Anda.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment