≡ Menu

Sembilat Kiat dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para orang tua adalah anak yang susah makan. Masalah ini sangat sering dialami oleh para ibu, bahkan bisa berujung pada rasa frustasi.

Hal ini sangatlah wajar mengingat para ibu merasa sangat khawatir mengenai kecukupan gizi buah hatinya. Penyebab seorang anak susah makan bisa dikarenakan adanya gangguan secara fisik dan psikis.

Baca juga: Tips Membangun Komunikasi dengan Sang Anak Tercinta

Dari sisi fisik, adanya gangguan atau infeksi pada organ pencernaan bisa membuat anak kehilangan selera makan. Sementara dari faktor psikis, lebih pada gangguan psikologis yang dialami oleh anak.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Biasanya, gangguan psikologis ini muncul jika suasana makan kurang menyenangkan, anak dipaksa makan makanan yang tidak disukai, anak jarang makan bersama orang tua, ataupun karena adanya masalah atau konflik di dalam rumah tangga.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak Cengeng Menjadi Lebih Tenang

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Jika saat ini anak Anda ternyata sedang susah untuk makan, maka ada beberapa hal kecil yang bisa Anda terapkan agar selera makannya bisa tergugah kembali. Apa sajakah itu? Silahkan disimak:

Porsi Kecil

Satu hal yang perlu dicatat bahwa buah hati Anda memiliki lambung yang kecil sehingga ia belum bisa menampung makanan yang banyak.

Berikan porsi makanan yang tidak berlebihan

Berikan porsi makanan yang tidak berlebihan

Maka dari itu, berikanlah ia makanan sedikit demi sedikit dan jangan terlalu terobsesi agar sang anak menghabiskan semua makanannya.

Variasi Makanan

Ada baiknya jika Anda menyajikan berbagai menu makanan, kemudian biarkan sang anak memilih jenis makanan apa yang ia sukai. Dengan demikian, hasrat makannya akan muncul dengan sendirinya tanpa adanya rasa tertekan untuk makan.

Sajikan makanan dengan Menarik

Sajikan makanan dengan Menarik

Sajikan dengan Menarik

Setelah Anda menyajikan banyak pilihan makanan, maka kini saatnya untuk membuat tampilannya lebih menggugah selera anak. Sebagai contoh, Anda bisa membuat nasi goreng dengan menggunakan cetakan boneka atau binatang. Hal ini akan membuat suasana makanan terasa lebih menyenangkan bagi si buah hati.

Jadikan Suasana Makan Menyenangkan

Sebisa mungkin hindari untuk mengancam, menakut-nakuti, apalagi sampai menghukum jika sang anak tidak ingin makan.

Memasukkan anak ke dalam situasi seperti ini hanya akan membuatnya berpikir bahwa makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Bahkan bisa saja hal ini akan menimbulkan trauma psikologis bagi si buah hati. Untuk itu, buatlah suasana makan terasa lebih menyenangkan bagi sang anak.

Makan Teratur

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah dengan mengatur jadwal makan secara lebih teratur. Hal ini bertujuan agar si kecil bisa terbiasa dengan waktu makannya.

Baca juga: Kiat Orang Tua Bagaimana Melatih Anak untuk Mandiri

Usahakan agar waktu makan ini bisa teratur layaknya waktu untuk mandi, tidur, dan sebagainya. Selain membuatnya lebih mudah makan, hal ini juga bertujuan untuk melatih anak agar bisa lebih disiplin.

Berikan cemilan yang sehat

Berikan cemilan yang sehat

Cemilan Sehat

Saat anak sudah bisa berjalan, umumnya ia akan terus melakukan eksplorasi dengan lingkungannya, apalagi jika sudah memasuki usia 2 tahun.

Hal ini akan membuat ia susah untuk duduk dan makan dengan tenang. Karena itu, berikanlah ia cemilan sehat yang berporsi kecil tapi lebih beragam. Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan donat tabur keju, daging cincang, atau bola-bola kentang.

Jangan Memaksa

Hindari memaksa anak Anda untuk makan. Sebaliknya, rayulah ia dengan semanis mungkin dan buat suasana hatinya lebih tenang. Saat selera makannya sudah bangkit, maka segera berikan makanan. Selain itu, minimalkan gangguan saat ia makan seperti siaran televisi dan mainan.

Melibatkan Anak

Tidak ada salahnya untuk melibatkan anak dalam aktivitas menghidangkan makanan. Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil seperti memintanya untuk mengambilkan sayur atau buah maupun menyiapkan peralatan makan. Anda juga dituntut agar bisa memberikan contoh pada anak mengenai pola makan yang benar.

Berikan Pujian

Saat sang anak bisa menghabiskan seluruh makanannya, maka jangan ragu untuk memujinya, sekalipun hal ini tergolong sesuatu yang kecil. Tapi tanpa disadari, pujian ini akan membuatnya merasa lebih dihargai dan termotivasi untuk lebih sering menghabiskan makanannya.

***

Sebagai orang tua, kita tentu berharap agar kebutuhan gizi sang anak bisa terpenuhi sehingga ia bisa tumbuh dengan optimal. Nah, semoga dengan menerapkan beberapa cara mengatasi anak susah makan di atas, Anda bisa memiliki anak yang sehat dan cerdas.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment