≡ Menu

Cara Mengetes Kesetiaan Pasangan (Sudah Menikah)

Mengetes kesetiaan dari pasangan mungkin termasuk salah satu kompleksitas yang dihadapi oleh manusia, utamanya dalam konteks hubungan asmara.

Sebagaian orang mungkin tidak merasa perlu untuk melakukan hal ini, namun tidak sedikit pula yang masih ragu dengan pasangannya sehingga mulai berpikir untuk menguji kesetiaannya.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya jika Anda memahami bahwa cara mengetes kesetiaan dari pasangan yang kami ulas kali ini ditujukan khusus untuk mereka yang sudah menikah, baik itu untuk sang suami maupun sang istri.

Kesetiaan Suami Terhadap Istri

Ada banyak sekali wanita menikah yang selalu dihujani pertanyaan-pertanyaan seperti apakah saya sudah mengambil keputusan yang tepat dengan menikahi suami saya saat ini? Apakah hubungan saya ini akan terus berlanjut hingga kami menua nanti? Perlu dipahami bahwa rtanyaan-pertanyaan seperti itu akan muncul jika ada rasa ragu di dalam hati.

Sebaliknya, jika suami maupun istri bisa saling setia dan menghormati komitmen yang sudah dibuat, maka tidak ada lagi ruang bagi munculnya pertanyaan seperti itu. Kehidupan pernikahan mereka akan berjalan indah.

Namun bagaimanapun juga, tak ada kehidupan rumah tangga yang sempurna, dan sudah menjadi tugas kita bersama untuk terus menjaga mahligai pernikahan tersebut. Lalu, upaya apa yang bisa kita lakukan agar bisa mengetahui tingkat kesetiaan dari sang suami? Berikut diantaranya:

Kepeduliannya Lewat Tindakan

Cara Mengetes Kesetiaan Pasangan

Apapun masalahnya, istri adalah prioritas pertama.

Cara mengetes kesetiaan pasangan yang pertama, dalam hal ini suami, adalah dengan melihat segala tindakannya. Hal ini dikarenakan tingkah laku ataupun keputusan-keputusan yang diambil oleh seorang suami merupakan wujud dari rasa pedulinya.

Jika dia memang setia, maka ia akan mencoba untuk melakukan apa saja yang bisa menyenangkan Anda. Anda adalah dunianya. Bagi dia, Anda adalah segalanya.

Fokus Terhadap Kesejahteraan

Apakah suami Anda termasuk kepala keluarga yang peduli dengan anak-anak? Apakah ia peduli mengenai asuransi pendidikannya?

Baginya, tujuan bekerja adalah untuk membahagiakan istri.

Baginya, tujuan bekerja adalah untuk membahagiakan istri.

Apakah ia banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dengan anak-anak, serta membantu untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah mereka?

Jika suami Anda demikian, maka selamat. Anda memiliki suami yang setia, karena ia sangat peduli terhadap kesejahteraan keluarga Anda.

Mengabaikan Wanita Lain

Dia tidak peduli wanita lain, yang dikepalanya hanyalah sang istri.

Dia tidak peduli wanita lain, yang dikepalanya hanyalah sang istri.

Mungkin suami Anda termasuk pria yang memiliki keindahan secara fisik dan membuat banyak wanita sering meliriknya.

Nah, jika ia ternyata sering mengabaikan sinyal-sinyal yang dilemparkan oleh wanita di sekitarnya, maka bisa dipastikan bahwa ia sudah memiliki tingkat kesetiaan yang sangat tinggi.

Ciri utama suami yang setia adalah ia tidak pernah merasa tertarik untuk melakukan hal-hal yang terkesan “murah” dengan wanita lain.

Tidak Pernah Tertarik dengan Perceraian

Selalu setia sampai saat-saat terakhir menjemput.

Selalu setia sampai saat-saat terakhir menjemput.

Cara mengetes kesetiaan pasangan yang satu ini tidak dianjurkan untuk Anda terapkan, apalagi jika tujuannya hanya untuk sekedar melihat responnya. Namun Anda harus mengetahui hal ini, karena bisa saja terjadi pada situasi-situasi tertentu.

Tahukah Anda perbedaan utama antara pasangan yang bercerai dengan yang tidak bercerai?

Pasangan yang tidak bercerai adalah pasangan yang sama sekali tidak pernah tertarik dan menjadikan perceraian sebagai solusi rumah tangga. Bagaimanapun juga, setiap rumah tangga pasti akan diisi oleh pertengkaran, namun pasangan yang setia tidak pernah melirik opsi perceraian tersebut.

Nah jika suatu waktu Anda lepas kendali dan meminta bercerai, lalu suami Anda memohon untuk tidak melakukan hal tersebut, berarti ia adalah tipikial suami yang setia. Hal itu dikarenakan ia ingin selalu ada di dekat Anda. Ia tidak bisa membayangkan hidup tanpa Anda. Nah, inilah kualitas dari seorang suami yang setia.

***

Setelah kita membahas bagaimana cara untuk mengetahui kesetiaan dari suami, maka kini saatnya untuk para suami mengetahui seberapa jauh kesetiaan dari istrinya.

Kesetiaan Istri Terhadap Suami

Banyak sekali suami yang menganggap bahwa wanita yang ia nikahi tak ubahnya sebagai sebuah misteri, sehingga sangat susah untuk mengetahui isi hatinya, terlebih untuk mengetahui level kesetiaannya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kita bisa mengetahui apakah istri kita setia atau tidak lewat sejumlah cara, seperti:

Berbicara Jujur Apa Adanya

Selalu berbicara apa adanya dari hati.

Selalu berbicara apa adanya dari hati.

Cara mengetes kesetiaan pasangan, dalam hal ini istri, adalah dengan melihat tingkat kejujurannya. Bagaimanapun juga, pengkhianatan merupakan lawan utama dari kesetiaan, dan pengkhianatan itu berakar dari sebuah kebohongan.

Orang yang sudah terbiasa berbohong tentu memiliki bakat yang besar untuk menjadi pengkhianat. Nah, jika istri Anda termasuk yang jujur, maka berbahagialah, karena itu merupakan pertanda bahwa Anda memiliki istri yang setia.

Selalu Terbuka dan Tidak Menutup-Nutupi

Setiap orang di dunia ini tentu memiliki rahasia, termasuk pasangan Anda. Bahkan sekalipun sudah menikah untuk waktu yang lama, tidak semua suami atau istri bisa mengetahui semua rahasia dari pasangannya masing-masing.

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, namun menjadi aneh dan mengundang tanya tanja jika porsi kerahasiaan itu sudah terlalu banyak. Keterbukaan kepada suami merupakan sebuah tanda kepercayaan sekaligus tanda dari kesetiaan. Jadi, Anda bisa mengukur level kesetiaan istri Anda dari seberapa jauh ia membagi rahasianya kepada Anda.

Taat Pada Suami

Baginya perintah suami adalah kebaikan.

Baginya perintah suami adalah kebaikan.

Kesetiaan seorang istri itu berbanding lurus dengan sikap taatnya pada suaminya. Sepanjang ia selalu mematuhi perintah suaminya, dalam hal ini perintah yang positif, maka tidak ada alasan untuk meragukan kesetiaannya.

Semakin taat seorang istri kepada suaminya, maka semakin besar peluang mereka untuk menjalani rumah tangga yang bahagia.

Ingin Terus Merasa Cantik di Mata Suami

Cara mengetes kesetiaan pasangan selanjutnya adalah dengan melihat bagaimana sikap mereka saat berdandan. Pasalnya, kita sangat sering menemui istri-istri yang senang berdandan saat keluar rumah, namun tampil amburadul saat ada di rumah.

Mungkin hal ini lebih dikarenakan faktor lingkungan, namun akan menjadi tanda tanya saat ia berdandan agar bisa menarik perhatian di luar rumah, namun ia tak pernah melakukannya untuk menarik perhatian suaminya saat di rumah. Jika sudah berlangsung lama, maka hal ini bisa menjadi pemicu dari munculnya bibit-bibit ketidaksetiaan.

***

Setiap orang tentu berharap agar pernikahan yang ia jalani berlangsung sekali dalam hidupnya. Selain itu, setiap pasangan juga akan dirundung kekhawatiran akan terjadinya perselingkuhan di rumah tangganya, termasuk Anda. Nah, untuk meinimalisir kemungkinan itu, Anda bisa mempelajari riwayat perselingkuhan yang terjadi di dalam keluarga besarnya.

Hal ini berdasar pada penelitian dari Charles University, Republik Ceko, yang menemukan fakta bahwa seorang anak laki-laki yang dibesarkan pada keluarga yang mana Ayahnya berselingkuh, maka ia memiliki kemungkinan untuk terwarisi sifat tersebut. Namun sebaliknya, untuk wanita hal ini justru tidak berlaku.

Penelitian tersebut juga berusaha mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi latar belakang dari perselingkuhan. Hasilnya terdapat perbedaan yang signifikan antra pria dan wanita. Para pria umumnya melakukan perselingkuhan dikarenakan ia tidak memiliki kepuasan dalam kehidupan seksualnya, sementara wanita berselingkuh karena membutuhkan perhatian dan kehangatan yang lebih.

Selain itu, penelitian ini juga mengemukakan fakta bahwa mereka yang pernah berselingkuh merasakan penyesalan yang mendalam. Mereka menyesal karena telah melanggar komitmen dan janji suci yang pernah diucapkan.
Nah, demi mencegah dan meminimalisir kemungkinan tersebut terjadi dalam rumah tangga Anda, maka cobalah untuk menerapkan beberapa cara mengetes kesetiaan pasangan di atas. Namun ingat, jangan menjadikannya sebagai metode yang pasti, cukup sebagai indikator tambahan saja.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment