≡ Menu

Cara Mengecilkan Lingkar Perut dengan Mudah dan Aman

Lingkar perut yang terlalu besar akan membuat perut mengalami kondisi yang disebut buncit. Perut yang buncit tidak hanya akan mengganggu penampilan, tapi bisa juga meningkatkan resiko terjadinya masalah pada kesehatan.

Seseorang yang memiliki lingkar perut yang besar lebih cenderung untuk mengalami masalah kesehatan. Hal ini dikarenankan lingkar perut yang besar menjadi indikasi bahwa adanya lemak yang berlebih pada bagian perut.

Lemak seperti ini termasuk tipe lemak yang berbahaya karena menutupi organ di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan peradangan. Hal seperti inilah yang bisa memicu munculnya penyakit kronis seperti diabetes, jantung, stroke, dan penyakit lainnya.

Kelebihan lemak pada bagian perut ini bisa dialami oleh siapa saja, tidak terpaku pada mereka yang mengalami obesitas saja. Bahkan bagi mereka yang memiliki berat badan normal juga berpotensi untuk menimbun lemak pada bagian perut.

Baca: Menu Diet Rendah Kolesterol

Mungkin banyak diantara Anda yang memiliki berat tubuh yang biasa saja namun memiliki perut buncit. Hal ini tentu saja harus mendapatkan perhatian khusus, karena bisa saja ada lemak yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, berikut kami berikan beberapa cara mengecilkan lingkar perut yang terbukti bisa memberikan hasil hanya dalam waktu 2 bulan saja.

Olahraga Teratur

olah raga

Olahraga adalah langkah awal yang harus dilakukan dalam usaha mengecilkan lingkar perut. Ketika melakukan olahraga, tubuh akan membakar lemak dan lemak yang paling pertama dikeluarkan adalah pada bagian perut. Oleh karena itu, pastikan untuk menjalani aktivitas olahraga secara rutin dengan intensitas yang tidak terlalu berlebih. Selain itu, sertai juga dengan beberapa aktivitas fisik yang ringan.

Olahraga yang cocok dilakukan adalah olahraga dengan gerakan cepat. Cukup melakukan olahraga sekitar 45 menit untuk mengeluarkan keringat dan meningkatkan detak jantung.

Rutin melakukan hal ini akan memberikan dampak pada lemak di perut yang berkurang secara bertahap. Olahraga yang dianjurkan antara lain sit up, lompat tali, dan hulahop.

Hindari Makanan Olahan

Makanan Gorangan

Cara mengecilkan lingkar perut selanjutnya adalah dengan membatasi atau sebaiknya menghindari konsumsi makanan olahan. Cukup melakukan hal ini selama 1 bulan, maka lemak pada perut Anda akan berangsur-angsur berkurang.

Makanan seperti nasi putih, gorengan, tepung terigu, dan minuman yang mengandung pemanis fruktosa sebaiknya dihindari karena merupakan sumber lemak jenuh terbesar yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Baca: Tips Ngemil, Tapi Tetap Langsing

Untuk bisa mengecilkan lingkar perut dalam waktu relatif singkat, perhatikan porsi makan serta jumlah asupan kalori Anda. Usahakan untuk mengeluarkan kalori lebih banyak dibanding kalori yang dikonsumsi.

Cukup dengan mengkonsumsi 500 kal lebih sedikit dari kebutuhan harian maka dapat membantu dalam menurunkan berat sekitar 0,45 kg per minggu. Ketika berat badan berkurang, maka secara otomatis lingkar perut akan ikut mengecil.

Jalani Pola Hidup Sehat

Aktivitas Sehat

Ketika Anda bisa menurunkan berat badan sekitar 0,45 – 1 kg per minggu, berarti Anda bisa menurunkan berat badan hingga 7 kg selama 8 minggu. Untuk bisa mendapatkan hasil seperti ini, lakukanlah tips di atas secara rutin dan jalani pola hidup yang sehat.

Jangan terlalu mengharapkan hasil yang cepat, karena hanya akan membuat Anda menjadi sangat terbebani sehingga memaksakan diri untuk melakukan diet atau olahraga melebihi batas kemampuan Anda.

**

Ketika Anda sudah menemukan bentuk ideal dari lingkar perut Anda, jangan hentikan pola hidup serta olahraga yang biasa Anda jalani. Hal ini dimaksudkan agar berat badan Anda tidak mudah bertambah sehingga ukuran lingkar perut bisa terjaga.

Tentu saja hal ini membutuhkan usaha serta komitmen yang besar agar bisa memberikan hasil yang permanen. Semoga informasi mengenai cara mengecilkan lingkar perut ini bisa bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment