≡ Menu

Inilah 5 Cara Mengatasi Penyakit Ginjal Tanpa Harus Melakukan Operasi

Suatu kondisi material keras berbentuk batu yang terbentuk di dalam ginjal, bisa jadi penyakit ginjal atau nefrolitiasis tengah berada pada tubuh seseorang.

Batu ginjal tersebut berasal dari bentukan sisa zat-zat limbah yang terdapat di dalam darah. Ketika proses penyaringan dilakukan organ ginjal maka secara tidak langsung akan mengendap, kemudian barulah mengkristal seiring berjalannya waktu.

Mengatasi Penyakit Ginjal – Pada umumnya gejala ginjal baru terasa saat batu berukuran lebih besar di bagian saluran ureter. Dimana batu yang besar menyebabkan iritasi dan luka akibat gesekan dengan lapisan dinding ureter.

Hal ini biasa terjadi karena tubuh sering kekurangan cairan tubuh, sehingga ginjal tak mampu melarutkan dan membuang garam kalsium. Adapun cara terbaik untuk mengatasi penyakit ginjal tanpa harus melakukan operasi adalah seperti di bagian berikut.

Baca juga:

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal Tanpa Operasi

Mengonsumsi Buah Semangka

Siapa sangka buah semangka bermanfaat baik bagi pengidap penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada semangka dapat menghancurkan batu ginjal.

mengatasi penyakit ginjal

Mengonsumsi Buah Semangka

Selain buah semangka, melon juga merupakan kategori buah yang mampu menghilangkan batu ginjal. Pasalnya melon masih satu keluarga dekat dengan buah semangka. Untuk itu, konsumsi buah semangka secara rutin bisa dimakan secara langsung atau dibuat jus dahulu.

Mengonsumsi Jus Lemon dan Minyak Zaitun

mengatasi penyakit ginjal

Mengonsumsi Jus Lemon dan minyak zaitun dalam takaran yang seimbang

Saat kita memadukan antara jus lemon dan minyak zaitun maka cara ini sangat efektif dalam proses penghancuran batu ginjal. Cara yang dilakukan juga tidak begitu merepotkan, Anda hanya tinggal mencampurkan kedua bahan tersebut dengan takaran yang seimbang.

Setidaknya diaduk hingga benar-benar merata. Setelah itu, dikonsumsi secara rutin minimal 2 kali dalam setiap harinya hingga batu ginjal sembuh.

Memperbanyak Minum Air Putih

Seperti yang kita ketahui bahwa batu ginjal disebabkan oleh tubuh kekurangan cairan sehingga mengalami dehidrasi. Bisa dikatakan solusi yang paling tepat adalah minum air putih yang banyak.

mengatasi penyakit ginjal

Mengonsumsi 8 gelas air putih mineral setiap hari
© Dmitriy Shironosov/depositphotos.com

Cukup mengonsumsi 8 gelas air putih mineral pada setiap hari agar saluran urine tepat bersih, sehat dan terjaga dengan baik. Selain itu, dengan banyak minum ai putih dalam jumlah berlebih, maka dapat melarutkan racun penyebab dari batu ginjal.

Mengurangi Asupan Oksalat

Tahukah Anda mengenai oksalat? Yups, ada kalanya penderita batu ginjal membatasi asupan oksalat. Hal ini tentu saja oksalat merupakan zat yang menyebabkan penyakit batu ginjal.

Ada beberapa sayuran hijau seperti bayam yang kaya akan kandungan oksalat. Apalagi jika bayam tersebut dimasak maka terbukti jelas jika bayam mengandung oksalat.

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Mungkin semua orang tahu bahwa olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan tubuh. Olahraga sendiri memang mempunyai sejuta manfaat bagi jiwa dan raga seseorang.

mengatasi penyakit ginjal

Melakukan Olahraga Secara Rutin Minimal 3x Seminggu

Namun, sebaiknya melakukan olahraga secara teratur yakni 3 kali dalam satu minggu. Terlebih bagi anda yang mengidap penyakit batu ginjal sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Dari beberapa cara tersebut, cobalah Anda mengonsumsi obat herbal dalam mengatasi penyakit ginjal. Pengobatan herbal seperti bunga dandelion atau buchu terbilang mampu mengobati batu ginjal secara alami tanpa operasi.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment