≡ Menu

Cara Manjur Menyembuhkan Flu atau Pilek dengan Cepat

Flu merupakan penyakit musiman yang sangat mengganggu aktivitas. Hal ini semakin diperparah dengan cuaca yang kadang tidak menentu. Selain itu, flu juga sangat mudah menular, sehingga orang yang ada di sekitar kita bisa ikut mengalaminya.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi flu dengan cepat. Selain membantu kita agar bisa kembali beraktifitas, juga menghindarkan orang-orang yang kita sayangi dari penyakit flu itu sendiri.

Cara Mengatasi Flu dengan Cepat

Influenza (Flu) adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini diantaranya yaitu badan menggigil, demam, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, sakit kepala terasa berat, batuk-batuk, kelelahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Nah, setelah kita mengeahui apa saja hal yang dapat menyebabkan flu, sekarang waktunya berbagi tips seputar bagaiamana cara mengatasi flu atau pilek. Berikut beberapa cara alami yang bisa kamu coba praktekkan saat terkena flu:

Baca juga: Cara Efektif Mengobati Flu Berat pada Orang Dewasa dan Anak

Konsumsi Sayur dan Buah

cara mengatasi flu dengan cepat

Mengkonsumsi Buah dan Sayuran
© Vitaly Valua/depositphotos.com

Saat flu, kondisi tubuh secara otomatis akan menurun, sehingga dibutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih agar kondisi tubuh bisa kembali seperti semula. Dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah, maka sistem kekebalan tubuh kita bisa lebih kuat.

Beristirahat Total

cara mengatasi flu dengan cepat

Mengistirahatkan Tubuh Secara Total
© Sean Prior/depositphotos.com

Dikarenakan flu menyerang sistem kekebalan tubuh, maka kamu harus mengembalikannya dengan mengistirahatkan tubuh secara total. Agar lebih optimal, jaga suhu tubuhmu agar tetap hangat dengan menggunakan selimut dan mengoleskan minyak kayu putih.

Menghembuskan Angin Lewat Lubang Hidung

Salah satu hal yang menyiksa saat flu adalah hidung yang tersumbat. Ketika hal ini terjadi, ada baiknya jika kamu menutup satu lubang hidung kemudian hembuskan nafas secara kuat menggunakan lubang hidung yang satunya.

Lakukan hal ini secara bergantian hingga lendir yang menyumbat hidung keluar. Namun lakukan secara hati-hati karena hembusan yang terlalu kuat justru bisa menyakiti hidung.

Berkumur

Selain mengganggu saluran pernafasan, flu juga akan menyiksa tenggorokan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, kencur, atau cuka apel. Berkumurlah dengan ramuan ini sebanyak empat kali sehari, maka tenggorokan kamu bisa terasa lebih ringan.

Konsumsi Minuman Hangat

Cara mengatasi flu dengan cepat selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi minuman hangat. Apalagi saat flu tubuh akan mengeluarkan banyak cairan melalui ludah, ingus, dan juga keringat sehingga dibutuhkan asupan cairan yang lebih.

cara mengatasi flu dengan cepat

Mengkonsumsi Minuman Hangat
(Foto: www.nuansapagi.com)

Selain memenuhi asupan cairan, minuman hangat juga bisa membantu untuk mengatasi hidung tersumbat dan melegakan radang tenggorokan. Kamu bisa juga memanfaatkan uap dari minuman hangat untuk mengencerkan lendir.

Terapi Uap Tradisional

Taruh air panas ke dalam wadah, lalu tutupi kepala kamu dengan menggunakan handuk. Setelah itu, tempatkan wajahmu di atas wadah tersebut dan biarkan uapnya mengenai wajahmu. Kamu bisa juga menambahkan rempah-rempah ke dalam air tersebut seperti jahe, kunyit, atau minyak kayu putih.

Aroma Mentol

Gunakan balsem atau minyak kayu putih beraroma mentol pada area sekitar lubang hidung. Meskipun cara ini menimbulkan efek panas, namun hidung kamu yang tersumbat bisa lebih cepat lega. Selain itu, aroma mentol juga bisa mencegah terjadinya iritasi pada sekitar lubang hidung.

Aroma Bawang

Saat terserang flu, kamu bisa memanfaatkan bawang sebagai obat tradisional. Hal ini sangat dimungkinkan karena aromanya bisa menjadi katalis sehingga hidung menjadi lebih bersih. Cukup sediakan 1 siung bawang, kemudian hiruplah aromanya sekitar lima menit.

Tinggikan Bantal

Saat tidur, ada baiknya jika kamu memposisikan kepala lebih tinggi dari dada agar pembentukan lendir bisa lebih diminimalisir. Untuk itu, tinggikan bantalmu dan tidur dengan posisi wajah yang menghadap ke langit-langit.

Konsumsi Cabai

cara mengatasi flu dengan cepat

Mengkonsumsi Makanan yang Memiliki Kandungan Cabai
© Sergey Pristyazhnyuk/depositphotos.com

Cabai memiliki senyawa kimia bernama capsaicin yang terbukti bisa membersihkan rongga hidung. Saat terserang flu, kamu bisa mengkonsumsi sup yang ditaburi cabai atau konsumsi makanan yang memiliki kandungan cabai.

***

Dibanding mengeluarkan biaya yang besar, ada baiknya jika kamu mencoba beberapa cara mengatasi flu dengan cepat yang kami berikan di atas. Semoga hal ini bisa menjadi metode alternatif bagi kamu yang terserang flu.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment