≡ Menu

Berbagai Macam Cara Menghindari dan Mengobati Rambut Rontok

Secara alami, rambut akan mengalami kerontokan sekitar 50 hingga 100 helai setiap harinya. Meskipun demikian, rambut yang tidak sehat akan rentan untuk rontok sehingga membuat volume kehilangan rambut semakin bertambah. Kondisi seperti ini akan membuat rambut menipis secara perlahan-lahan dan pada tingat tertentu akan mengakibatkan kebotakan.

Rambut yang rontok bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari masalah kesehatan pada kulit kepala, pengaruh kondisi tubuh, pengaruh dari konsumsi obat-obatan, kondisi cuaca, hingga masalah genetika. Masalah kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan bukan hanya dialami oleh mereka yang berusia lanjut, namun bisa juga terjadi pada usia dini.

rambut rontok

Penyebab Rambut Rontok

Bagi anda yang mengalami gejala dan potensi kebotakan, mungkin tips agar rambut tidak rontok berikut ini bisa anda terapkan. Namun sebelum membahas cara mengatasi rambut rontok, ada baiknya jika anda mengenal terlebih dahulu penyebab rambut rontok.

Faktor Hormon

Kerontokan rambut bisa dipicu oleh kondisi hormon yang tidak stabil dalam tubuh. Khusus pada wanita, ketika sedang memasuki masa kehamilan, setelah melahirkan, atau pada masa menyusui maka rambut akan rentan untuk mengalami kerontokan. 

Faktor Keturunan

Kondisi dan jenis rambut yang dimiliki seseorang adalah sesuatu yang diturunkan dari orang tua. Jika orang tua memiliki rambut yang tipis, rapuh, dan mudah rontok, maka secara genetika keturunannya juga akan memiliki kondisi rambut yang serupa.

Apabila kerontokan rambut yang anda alami adalah faktor keturunan, segeralah melakukan perawatan dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mampu menyuburkan serta memperkuat rambut.

Faktor Kosmetik dan Gaya Hidup

Kebiasaan menggunakan produk perawatan rambut seperti pewarna rambut, hair dryer, hair spray, atau catok malah berpotensi merusak rambut karena panas yang dihasilkan.

Gaya hidup yang dijalani juga berperan penting dalam menjaga kondisi rambut. Sering mengkonsumsi makanan berminyak dan jarang mengkonsumsi buah dan sayur hanya akan membuat tubuh serta rambut kekurangan nutrisi sehingga rambut mudah menjadi rontok.

Tips Agar Rambut Tidak Rontok

Setelah anda memiliki pengetahuan dasar mengenai penyebab kerontokan pada rambut, saatnya anda mengetahui beberapa tips agar rambut anda tidak rontok dengan memanfaatkan bahan-bahan yang alami.

Lidah Buaya

mengatasi rambut rontok

Ambil sebatang lidah buaya, lalu belah menjadi dua bagian. Keluarkan cairan lendir dalam daun lidah buaya tersebut, kemudian gosokkan cairan tersebut pada kulit kepala anda secara merata.

Tunggu hingga cairan lidah buaya tersebut meresap, lalu bilas hingga bersih. Gunakan lidah buaya secara rutin minimal 2 kali seminggu, maka anda akan memiliki rambut yang sehat serta terbebas dari kerontokan.

Kulit Semangka

Kulit Semangka

Kulit buah semangka juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kerontokan rambut. Caranya sangatlah mudah, ambil bagian kulit semangka lalu gosokkan langsung pada kulit kepala. Diamkan sekitar 20 sampai 30 menit, kemudian bilas. Cara ini cukup anda lakukan seminggu sekali.

Santan Kelapa

santan kelapa

Santan kelapa sudah digunakan sejak jaman dahulu sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan rambut. Cukup dengan mengoleskan santan kepala pada rambut dan kulit kepala secara merata, lalu berikan pijatan ringan hingga dirasa cukup.

Biarkan selama 30 menit hingga santan meresap ke dalam rambut, lalu bilas dengan air hangat dan lakukan keramas. Anda bisa melakukan cari ini minimal 2 kali dalam seminggu.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment