≡ Menu

Tips & Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Make Up

Jerawat adalah masalah yang sangat umum bagi setiap orang, apalagi bagi para remaja yang tengah mengalami puberitas. Jerawat tidak hanya akan merusak penampilan, tapi juga bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Masalah ini sendiri tidak selesai sampai dengan memerangi pertumbuhannya, karena jerawat bisa saja meninggalkan bekas-bekas yang membuat wajah tetap terkesan berjerawat.

Baca juga:

Pertumbuhan dari jerawat itu sendiri bisa beragam, mulai dari pengaruh kebersihan wajah, hormonal, keturunan, kehamilan, stres, alergi terhadap makanan, hingga dikarenakan make up.

Penyebab make up ini, banyak orang yang mungkin tidak menyadarinya, tapi penggunaan make up yang kurang tepat ternyata memang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Menghilangkan Jerawat Akibat Make Up

Menghilangkan Jerawat Akibat Make Up

Korelasi Make up dan Timbulnya Jerawat

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa make up merupakan alat yang bisa menunjang penampilan seseorang. Namun hal ini akan menjadi sia-sia saja ketika make up menjadi pemicu utama dari kemunculan komedo hingga menyebabkan peradangan pada kulit dan kemudian menimbulkan jerawat.

Baca juga: Apa benar pria lebih menyukai wanita tanpa make up?

Kondisi ini sangat sering dijumpai pada mereka yang memiliki jenis kulit sensitif, namun menggunakan jenis make up yang kurang tepat dan secara berlebihan. Hal ini akan semakin diperparah jika orang tersebut tidak menjaga kebersihan wajahnya.

Saat seseorang menggunakan make up dan tidak membersihkannya secara benar, maka sisa-sisa dari make up tersebut akan menyumbat pori-pori pada wajah.

Membersihkan make up secara teratur

Membersihkan make up secara teratur

Kebiasaan seperti ini hanya akan merangsang terjadinya penumbukan bakteri pada wajah, kemudian berpotensi menyebabkan iritasi dan berujung pada munculnya jerawat.

Secara umum, jerawat yang ditimbulkan oleh make up sangat sering hadir pada bagian pipi dan dagu. Untuk itu, setelah Kamu menggunkan make up seharian, maka pastikan untuk mencuci wajah hingga benar-benar bersih, terutama menjelang tidur.

Tips Menghilangkan Jerawat Akibat Make Up

Jika Kamu termasuk orang yang diharuskan menggunakan make up karena tuntutan profesi, maka ada sejumlah tips yang bisa dilakukan agar make up tersebut tidak menjadi pemicu dari kehadiran jerawat:

  • >Gunakan make up secukupnya. Hal ini dikarenakan semakin tipis make up yang Kamu gunakan, maka semakin kecil pula peluang untuk terjadi penyumbatan pada pori-pori wajah. Baca: Beginilah perawatan wajah ala wanita Jepang
  • Sebaiknya pilih produk make up yang memiliki sifat hypoallergenic dan non-comedogenic. Selain itu, pastikan pula untuk tidak menggunakan make up yang memiliki pewangi karena bisa berdampak negatif terhadap kesehatan kulit.
  • Bersihkan wajah Kamu secara rutin setelah menggunakan make up, terutama saat malam hari menjelang tidur.
  • Apabila Kamu menggunakan bronzer, sebaiknya hindarilah penggunaan produk yang memiliki kandungan bismuth oxychloride karena bisa membuat kulit menjadi gatal-gatal.
  • Jika Kamu termasuk orang yang sering menggunakan alat make up untuk mata seperti eye liner, atau mascara, sebaiknya gunakan pembersih wajah yang berbasis minyak. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan minyak jojoba untuk membersihkan sisa-sisa make up pada bagian mata.
  • Apabila Kamu berpikir bahwa make up yang sedang digunakan ternyata memang menjadi pemicu jerawat, maka sebaiknya hentikanlah penggunaan dari produk tersebut untuk sementara, dan lihat apakah jerawat Kamu masih tumbuh atau tidak.
  • Saat membersihkan wajah dari sisa-sisa make up, lakukan dengan menggunakan air hangat, kemudian pijat lembut wajah Kamu agar sisa-sisa make up bisa terangkat dengan sempurna. Selain itu, cara ini juga bertujuan agar sirkulasi darah pada wajah bisa menjadi lancar akibat seharian tertutupi dengan make up.

**

Sekian ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat akibat make up yang sekiranya bisa membantu Kamu untuk tetap tampil cantik dengan polesan make up tanpa harus takut dengan kehadiran jerawat.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment