≡ Menu

Cara Mengatasi Rambut Berminyak untuk Tampil Lebih Percaya Diri

Cara Mengatasi Rambut Berminyak secara alami, kelenjar pada rambut akan memproduksi minyak tertentu yang bertujuan agar kelembapan rambut bisa tetap terjaga. Namun jika produksi minyak ini terjadi secara berlebihan, maka akan membuat rambut menjadi lepek dan mudah kotor.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Agar tidak Berketombe

Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai macam hal, seperti adanya faktor genetik (keturunan), perubahan hormon utamanya saat memasuki fase puberitas, atau dikarenakan faktor lingkungan yang buruk.

Cara mengatasi rambut berminyak

Cara mengatasi rambut berminyak

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Selain dengan menggunakan shampo yang tepat, hal ini bisa juga diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti buah lemon atau strawbery.

Bedak

Gunakan bedak pada rambut Kamu yang berminyak, lalu biarkan selama beberapa menit dan bersihkan rambut dari sisa-sisa bedak tersebut dengan cara disisir. Metode ini terbukti bisa mengurangi produksi minyak dari rambut.

Agar tidak menganggu aktivitas dan merusak penampilan Kamu, sebaiknya lakukan metode ini jika Kamu memang berencana untuk tetap berada di rumah seharian.

Keramas Tanpa Kondisioner

Pada dasarnya, rambut yang berminyak bisa diatasi dengan melakukan keramas secara rutin, minimal sekali dalam 2 hari. Namun sebaiknya hindarilah penggunaan kondisioner karena hanya akan meningkatkan kadar minyak rambut.

Selain itu, pastikan pula agar Kamu mencuci rambut secara bersih, karena sisa-sisa dari shampo pada rambut bisa menimbulkan rasa gatal dan juga menjadikan kulit kepala berminyak.

Shampo yang Tepat

Secara umum, shampo yang dijual di pasaran memiliki fungsi tersendiri seperti untuk rambut berketombe, rambut rontok, rambut yang diwarnai, dan sebagainya.Gunakanlah shampo yang memang ditujukan untuk kulit kepala yang berminyak.

Baca juga: Cara mengatasi pengelupasan kulit kepala

Kamu bisa juga menggunakan shampo anti ketombe karena kemunculan dari ketombe biasanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Namun akan lebih optimal jika Kamu memang menggunakan shampo khusus untuk rambut berminyak.

Pastikan agar shampo yang Kamu gunakan tersebut memiliki kandungan salicylic acid, ketocanozale, atau selenium sulfide. Zat-zat seperti ini memiliki fungsi utama untuk mengontrol produksi minyak pada rambut. Informasi ini bisa Kamu dapatkan dengan memperhatikan label pada bagian belakang shampo.

Lemon dan Strawbery

Cara mengatasi rambut berminyak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah lemon dan strawbery. Hal ini sangat dimungkinkan karena lemon memiliki fungsi untuk menutup pori-pori kulit kepala sehingga bisa mengurangi produksi minyak.

Lemon dan Strawberry

Lemon dan Strawberry

Selain itu, lemon juga bisa menjadikan rambut lebih sehat berkilau. Caranya dengan menyiapkan lemon secukupnya, lalu gosokkan langsung pada kulit kepala Kamu. Selain itu, Kamu bisa juga mencampur air perasan lemon dengan satu gelas air, lalu gunakan untuk membersihkan rambut.

Sementara itu, buah strawberry memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi produksi minyak pada kulit kepala sehingga bisa mengurangi produksinya. Apalagi buah strawbery memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa menjaga kesehatan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat ini, lumatkan strawbery kemudian usapkan pada rambut Kamu. Selain itu, Kamu bisa juga membuat masker rambut dengan mencampur strawbery dengan mayonais, lalau terapkan pada rambut Kamu. Masker ini bertujuan agar rambut Kamu tidak terlalu kering.

Daun Teh Hijau

Cara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan teh. Hal ini sangat dimungkinkan karena adanya kandungan tannic acid di dalam teh yang bisa membantu untuk mengecilkan pori-pori kulit kepala sekaligus membuat rambut menjadi berkilau.

Baca juga: Teh hijau untuk menurunkan berat badan

Caranya dengan menyeduh teh seperti biasa, lalu gunakan teh tersebut ke kulit kepala Kamu dan diamkan selama beberapa saat. Terakhir, bersihkan rambut Kamu dengan menggunakan shampo.

***

Nah, itulah sejumlah cara mengatasi rambut berminyak yang sekiranya bisa membantu Kamu untuk tampil percaya diri dengan rambut yang sehat berkilau.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment