≡ Menu

6 Cara Mudah dan Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Cara mengecilkan perut buncit menjadi topik yang banyak dibicarakan, terutama bagi mereka yang memang mengalami masalah tersebut. Pada dasarnya perut buncit disebabkan oleh buruknya pola makan dan gaya hidup.

Kondisi ini tentu tidak menyenangkan, mulai dari merasa tidak nyaman saat beraktivitas, mengurangi rasa percaya diri karena dapat mempengaruhi tampilan seseorang menjadi kurang menarik, sampai dapat membahayakan kesehatan tubuh terutama timbulnya masalah pada sistem pencernaan.

Berbagai alasan inilah yang akhirnya membuat wanita maupun pria mencoba berbagai metode untuk dapat mengkempiskan area perut yang terlihat membesar.

Bagi Anda yang mengalami masalah yang sama, berikut merupakan beberapa cara mengecilkan perut buncit dan membuatnya tampak lebih ideal.

Baca juga: Sembilan Jenis Olahraga Untuk Tranformasi Perut Buncit menjadi Seksi

6 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Menghindari Makan Malam

cara mengecilkan perut buncit

Menghindari kebiasaan makan atau ngemil yang dilakukan pada malam hari

Perut buncit sering disebabkan oleh kebiasaan makan atau ngemil yang dilakukan pada malam hari.

Hal ini terjadi karena tidak ada aktivitas yang dilakukan untuk membakar lemak dari makanan yang sudah dikonsumsi tersebut, bahkan beberapa diantaranya langsung tidur yang menyebabkan terjadinya penumpukan makanan pada area perut.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menghindari berbagai kebiasaan buruk yang menyebabkan perut menjadi buncit termasuk untuk menghindari mengkonsumsi makan pada malam.

Melakukan Olahraga yang dapat Mengecilkan Area Perut

cara mengecilkan perut buncit

Melakukan olahraga yang dapat mengecilkan area perut

Berolahraga merupakan salah satu cara mengecilkan perut buncit dengan cara yang alami dan terbukti ampuh.

Tidak asal olahraga, karena ada beberapa jenis olahraga yang memang dikhususkan untuk mengecilkan area perut tersebut.

Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan beberapa jenis olah raga yang mudah untuk dilakukan dan efektif dalam mengecilkan perut yang buncit diantaranya adalah:

  • Jogging
  • Aerobik
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Sit up
  • Pull up
  • Ball crunch
  • Bycicle exercise
  • Bicycle Crunch
  • Squat
  • Jalan Cepat

Selain ampuh menurunkan berat badan terutama di area perut. Jenis olahraga ini juga dapat membuat Anda menjadi lebih sehat karena dapat membuat jantung lebih kuat, mencegah dan memperbaiki kondisi stess maupun depresi, melancarkan sistem pencernaan, membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan stamina dan membuat beberapa area dalam tubuh menjadi lebih kencang.

Sit up merupakan salah satu jenis olehraga yang dapat membuat perut rata dan juga dapat membentuk otot perut sehingga terlihat lebih kencang dan sixpack.

Tidak disarankan untuk melakukan berbagai latihan kardio lebih dari dua jam, terutama melakukan latihan aerobik karena bepotensi membuat Anda kelelahan yang dapat berakibat buruk terhadap tubuh.

Selain memilih jenis olahraga yang tepat, Anda juga perlu melakukan jenis olahraga tersebut secara benar dan dilakukan secara teratur.

Diet

Diet merupakan salah satu upaya yang melengkapi program mengecilkan perut buncit agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Walaupun terkenal sangat efektif, namun dianjurkan untuk menghindari diet ekstrim yang justru membuat Anda menjadi sakit dan dapat menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh.

Lakukanlah diet sehat dengan tetap mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang diperlukan oleh tubuh seperti makanan yang kaya akan protein, rendah lemak dan mengandung karbohidrat kompleks.

Selain lebih selektif dalam memilih jenis makanan, Anda pun disarankan untuk membatasi porsi dan mengatur jadwal makan. Oleh karena itu lebih baik mengkonsultasikan program diet yang akan Anda lakukan kepada ahli gizi.

Menghindari Berbagai Jenis Makanan yang Memicu Peningkatan Berat Badan

Jenis makanan seperti junkfood dan minuman bersoda diketahui berpotensi dapat meningkatkan berat badan.

Selain itu, jenis makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi juga dapat menyebabkan penimbunan lemak pada area perut sehingga membuat perut membuncit.

Berbagai upaya Anda untuk mengecilkan perut buncit akan sia-sia saja jika tidak disertai dengan membatasi dari konsumsi berbagai jenis makanan ini.

Mengkonsumsi Buah-Buahan dan Sayuran

Kandungan serat yang tinggi pada buah dan sayur sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan ini diperlukan untuk melancarkan proses pencernaan yang bermanfaat untuk mengecilkan perut yang buncit. Selain itu serat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Rutin Minum Air Putih

Dalam upaya untuk mengecilkan perut yang buncit, Anda disarankan untuk membiasakan diri mengkonsumsi air putih secara teratur dengan jumlah yang tepat.

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya adalah mencegah dehidrasi, membantu melancarkan proses pencernaan dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh.

***

Demikianlah beberapa cara mengecilkan perut buncit, semoga dapat bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment