≡ Menu

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Bahan Alami

Menghilangkan jerawat batu tergolong sangat berat mengingat ukurannya yang besar sehingga akan menimbulkan peradangan hebat dan juga meninggalkan bekas yang besar pula.

Selain ukurannya yang besar, jerawat batu juga menimbulkan rasa sakit, bahkan bisa tumbuh hingga ke bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Cara Ampuh Alami Menghilangkan Jerawat dalam Tiga Hari

Cara menghilangkan jerawat batu

Cara menghilangkan jerawat batu

Penyebab Jerawat Batu

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penanganan jerawat jenis ini, sangat penting untuk mengetahui apa saja faktor penyebab sehingga munculnya jerawat batu.

Keturunan atau Gen

Pada umumnya, garis keturunan menjadi faktor utama dari munculnya jerawat batu. Kondisi ini disebabkan karena adanya genetik dari orang tua yang juga memiliki kelenjar minyak berlebih atau over aktif. Kelenjar minyak berlebih inilah yang sering menjadi pemicu pertumbuhan jerawat batu.

Pertumbuhan Sel Kulit yang Tidak Normal

Kulit yang normal akan mengalami proses regenerasi yang cepat. Namun beberapa jenis kulit tertentu tidak bisa mengalami proses regenerasi secara optimal dikarenakan pertumbuhan dari sel-sel kulitnya yang tidak normal.

Pertumbuhan kulit

Pertumbuhan kulit

Ketika hal in terjadi, maka sel-sel kulit mati akan menumpuk dan menimbulkan peradangan yang kemudian akan berakhir pada munculnya jerawat batu.

Kulit Sensitif

Beberapa orang memiliki jenis kulit yang sangat sensitif terhadap peradangan. Apabila kulit mereka terkena radang, maka akan menimbulkan masalah-masalah kulit seperti tersumbatnya pori-pori.

Pori-pori yang tersumbat ini sangat mudah untuk mengalami peradangan sehinga berpotensi besar menimbulkan jerawat batu.

idak Higienis

Jika seseorang sangat sering menyentuh atau memencet jerawatnya dengan menggunakan tangan yang kotor, maka besar kemungkinan akan menimbulkan peradangan. Nah, saat peradangan tersebut terjadi, maka timbullah jerawat batu.

Cara Mengobati Jerawat Batu

Setelah Kamu paham mengenai apa saja hal-hal yang bisa menimbulkan jerawat batu, maka kini saatnya menemukan metode alami untuk mengatasinya.

Mahkota Dewa

Mahkota dewa

Mahkota dewa

Kombinasi dari mahkota, daun, dan umbi daun dewa mengandung zat anti radang dan anti iritan yang bisa dimanfaatkan untuk melawan jerawat batu. Caranya dengan menghaluskan semua bahan tersebut lalu tempelkanlah pada area wajah yang memilik jerawat.

Sidaguri

Sidaguri

Sidaguri

Lakukan penguapan dengan menggunakan sidaguri setiap harinya hingga jerawat batu Kamu menjadi kempes. Caranya dengan merebus sidaguri dan daun mahkota dewa ke dalam 2 gelas air. Ketika sudah mendidih, taruh wajah Kamu di atas air rebusan tersebut dan manfaatkan uapnya.

Mengkudu

Mengkudu

Mengkudu

Jerawat batu bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi jus mengkudu yang bekerja dengan cara membersihkan darah kotor. Untuk membuatnya, blender buah mengkudu hingga halus dan tambahkan gula secukupnya. Saring dan didihkan, lalu minumlah jus tersebut secara rutin hingga jerawat batu Kamu berkurang.

Bawang Putih

Hati-hati, penggunaan bawang putih pada kulit yang tidak cocok dengan bawang putih berdampak pada kulit terbakar.

Bawang putih untuk jerawat

Bawang Putih

Kamu bisa memotong atau menumbuk bawang putih hingga halus dan oleskan pada jerawat batu Kamu. Metode ini membantu untuk mengeringkan jerawat sebelum mengalami peradangan. Lakukanlah hal ini selama 3 hari berturut-turut hingga jerawat batu Kamu benar-benar mengering.

Kentang

Manfaatkan kentang sebagai bahan masker dengan memarut atau memblender hingga halus. Setelah itu, oleskan pada wajah Kamu secara merata dan biarkan mengering. Terakhir, bersihkan wajah Kamu dengan menggunakan air hangat. Pastikan untuk melakukan perawatan ini secara rutin hingga jerawat batu Kamu benar-benar sembuh.

***

Selain dengan melakukan metode di atas, pastikan pula agar Kamu menjalani pola hidup yang sehat dan rutin berolahraga. Hindari makanan yang berlemak dan kebiasaan buruk seperti merokok dan pastikan pula agar asupan nutrisi Kamu terpenuhi.

Baca juga: Benarkah Jerawat Hadir Karena Cinta Dipendam?

Semoga informasi mengenai cara mengobati jerawat batu di atas bisa membantu Kamu untuk mengatasi jenis jerawat yang paling menyebalkan ini.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment