≡ Menu

Begini Caranya Mengetahui Suami Sedang Berbohong

Pada dasarnya, sebuah hubungan rumah tangga tidak akan berjalan harmonis jika salah satu pasangan sering berbohong. Khusus bagi Anda para istri yang merasa curiga terhadap suaminya, sangat penting untuk mengenali tanda-tanda kebohongan ini agar bisa dilakukan langkah pencegahan.

Namun sebelum membahas cara mengetahui suami berbohong, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengapa seorang suami melakukan kebohongan. Menurut Dr. Jackie Black, seorang pakar percintaan, suami akan berbohong jika ia merasa berada pada posisi tidak aman apabila harus mengatakan yang sebenarnya.

Cara Mengetahui Suami Berbohong

Dalam hubungan pernikahan, suami melakukan kebohongan saat ia merasa tidak akan mendapat persetujuan dari istrinya. Ia merasa takut untuk membicarakan hal tersebut karena khawatir akan mendapatkan respon yang negatif.

Hal ini kemudian membuatnya merasa lebih nyaman ketika berbohong, dan akhirnya menjadi kebiasaan. Saat suami Anda berbohong, Anda sebenarnya sudah bisa mengenali dari gelagat yang ia tunjukkan.

Apalagi seorang istri biasanya memiliki insting yang sangat tajam sehingga bisa mencium jika ada sesuatu yang tidak beres pada suaminya. Meskipun demikian, Anda tidak boleh langsung mengambil kesimpulan terhadap kondisi tersebut dan langsung menuduh sang suami.

Sekalipun kesimpulan Anda itu benar, namun jika tidak ada bukti dan alasan yang kuat, maka perlakuan seperti ini hanya akan berujung pada sebuah pertengkaran. Sebelum Anda menyimpulkan sang suami sedang berbohong, sebaiknya buktikan kebenarannya dengan menerapkan metode berikut:

Baca juga: Ciri-Ciri Seorang Pria Sedang Berbohong pada Kamu

Kontak Mata

Saat Anda sudah merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan suami, segera minta penjelasan dan lakukan kontak mata saat ia sedang berbicara. Cobalah agar bisa fokus terhadap apa yang ia utarakan dan jangan pernah alihkan perhatian Anda.

cara mengetahui suami berbohong

Tatap Mata Suami Ketika Berbicara
(Foto: huffingtonpost.ca)

Mata tidak pernah bohong, sehingga jika suami sedang berbohong, maka ia akan segera mengalihkan pandangannya. Ia akan terlihat salah tingkah karena Anda sepertinya sudah bisa membaca isi pikirannya.

Tetap Tersenyum

Cara mengetahui suami berbohong selanjutnya adalah dengan tetap tersenyum, seakan-akan tidak sedang terjadi sesuatu. Sikap seperti ini akan membuat suami Anda merasa lebih nyaman sehingga membuatnya bisa menjelaskan apa yang terjadi sebenarnya.

cara mengetahui suami berbohong

Tetap Tersenyum, Seakan Tidak Terjadi Apa-Apa
© Darren Baker/depositphotos.com

Seperti halnya saat diinterogasi, suami Anda akan merasa gugup jika apa yang ia sampaikan memang penuh dengan kebohongan. Nah, dengan bersikap lebih manis, maka memungkinkan suami untuk berbicara jujur atau bahkan menyampaikan penyesalannya.

Hindari Menuduh

Jangan pernah menuduh, apalagi jika Anda berprasangka buruk yang didasarkan hanya pada intusi. Jika Anda tidak memiliki bukti, maka menuduh suami hanya akan semakin menutup pintu kejujuran.

cara mengetahui suami berbohong

Hindari Menuduh Suami Sebelum Memiliki Bukti yang Jelas
(Foto: majalah.weddingavenuemagazine.com)

Lagipula, tidak ada satupun orang yang berbohong ingin dituduh berbohong bukan? Ketika Anda melakukan hal ini, maka sang suami bisa semakin menyangkal keadaannya yang kemudian bisa memicu pertengkaran. Perlu diingat bahwa belum tentu suami Anda berbohong bukan?

Tanya dengan Cepat

Agar bisa mengetahui suami sedang berbohong, terkadang Anda harus bertindak secara cepat dan cenderung menyebalkan. Terutama jika suami Anda bukanlah tipe yang kebanyakan. Namun sekali lagi, Anda tidak perlu menuduhnya.

Anda bisa mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang selama ini menjadi kecurigaan Anda secara cepat tanpa memberikan waktu baginya untuk berpikir. Kemudian ulangi pertanyaan ini pada bagian yang berbeda, lalu perhatikanlah gelagatnya.

Apabila suami Anda terlihat gugup dan berbicara gagap, atau menujukkan sikap-sikap yang tidak biasanya ia lakukan, bisa jadi ia memang sedang berbohong.

Biasanya saat dicecar pertanyaan secara cepat seperti ini, dia akan bicara tidak jelas atau mondar-mandir sambil memilin bajunya. Ini merupakan geliat yang ia lakukan karena kebingungan bagaimana cara menutupinya dari Anda.

***

Nah, itulah cara mengetahui suami berbohong yang bisa dicoba saat intuisi Anda sudah mengatakannya. Namun hal yang terpenting adalah, pastikan bahwa kebohongan yang sudah ia lakukan tidak akan terulang lagi di kemudian hari.

{ 1 comment… add one }
  • Murni Thursday, 26 May 2016, 20:38

    Iya tuh bener, kalo suami ku bohong pasti suka gak berani kontak mata

Leave a Comment