≡ Menu

5 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Agar Menjadi Pria Idaman

Secara umum, mendidik anak laki-laki tidaklah jauh berbeda dengan anak perempuan, hanya saja ada beberapa perlakuan khusus yang memang harus diberikan kepada anak laki-laki.

Hal ini tidak terlepas dari sang anak yang kelak akan membina rumah tangga dan menjadi pemimpin di dalam keluarganya sendiri.

Cara Mendidik Anak Laki-Laki

Cara Mendidik Anak Laki-Laki – Ketegasan orang tua sangat dibutuhkan dalam mendidik anak laki-laki. Meski demikian, jangan sampai mengekang, karena anak laki-laki cenderung memberontak saat ia berada pada situasi yang tertekan.

Biarkan ia menjalankan perannya, sehingga ia bisa bertanggung jawab terhadap semua yang ia lakukan. Namun saat ia melakukan sebuah kesalahan, maka jangan ragu untuk menegurnya.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan dalam mendidik anak laki-laki:

Baca juga:

Ayah Sebagai Panutan

Untuk seorang anak laki-laki, tentu ada sosok pria dewasa yang biasanya ia jadikan panutan, contoh, atau idola di dalam kehidupannya. Idealnya, Ayah merupakan sosok yang sangat pas untuk dijadikan sebagai panutan.

cara mendidik anak laki-laki

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban dari sang Ayah untuk memberikan perhatian, kasih sayang, dan dukungan kepada anak laki-lakinya.

Sang ayah harus memberikan contoh bagaimana seorang laki-laki itu harus bersikap dalam mengambil sebuah keputusan. Kelak, hal ini akan ia tiru kemudian ia serap menjadi sebuah karakter.

Apabila sosok Ayah ini ternyata tidak ada di dalam keluarganya, maka perannya bisa digantikan oleh pria dewasa lainnya seperti paman, kakek, atau kakak laki-laki.

Menjalin Kedekatan Emosional

Umumnya, anak laki-laki cenderung tumbuh besar menjadi pribadi yang cuek. Untuk itu, sebisa mungkin jalin kedekatan dengannya sejak dini. Sediakan waktu Anda dan berikan kasih sayang serta perhatian yang penuh kepadanya.

cara mendidik anak laki-laki

Anda harus selalu siap untuk menjadi orang tua yang baik baginya. Dengan demikian, saat ia memiliki masalah di luar rumah, maka ia sudah tahu dengan siapa ia harus membagi masalahnya tersebut.

Biarkan ia menyadari bahwa rumah merupakan tempat yang sangat nyaman baginya, bukannya berlari ke jalanan.

Mengajarkan Kemandirian

Cara mendidik anak laki-laki selanjutnya adalah dengan menanamkan prinsip-prinsip dasar kemandirian.

cara mendidik anak laki-laki

Bagaimanapun juga, anak laki-laki itu memang harus mandiri dan tidak selalu bergantung kepada orang tuanya. Berikan pemahaman bahwa keberadaan harta dari orang tua hanyalah sebatas fasilitas dan sebaiknya dipergunakan secara bijaksana.

Biarkan anak laki-laki Anda bisa bertanggung jawab terhadap apa yang ia lakukan. Anda mungkin bisa saja membantu, namun jangan terlalu sering melakukan hal ini. Jangan biarkan ia selalu bergantung kepada Anda.

Saat hasil yang ia capai itu ternyata tidak memuaskan, beri penjelasan bahwa ia harus menerima hal tersebut. Dengan demikian, ia akan paham arti dari tanggung jawab dan kemandirian.

Mengajarkan Hormat Pada Perempuan

Sebagai seorang Ayah, tunjukkan kepada anak laki-laki Anda bagaimana caranya memberikan rasa hormat kepada perempuan.

Hal ini sendiri bisa Anda lakukan dengan menunjukkan rasa sayang kepada ibunya. Tunjukkan bagaimana Anda sangat sayang dan selalu menyempatkan waktu untuk membantu ibunya.

Saat Anda bisa memperlakukan ibunya dengan baik, maka dengan sendirinya ia akan tumbuh menjadi pria yang juga bisa hormat dan menyayangi perempuan.

Ia Adalah “Milik” Orang Tuanya

Dalam konteks budaya Timur, perlu dipahami bahwa ada perbedaan antara anak perempuan dan laki-laki setelah menikah. Bagi anak perempuan, ia akan menjadi “milik” dari suaminya setelah menikah.

Namun hal ini tidak berlaku bagi pria setelah menikah. Ia tetap harus mendahulukan orang tuanya dibanding dengan istrinya. Ini adalah tugas Anda sebagai orang tua untuk selalu mengingatkan sang anak.

***

Mendidik anak laki-laki merupakan hal yang sangat krusial mengingat kelak ia akan menjadi pemimpin di lingkungan keluarga ataupun lingkungan sosialnya.

Adapun cara mendidik anak laki-laki yang kami berikan ini hanya bersifat referensi saja, karena semuanya tergantung terhadap aspek kultural dan kondisi dari keluarga Anda.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment