≡ Menu

Cara Mengatasi Penyakit Maag dengan Metode Alami

Cara Mengatasi Penyakit Maag ini masih berhubungan dengan tulisan sebelumnya tentang pengobatan asam lambung dengan bawang putih.

Penyakit maag atau bisa juga disebut sebagai radang lambung merupakan kondisi yang menimbulkan rasa perih dan kembung pada bagian lambung. Hal ini bisa terjadi karena adanya peradangan, luka, atau dikarenakan naiknya produksi dari asam lambung.

Lima Cara Mengatasi Penyakit Maag

Penyakit maag itu sendiri bisa dibagi menjadi dua, yaitu penyakit maag yang akut dan yang sudah dalam tahap kronis.

Untuk penyakit maag akut, terjadi karena adanya inflamasi atau dikarenakan reaksi yang dihasilkan oleh tubuh terhadap mikroorganisme atau benda-benda asing.

Asam Lambung

Penyakit maag akut biasanya ditandai dengan gejala panas, nyeri, bengkak, dan juga gangguan fungsi organ tubuh lainnya, dan biasanya hanya terbatas pada muklosa saja. Penyakit ini sendiri bisa terjadi tanpa diketahui penyebab yang sebenarnya.

Sementara itu, penyakit maag kronis juga disebabkan oleh inflamasi namun dalam tahap yang kronis terhadap tipe gangguan tertentu. Kondisi ini kemudian menimbulkan gastritis dari tipe yang sangat spesifik, yaitu gastritis kronisa.

Penyakit maag bisa diobati dengan berbagai cara, namun banyak pihak yang lebih menganjurkan untuk menerapkan cara yang alami. Metode ini sendiri dianggap sangat aman karena bahan yang digunakan merupakan bahan yang diperoleh dari alam.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki kemampuan untuk mengatasi sakit maag. Caranya dengan menyiapkan 8-10 lembar daun jambu bji yang masih segar, lalu cuci hingga bersih.

Cara Mengatasi Penyakit Maag dengan Metode Alami

Daun jambu biji © All rights reserved by Atul Tater

Setelah itu, rebus daun jambu biji tersebut ke dalam 1,5 liter air. Setelah mendidih, diamkan air rebusan tersebut lalu minum sebanyak 3 kali sehari.

Temulawak

Temulak termasuk sebagai bahan alami yang selalu ada di dalam setiap ramuan tradisional, khususnya jamu. Namun temulak ternyata juga memiliki khasiat yang sangat positif terhadap penyakit maag.

Temulawak

Temulawak © All rights reserved by jazreen jaafar

Siapkan 1 rimpang temulawak, lalu iris tipis dan angin-anginkan. Setelah itu, rebus temulawak tersebut dengan menggunakan 5-7 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga dingin, lalu saring airnya dan minumlah cukup sekali dalam sehari saja.

Daun Salam

Cara mengatasi penyakit maag selanjutnya adalah dengan menggunakan daun salam.

Daun Salam

Daun Salam © All rights reserved by allfourburners

Siapkan sekitar 15 hingga 20 lembar daun salam, lalu rebus ke dalam setengah liter air. Anda bisa menambahkan gula batu secukupnya agar rasanya bisa sedikit enak.

Pastikan untuk meminum ramuan ini setiap harinya hingga rasa perih pada lambung kamu berangsur-angsur berkurang.

Daun Keji Beling

Umumnya, keji beling lebih sering digunakan oleh masyarakat tradisional sebagai tanaman pagar. Namun ternyata, daun dari tanaman ini bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag.

Daun Keji Beling

Daun Keji Beling © All rights reserved by Nelindah

Caranya dengan menyediakan 3 lembar daun keji beling segar, lalu dikonsumsi langsung sebagai lalapan. Jika kamu melakukan hal ini secara teratur yang diiringi dengan menghindari makanan yang pedas dan asam, maka penyakit maag yang kamu derita akan sembuh secara alami.

Biji Pala

Selain sebagai bumbu masak, banyak juga masyarakat tradisional yang memanfaatkan biji pala untuk mengobati sakit maag.

Biji Pala

Biji Pala © All rights reserved by the-kid-in-me

Caranya dengan menyiapkan 1 gr serbuk biji pala dan 6 gr serbuk buah pisang batu, lalu seduh dengan 100 ml air. Konsumsilah air rebusan tersebut secara rutin.

***

Pada dasarnya, penyakit maag masih bisa disembuhkan, namun tidak bisa secara total.

Meskipun sudah sembuh, penyakit ini bisa saja muncul kembali apabila penderitanya masih mengkonsumsi makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung, seperti makanan yang pedas, asam, ataupun yang mengandung banyak minyak.

Selain itu, terlambat makan atau makan secara berlebih juga bisa memicu munculnya penyakit maag.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi penyakit maag yang menggunakan metode alami. Semoga bisa menjadi alternatif lain bagi kamu yang memiliki masalah pada lambung.

{ 1 comment… add one }
  • Sherly sartika dewi Saturday, 24 September 2016, 18:03

    Terimakasih saran penyembuhan nya… Smoga saya bisa sembuh

Leave a Comment