≡ Menu

Cara Mendidik Anak Perempuan Idaman Semua Orang Tua

Memiliki seorang anak jelas menjadi sebuah kebahagiaan bagi pasangan suami istri. Namun bukanlah sebuah hal yang mudah dalam mendidik anak, terlebih lagi jika ia adalah anak perempuan. Pergaulan serta globalisasi saat ini membuat orang tua menghadapi tantangan yang sangat luar biasa dalam mendidik anak perempuannya.

Cara Mendidik Anak Perempuan

Cara Mendidik Anak Perempuan – Perempuan terlahir sebagai sosok yang cukup kompleks, mudah tersentuh, dan lemah lembut. Hal inilah yang terkadang membuat orang tua mengalami dilema saat mendidik anak perempuannya, terlebih dari pihak sang Ayah.

Bagaimanapun juga, anak perempuan Anda kelak akan menjadi seorang isteri dan ibu bagi anak-anaknya. Itulah mengapa Anda wajib menanamkan nilai-nilai feminitas sejak dini agar kelak ia bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba dalam mendidik anak perempuan:

Baca juga: Tips Menjadi Orang Tua Tunggal “Single Parent” Hebat

Mengajarkan Kelembutan

Perasaan peka yang dimiliki oleh anak perempuan akan membuatnya lebih cenderung melakukan hal-hal yang lembut. Untuk itu, ajarkanlah anak Anda untuk terbiasa melakukan hal-hal yang memang bersifat perempuan.

cara mendidik anak perempuan

(Foto: www.pianetamamma.it)

Jangan sampai ia terlalu banyak melakukan kegiatan-kegiatan fisik yang berat, karena berpotensi menghilangkan sikap feminimnya. Selain itu, anak perempuan juga sangat senang dipuji ataupun diberikan penghargaan terhadap apa yang ia lakukan.

Maka dari itu, berikanlah pujian kepada anak Anda jika ia sudah melakukan hal-hal terpuji. Hal ini sudah sangat cukup untuk menunjukkan betapa lembutnya Anda kepada dirinya.

Menjaga Kecantikan

Cara mendidik anak perempuan selanjutnya adalah dengan mengajarkan ia untuk menjaga dan menghargai kecantikannya.

cara mendidik anak perempuan

(Foto: http://youth-health.gr)

Dalam hal ini, Anda tidak hanya mengajarkan bagaimana cara untuk berdandan saja, namun ajarkan bagaimana ia bisa melindungi kecantikan dan kemaluannya.

Setiap anak perempuan harus paham bahwa dirinya sangatlah berharga, terutama aurat mereka. Hal ini mungkin terkesan terlalu dini untuk diajarkan, namun inilah satu-satunya kesempatan terbaik yang Anda miliki.

Pasalnya, jika ia sudah beranjak dewasa, maka akan semakin sulit untuk menanamkan pemikiran seperti ini.

Mengajarkan Urusan Rumah Tangga

Selain untuk memudahkan pekerjaan Ibunya, anak perempuan juga wajib dibekali dengan kemampuan mengurus rumah tangga karena kelak ia akan menjadi seorang ibu.

cara mendidik anak perempuan

(Foto: www.krasnoludkihop.pl)

Perempuan yang pintar dalam mengurus rumah tangga tentu akan mendapatkan nilai tambah tersendiri di mata suami dan mertuanya. Untuk itu, jangan terlalu memanjakan anak perempuan Anda.

Ajari ia untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan, seperti menyapu, mencuci piring, atau menyiapkan makanan. Jika usianya sudah cukup, maka ajarkanlah ia hal-hal yang lebih berat seperti memasak dan mencuci.

Mengajarkan Cinta Kasih

Cara mendidik anak perempuan yang juga tidak boleh dilewatkan adalah dengan mengajarkan cinta kasih. Jangan sampai anak perempuan Anda tumbuh besar selayaknya anak laki-laki.

cara mendidik anak perempuan

(Foto: https://id.theasianparent.com)

Di sinilah peran dari seorang Ibu menjadi sangat dibutuhkan. Sebagai seorang Ibu, Anda wajib menunjukkan seperti apa caranya dalam mengurus dan menyayangi keluarga.

Cinta kasih yang Anda berikan kepada sang anak secara otomatis akan ia ingat dan kemudian ia terapkan ke dalam kesehariannya. Hal ini diharapkan bisa membantunya saat sudah memiliki keluarga kelak.

Mengembangkan Keterampilan

Pada dasarnya, mengajarkan keterampilan itu tidak hanya untuk anak laki-laki saja, karena anak perempuan juga wajib memiliki keterampilan.

Membekali sang anak dengan keterampilan sejak dini akan membuatnya lebih siap saat dihadapkan pada sebuah masalah. Selain itu, hal ini juga akan membuat tingkat ketergantungannya pada orang tua bisa lebih diminimalkan.

Ajarkan Kemandirian

Sekalipun ia adalah anak perempuan, Anda tetap wajib untuk mengajarkan nilai-nilai kemandirian. Pasalnya, tidak ada yang menjamin apakah saat sudah menikah nanti ia bisa terus hidup bersama suaminya atau tidak.

Di luar sana, ada banyak pasangan suami istri yang tidak bisa tinggal bersama karena berbagai alasan, salah satunya adalah karena urusan pekerjaan.

Nah, jika hal ini ternyata kelak terjadi kepada anak Anda, maka ia tidak akan mengalami masalah karena ia sudah terbiasa hidup mandiri.

***

Secara umum, kunci utama dalam mendidik anak perempuan adalah menanamkan kelembutan, cinta kasih, dan juga rasa sayang terhadap dirinya sendiri. Jika hal-hal dasar seperti ini bisa ia miliki sejak dini, maka ia akan tumbuh menjadi seorang perempuan yang utuh.

Adapun cara mendidik anak perempuan di atas hanya bersifat referensi saja, karena semuanya tergantung pada tradisi serta kondisi keluarga Anda. Intinya, bijaklah dalam mendidik anak Anda.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment