≡ Menu

Cara Mengatasi Pengelupasan Kulit Kepala, Lakukan Sebelum Terlambat

Masalah pada kulit bisa terjadi pada bagian mana saja, termasuk pada kulit kepala. Kulit kepala yang terkelupas biasanya akan terasa sangat kering dan sering menimbulkan rasa yang teramat gatal. Sebenarnya masalah ini diakibatkan karena kulit kepala mengalami dehidrasi karena terjadi kesalahan dalam merawat kulit kepala.

Selain faktor kesalahan dalam merawat rambut dan kulit kepala, kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan terjadinya pengelupasan pada kulit kepala. Dalam kondisi tertentu, kulit kepala bisa terkelupas karena disebabkan oleh ketombe, psoriasi kulit kepala, dan penyakit eksim.

Beragam penyebab pengelupasan kulit kepala bisa diketahui berdasarkan ciri-ciri yang ditimbulkan. Apabila kulit kepala anda terasa gatal karena ketombe, berarti kulit kepala anda dalam kondisi yang sangat berminyak.

Namun jika ketombe yang muncul dalam jumlah banyak dan menimbulkan rasa gatal yang sangat intens, maka hal ini disebabkan karena gangguan eksim sehingga kulit menjadi riritasi dan bisa menyebabkan peradangan. Sementara psoriasis pada kulit kepala bisa dikenali dengan munculnya rasa gatal yang disertai dengan serpihan kulit yang berwarna keperakan.

Mengatasi Pengelupasan Kulit Kepala

Terlepas dari beragamnya penyebab pengelupasan kulit kepala, masalah ini harus mendapatkan perhatian khusus. Jika hal ini dibiarkan terus terjadi, maka bisa memicu munculnya berbagai macam permasalahan pada kulit kepala dan juga rambut.
Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi pengelupasan kulit kepala yang dapat anda coba.

Hidrasi Kulit

Dehidrasi Kulit

Dehidrasi Kulit

Pada umumnya, pengelupasan kulit kepala sering disebabkan karena kulit mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, minumlah minimal 2 liter air setiap harinya untuk menjaga hidrasi kulit. Selain untuk menjaga suhu kulit tetap stabil, hal ini juga berfungsi untuk menetralisir racun pada tubuh dengan membuangnya melalui urin atau keringat.

Anda juga bisa menjaga hidrasi kulit dengan meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung zinc seperti ikan dan kacang-kacangan. Konsumsi vitamin B juga dibutuhkan untuk mencegah ketombe serta membantu meringankan terjadinya pengelupasan kulit. Vitamin B bisa anda dapatkan pada jenis makanan seperti alpukat, ikan tuna, dan kalkun.

Pemiijatan Kulit Kepala

Pijat Kepala

Pijat Kepala

Rutin melakukan pemijatan pada kulit kepala akan memperlancar aliran darah ke kulit kepala. Selain itu, pemijatan juga dapat berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat sehingga minyak alami kulit bisa dilepas secara normal.

Rutin Mencuci Rambut

Mencuci Rambut

Mencuci Rambut

Cara mengatasi pengelupasan kulit kepala selanjutnya adalah dengan rutin mencuci rambut paling tidak 2 kali seminggu. Gunakanlah shampo yang memang dirancang untuk menghilangkan ketombe. Anda bisa mencoba untuk membilas rambut dengan menggunakan campuran dari secangkir air hangat dan 2 sdm cuka putih.

Gunakan Shampo Yang Tepat

shampo anti ketombe

shampo anti ketombe

Kulit kepala yang terkelupas pada dasarnya disebabkan oleh ketombe, oleh karena itu langkah awal yang harus dilakukan adalah menghilangkan ketombe. Namun hati-hati dalam menggunakan shampo anti ketombe, karena justru bisa membuat ketombe semakin menyebar. Gunakanlah shampo anti ketombe yang memiliki kandungan seperti asam salisilat, zinc pyrithione, selenium sulfida, tar, atau ketoconazole.

Gunakan Kondisioner

Gunakan Kondisioner

Gunakan Kondisioner

Kondisi kulit kepala yang kering sangat rentan untuk mengalami pengelupasan kulit, oleh karena itu diperlukan pelembab khusus untuk kulit kepala. Anda bisa melembapkan kulit kepala dengan menggunakan kondisioner yang mengandung minyak tea tree. Minyak tea tree berfungsi efektif untuk melawan infeksi bakteri dan jamur yang sering memicu munculnya ketombe.

**

Selain cara-cara di atas, disarankan untuk melindungi kepala dari sinar matahari langsung dengan menggunakan penutup kepala seperti payung atau topi.

Demikianlah sejumlah cara mengatasi pengelupasan kulit kepala yang bisa anda terapkan.

{ 1 comment… add one }
  • sammy Monday, 2 May 2016, 09:18

    cara ngilangin kulit kepala yang kering??

Leave a Comment