≡ Menu

Cara Memperbaiki Rambut Kusam, Do dan Don’t yang Harus Anda Ketahui

Rambut adalah bagian tubuh yang juga harus diberikan perhatian serta perawatan yang intensif. Namun terkadang dalam melakukan perawatan rambut terjadi kesalahan-kesalahan kecil sehingga mengakibatkan rambut menjadi kering dan kusam. Hal ini tentu saja akan berdampak besar pada penampilan Anda secara keseluruhan.

Masalah seperti rambut yang kusam bukanlah sesuatu yang begitu rumit, karena rambut yang kusam bisa diperbaiki hanya dengan merubah pola hidup yang sering dilakukan. Perubahan kecil terhadap gaya hidup Anda akan membuat rambut memiliki keindahannya kembali.

Bagi Anda yang memiliki masalah rambut yang kusam, Anda tidak perlu khawatir lagi karena kali ini kami akan mengulas mengenai cara memperbaiki rambut kusam.

Jangan Keramas Setiap Hari

Keramas

Hindarilah kebiasaan untuk keramas setiap hari, karena kebiasaan ini justru akan menimbulkan masalah baru pada rambut Anda. Penggunaan shampo secarah berlebihan dapat menjadi pemicu utama rambut menjadi kering dan kusam. Apalagi jika ditambah dengan menggosok-gosok kulit kepala terlalu keras.

Beri sedikit interval hari dalam melakukan keramas, paling tidak sekali dalam 2 hari. Saat melakukan keramas, menggosok kulit kepala adalah hal yang salah, tapi berikanlah pijatan ringan pada kepala agar peredaran darah pada kepala bisa menjadi lebih lancar.

Kurangi Pergi ke Salon

Gaya hidup yang memberikan tuntutan kepada para wanita untuk rutin ke salon merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kekusaman pada rambut.

Perawatan yang dilakukan di salon seperti blow dryer, kriting, hingga penggunan sasak secara intensif dan berlebihan sebaiknya dikurangi. Perawatan berlebihan seperti ini justru akan membuat rambut menjadi panas sehingga rambut menjadi cepat kering, hal inilah yang akan membuat rambut menjadi tampak sangat kusam.

Jangan Bilas Rambut dengan Air Panas

hindari air hangat

Kebiasaan mandi menggunakan air hangat setelah melakukan aktivitas yang padat memang dapat memberikan kesegaran pada tubuh. Namun ternyata kebiasaan ini justru dapat merusak kesehatan rambut ketika air panas digunakan untuk membilas rambut, sehingga rambut akan menjadi kering dan kusam. Oleh karena itu, mulailah kebiasaan membilas rambut dengan menggunakan air dingin.

Jangan Ikat Rambut Ketika Tidur

Bagi sebagian orang, mengikat rambut sering dilakukan sebelum tidur agar bisa tidur lebih nyaman tanpa terganggu dengan rambut. Namun ini adalah kebiasaan buruk karena justru bisa menjadikan rambut menjadi kering dan kusam.

Hal ini makin diperparah apabila Anda sudah mengikat rambut seharian saat beraktifitas. Oleh karena itu, kebiasaan untuk melepas ikatan rambut saat akan tidur adalah cara memperbaiki rambut kusam yang sangat mudah untuk dilakukan.

Memberi Nutrisi Pada Rambut

nutrisi rambut

Rambut juga memerlukan nutrisi yang tepat agar bisa tumbuh secara sempurna. Oleh karena itu, biasakanlah untuk memberikan pijatan pada kulit kepala dengan menggunakan minyak zaitun. Cara ini bisa Anda lakukan sekitar 30 menit sebelum keramas. Selain minyak zaitun, Anda juga bisa mencoba menggunakan madu sebagai bahan untuk melembapkan rambut.

Anda juga bisa memberikan nutrisi pada rambut dengan menggunakan buah alpukat. Cara ini bisa dilakukan dengan mengkombinasikan buah alpukat dengan santan, kemudian aduk hingga menghasilkan adonan yang mengental. Oleskan adonan ini secara langsung dan merata pada kulit kepala.

**

Cara memperbaiki rambut kusam di atas sudah sering diterapkan oleh banyak orang dan terbukti efektif. Memperbaiki rambut yang kusam bukanlah hal yang sulit, Anda hanya perlu merubah gaya hidup dan kebiasaan Anda. Oleh karena itu, biasakanlah untuk melakukan hal-hal kecil di atas agar Anda bisa mendapatkan rambut yang sehat dan indah.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment