≡ Menu

Cara Mengecilkan Bokong agar Terlihat Jauh Lebih Cantik

Kamu termasuk wanita yang merasa tidak nyaman dengan beban berlebih pada bagian bokong?

Merasa terganggu karena kehilangan fleksibilitas?

Belum lagi saat kita menjadi sorotan banyak pria, rasanya benar-benar canggung untuk berada di tengah keramaian. Maka dari itu, kami hadir untuk membantu wanita seperti kalian dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Pada dasarnya, menargetkan perubahan spesifik terhadap sebuah area tertentu di bagian tubuh merupakan hal yang sulit, namun bukan berarti tidak ada kesempatan untuk melakukan hal tersebut

Cara Mengecilkan Bokong

Dalam konteks cara mengecilkan bokong, latihan dan diet merupakan sebuah solusi yang aman dan alami, sementara metode operasi menjadi jalan pintas yang dipilih oleh mereka dengan budget berlebih.

Saya sangat anjurkan membaca diet cepat: alami vs operasi untuk membuka wawasan kamu tentang berbagai cara diet.

1. Latihan yang Efektif

Tidak sembarangan olah raga atau senam bisa kamu lakukan, jika hasil yang didapatkan ingin optimal dan lebih cepat, maka wajib mengoptimalkan latihan yang cocok.

Baca juga: Latihan Lengkap Mengecilkan Pantat Step By Step!

Latihan Kekuatan

Untuk mengecilkan bokong, latihan pertama yang harus kamu terapkan adalah latihan kekuatan. Hal ini dikarenakan otot-otot hanya memiliki ruang fisik yang sangat sedikit dibanding lemak, sehingga dengan melatihnya, diharapkan lemak tersebut bisa menjadi otot dan sedikit terangkat sehingga membuat ukuran bokong bisa menjadi lebih kecil.

Cara Mengecilkan Bokong

Fokus pada gaya, bukan pada beban

Latihan kekuatan juga akan meningkatkan metabolisme dan merubah bentuk tubuh kamu ke dalam proporsi yang lebih baik.
Latihan seperti angkat beban merupakan jenis latihan dengan efek yang luar biasa bagi daerah bokong.

Hanya saja, dalam melakukan latihan ini, pastikan bahwa kamu bisa menititberatkan pada bentuk, bukan pada beban. Pasalnya, memaksa tubuh untuk mengangkat beban sebanyak mungkin merupakan cara yang salah dan tidak akan bisa memberikan hasil yang lebih baik.

Squat

Cara mengecilkan bokong selanjutnya adalah dengan melakukan latihan squat. Meskipun latihan ini didesain khusus untuk melatih paha dan bokong, namun gerakan-gerakannya juga bisa berefek ke bagian punggung bawah dan juga paha belakang.

Gaya squat

Gaya squat

Alhasil, bagian bawah tubuh kamu akan terlihat sangat proporsional. Sebagai catatan, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan latihan ini.

Latihan Kardio

Dikarenakan bokong yang besar itu disebabkan oleh adanya penumpukan lemak, maka hadirlah latihan kardio sebagai jawaban yang tepat untuk mengatasinya.

Mulai dari berlari, bersepeda, berenang, hingga tinju merupakan latihan yang bisa membantu untuk membakar banyak kalori di setiap menit kamu melakukannya. Nah, kalori yang sedikit dalam tubuh itu sangat identik dengan bentuk bokong yang lebih kecil.

Latihan kardio

Latihan kardio

Jika kamu memang ingin fokus pada latihan kardio, maka cobalah untuk melakukan latihan interval, karena bisa membakar 2 kali lipat kalori dibandingkan dengan latihan berkecepatan tunggal.

Latihan interval itu bisa dilakukan dengan berlatih secara penuh untuk 30 detik ke depan, kemudian beristirahat untuk beberapa saat, kemudian ulangi kembali hingga 8-10 kali.

Latihan dengan teknik interval seperti ini bisa membuat metabolisme tubuh kamu terbangun hanya dalam beberapa menit saja dan menjaga tingkatannya sekalipun kamu tidak berolahraga. Bagian terbaiknya, latihan kamu hanya berdurasi 15 menit saja.

Latihan Sirkuit

Jika jenis latihan reguler itu kamu rasa membosankan, maka ada cara mengecilkan bokong lainnya yang patut kamu coba, yaitu dengan memadukan latihan reguler bersama latihan sirkuit. Jadi, selama kamu melakukan kardio, buatlah variasi dengan menerapkan latihan kekuatan selama 30 menit, sekali dalam 2 hari.

Latihan sirkuit

Latihan sirkuit

Gantilah menu latihan tersebut antara aktivitas kardio berintensitas tinggi dengan latihan otot-otot bokong yang baru untuk keseluruhan sesi latihan yang lebih bervariatif.

Pada dasarnya, latihan sirkuit itu didesain agar ada kombinasi dalam latihan. Jika kamu tidak memiliki akses pada mesin atau alat beban, maka akali dengan menambahkan benda-benda berat saat jogging. Kamu bisa juga menambahkan benda-benda tersebut saat melakukan latihan kardio.

2. Investasi Jangka Panjang

Membuang Kalori

Ada sebuah rumus sederhana dari pengurangan lemak: Jumlah kalori yang sedikit dalam tubuh itu berbanding lurus dengan banyaknya kalori yang sudah dibuang. Artinya, saat ada banyak kalori yang hilang, maka segala sesuatunya akan menjadi lebih kecil, termasuk untuk bagian bokong.

Nah, saat proses mengeliminasi kalori ini tidak cukup dengan latihan saja, maka saatnya bagi kamu untuk melakukan pemantauan terhadap pola makan.

3.500 kalori itu sama dengan 0,45 kg. Jadi, jika tujuan awal kamu adalah menghilangkan beban sebanyak 4,5 kg, maka kamu harus membuang 5000 kalori setiap harinya. Secara teknis, kamu akan membuang 0,45 kg setiap minggunya, dan mencapai target dalam 10 minggu.

Terdengar lama? Ya, karena kita belum menambahkan faktor latihan yang mampu membuang kalori 2 kali lipat.

Untuk lebih memudahkan, terapkanlah cara mengecilkan bokong ini dengan bantuan jurnal makanan atau aplikasi di smartphone.

Dengan adanya jurnal makanan, maka kamu bisa mengetahui jumlah konsumsi kalori secaa akurat, sehingga kamu memiliki batasan-batasan tertentu.

Konsumsi Lemak dan Karbohidrat

Lemak dan karbohidrat memang identik dengan hal buruk, namun diet yang efektif untuk mengecilkan bokong itu justru menyarankan kamu agar mengonsumsi keduanya. Pasalnya, ada banyak sekali jenis lemak dan karbohidrat yang baik, elemen yang sangat positif bagi proses pengecilan bokong.

Lemak dan karbohidrat yang baik itu akan menghasilkan energi penuh bagi tubuh, menjaga metabolisme, serta mengoptimalkan sistem pencernaan yang memaksimalkan tubuh kamu dalam menyerap berbagai vitamin.

diet kesuburan agar cepat hamil

Penuhi Asupan Karbohidrat Kompleks Anda dari Gandum Utuh
© Lubos Chlubny/depositphotos.com

Makanan seperti ikan salmon, avokad, kacang, zaitun, dan minyak zaitun memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang sangat baik, kelompok makanan yang tidak akan membuat kamu merasa bersalah karena sudah mengonsumsinya. Makanan seperti ini juga bisa membuat kamu merasa lebih kenyang, sehingga terhindar dari hasrat makan berlebih.

Sementara untuk karbohidrat yang baik, kamu bisa memperolehnya dari beras merah, gandum, bubur gandum, roti gandum, sereal, pasta, quinoa, dan couscous. Makanan seperti itu merupakan sumber serat dan energi yang mampu menjaga tingkat insulin tubuh kamu tetap normal.

Susu dan Protein

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa cara mengecilkan bokong yang tepat itu adalah dengan merubah lemak menjadi otot, maka jika lewat makanan, kamu harus mengonsumsi susu dan protein. Pasalnya, kedua kelompok makanan inilah yang nantinya akan membangun otot-otot kamu.

Susu kedelai kaya akan protein nabati

Susu kedelai kaya akan protein nabati

Jika kamu bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat, maka lemak dan minyak di dalam bokongmu akan terbakar pada tengah malam, terlebih setelah kamu melewati serangkaian latihan di sore hari.

Membuang “Sampah”

Saat membuang kalori, itu berarti kamu harus membuang lemak jahat dan mengosongkan kalori. Hal ini berarti bahwa tidak ada lagi ruang bagi makanan cepat saji ataupun minuman bersoda.

Kedua jenis makanan inilah yang menawarkan rasa kenyang secara semu, lalu menyimpan “sampah-sampah” di dalam sel-sel lemak tubuh. Semakin menjadi saat “sampah tersebut” menumpuk pada bagian bokong.

Sebagai alternatif, isi camilan kamu dengan buah dan sayur. Makanan seperti itu sangat padat dan berkalori rendah, serta mampu memasok nutrisi, energi, dan menjaga tubuh kamu agar bisa kenyang lebih lama.

Minumlah Air Putih

Biasakan untuk meminum 2 cangkir air putih sebelum makanan masuk ke dalam tubuh kamu. Hal ini bertujuan agar tubuh kamu bisa lebih lembap dan menjaga bobot tubuh secara keseluruhan.

Kebiasaan seperti ini juga akan membuat kamu terhindar dari minuman-minuman bergula maupun yang berkalori tinggi, minuman yang tidak memberikan dampak positif bagi lingkar bokong kamu.

Diet Rendah Karbohidrat

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet yang rendah karbohidrat mampu menghasilkan pengurangan lemak yang cepat dan signifikan, termasuk untuk bagian bokong.

Maka dari itu, diet rendah karbohidrat menjadi bagian dari cara mengecilkan bokong yang sangat kami anjurkan, di mana kamu akan diarahkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan berupa protein.

Makanan yang rendah karbohidrat namun mengandung protein tinggi itu umumnya berasal dari hasil bumi. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba menu keju gulung dengan 1 cangkir salad ayam panggang atau 1 cangkir keju cottage yang dilengkapi dengan irisan buah.

Batasi Konsumsi Biji-Bijian

Makanan yang berjenis biji-bijian memang mampu mensuplai nutrisi dalam nilai yang besar, namun kalorinya yang tinggi sangat tidak dianjurkan untuk mereka yang sedang berusaha mengecilkan bokong.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
© jedi-master/fotolia.com

Selain alasan tersebut, kandungan nutrisi dalam biji-bijian tersebut masih bisa didapatkan dari makanan lain. Untuk itu, kurangilan konsumsi kamu akan nasi, roti, kraker, pasta, oat, dan bagel.

3. Liposuction

Mengenal Liposuction

Liposuction adalah sebuah metode yang ditujukan untuk mereka yang tidak bisa menjalani tahap latihan dan diet. Ini merupakan operasi yang akan menyedot lemak pada berbagai bagian tubuh, termasuk untuk perut, paha, dan bokong.

Nah, jika kamu termasuk orang yang mencari cara mengecilkan bokong dengan waktu yang instan, maka liposuction adalah jawabannya.

Persiapan

Sebelum kamu memastikan untuk menempuh prosedur ini, maka luangkanlah waktu untuk berkonsultasi atau berdiskui secara mendalam dengan dokter.

Konsultasi tersebut meliputi hasil seperti apa yang kamu inginkan, apa yang harus kamu persiapkan, dan risiko apa saja yang kemungkinan akan kamu hadapi. Pastikan pula untuk memberikan informasi secara lengkap mengenai riwayat kesehatan kamu, termasuk obat-obatan yang saat ini sedang kamu konsumsi.

Untuk wanita yang akan menempuh operasi liposuction, biasanya dokter akan memintanya untuk berhenti mengonsumsu aspirin, pil KB, obat anti inflamasi, dan menganjurkan untuk mulai mengonsumsi suplemen dengan kandungan zat besi.

Informasi mengenai pola dan gaya hidup kamu juga wajib untuk disampaikan, termasuk kebiasaan merokok atau minum alkohol.

Standar umum sebuah operasi akan meminta kamu untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Setelah itu, kamu akan mulai menjalani tes kesehatan guna memastikan apakah kondisi tubuhmu sudah siap untuk melakukan liposuction atau tidak.

Proses

Cara mengecilkan bokong lewat liposuction membutuhkan serangkaian proses yang memakan waktu. Pertama, dokter mulai menggambar bentuk dari bokong kamu dan mencari seperti apa bentuknya nanti.

Setelah itu, dokter akan memberikan anestesi sesuai dengan kebutuhan. Anestesi untuk prosedur liposuction itu sendiri ada 3, yaitu umum, lokal, dan epidural. Untuk operasi pada bagian bawah tubuh seperti bokong, biasanya digunakan anestesi jenis epidural.

Operasi Liposuction

Operasi Liposuction

Setelah melewati prosedur anestesi, maka dokter akan menyuntikkan obat pada bagian bokong dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya pembengkakan, memar, ataupun perdarahan. Pada tahap ini, proses penghancuran lemak sudah bisa dilakukan sehingga proses penyedotan lemak nantinya bisa lebih mudah.

Adapun penghancuran lemak tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan laser, air bertekanan tinggi, ataupun lewat getaran frekuensi tinggi.

Selanjutnya, dokter mulai melakukan sejumlah sayatan-sayatan kecil pada bagian bokong yang disertai dengan memasukkan tabung microcanula ke dalam tubuh. Tabung microcanula itu sendiri merupakan alat yang akan menghubungkan ke mesin penyedot lemak.

Ilustrasi Liposuction

Ilustrasi Liposuction

Saat proses penyedotan lemak dirasa cukup, maka dokter akan mulai menguras kelebihan darah dan cairan dengan alat penguras kecil. Untuk menyelesaikan serangkaian prosedur tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 1-3 jam, tergantung dari banyaknya jumlah lemak yang disedot.

Dengan berakhirnya proses liposuction, maka seketika itu pula tumpukan lemak yang ada pada area bokong menjadi hilang yang secara otomatis juga membuat ukurannya menjadi lebih kecil. Namun jangan senang dulu, karena bisa saja kamu akan mengalami memar dan pembengkakan pada area bokong dalam satu minggu ke depan.

Area yang sudah melewati operasi liposuction ini akan dibungkus dengan tujuan untuk mengurangi pembengkakan. Selain terjadinya pembengkakan, area bokong yang sudah disedot lemaknya tersebut juga bisa terlihat lebih kendur, sehingga dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan agar kulitnya bisa kembali kencang.

Kondisi ini sendiri bisa tergantung dengan tingkat elastisitas kulit dari masing-masing individu.

Risiko yang Mungkin Terjadi

Harus diakui bahwa cara mengecilkan bokong lewat liposuction itu memang terdengar sangat mudah dan singkat untuk dilakukan, namun bukan berarti bahwa tidak ada risiko yang mungkin terjadi.

Sekalipun banyak dokter yang mengatakan bahwa liposuction merupakan prosedur operasi yang jarang menimbulkan kelainan serius, namun layaknya prosedur operasi lainnya, ada sejumlah efek samping yang bisa ditimbulkan oleh operasi liposuction, antara lain:

  • Inflamasi atau peradangan.
  • Pembengkakan.
  • Adanya bekas-bekas luka dan memar.
  • Keluarnya cairan melalui lubang-lubang kecil atau bekas sayatan yang memungkinkan terjadinya terjadinya radang pembuluh darah.

Komplikasi yang Mungkin Terjadi?

Dikarenakan hampir sebagian besar prosedur operasi itu memiliki risiko komplikasi, maka begitu pula dengan prosedur liposuction yang memungkinkan terjadinya:

  • Infeksi.
  • Mati rasa pada area yang ditangani.
  • Terjadinya perdarahan pada bagian bawah kulit.
  • Terjadinya penimbunan cairan pada paru-paru.
  • Penggumpalan darah yang berpotensi menyumbat aliran darah.
  • Perubahan warna kulit pada area yang dioperasi.
  • Rusaknya organ dalam akibat tabung microcanula yang masuk terlalu dalam sehingga menimbulkan luka.
  • Bentuk yang tidak merata atau menonjol pada beberapa bagian tertentu.

***

PERINGATAN:

  • Untuk cara mengecilkan bokong lewat latihan, kamu bisa melakukan kardio setiap hari, namun sebaiknya lakukanlah pembatasan untuk latihan beban, sekitar 3 kali untuk seminggu. Pasalnya, otot-otot kamu membutuhkan waktu istirahat agar bisa memperbaiki dirinya sendiri.
  • Untuk program diet dan operasi liposuction, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Pelajarilah kandungan nutrisi dari setiap makanan. Sebaiknya hindari diet yang menjanjikan hasil cepat, terlebih lagi jika disertai dengan suplemen. Pada awal program, besar kemungkinan kamu akan melihat hasilnya, namun secara cepat akan menghilang dan berpotensi membahayakan kesehatan tubuh kamu.
  • Untuk kamu yang memilih prosedur liposuction, perlu diperhatikan bahwa operasi belum cukup untuk menjaga bentuk bokong tetap ideal. Kamu tetap membutuhkan latihan atau olahraga yang rutin disertai dengan pola makan dan pola hidup yang sehat agar penumpukan lemak itu tidak kembali terjadi.

Nah kini, dari sejumlah cara mengecilkan bokong yang sudah kami bagikan, manakah yang memungkinkan untuk kamu lakukan?

Jangan lupa untuk membagikan pengalaman bagi kamu yang sudah mencoba cara di atas.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment