≡ Menu

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami dan Aman

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang umumnya kerap menyerang kulit yang berminyak di samping jerawat. Meskipun tidak separah jerawat, namun komedo yang hadri ini menjadikan wajah tampak tidak mulus.

Umumnya, bagian wajah yang banyak ditumbuhi oleh komedo yaitu bagian hidung. Kemunculan komedo di area hidung sendiri bisa mengganggu penampilan sebab menyebabkan riasan menjadi tak sempurna.

Adapun proses kehadiran komedo sendiri diawali karena adanya penyumbatan kelenjar minyak atau disebut juga glandula sebacea. Pada umumnya, komedo sendiri terbagi atas dua jenis, yakni komedo putih dan komedo hitam.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Plester komedo untuk hidung, dapat membantu menghilangkan komedo dengan cepat.

Komedo putih biasanya berupa tumpukan sebum, sedangkan komedo hitam berupa kotoran, kumpulan sel kulit mati dan akumulasi sebum yang menyumbat bagian pori-pori pada kulit.

Penyebab Munculnya Komedo di Hidung

Munculnya komedo di hidung, tentu disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu kita ketahui di antaranya adalah sebagai berikut.

Akibat Pemakaian MakeUp

Pemakaian makeup berlebihan menyumbang pemicu timbulnya komedo pada wajah. Umumnya komedo yang muncul di area hidung yang jarang disadari dan diperhatikan.

Baca juga: Perawatan kecantikan wajah untuk wanita indonesia

Pemakaian kosmetik secara berlebihan bisa mengganggu aktivitas kulit khususnya untuk bernafas. Maka dari itu, jika Anda tak ingin mengalami masalah komedo di wajah, sebaiknya pakai makeup yang sewajarnya saja.

Make-up tebal penyebab komedo

Seringkali make-up yang tebal adalah sebab dari munculnya komedo.

Jika Anda sudah di rumah dan tidak beraktivitas sebaiknya langsung bersihkan makeup atau kosmetik di wajah Anda sampai tidak tersisa.

Selain itu, bersihkan pula wajah tepat di malam hari menjelang tidur untuk mencegah sisa kosmetik yang akan menyumbat bagian pori-pori di kulit Anda hingga mengakibatkan munculnya komedo di area hidung dan wajah ini.

Akibat Produksi Kadar Minyak Berlebih

Wajah yang sangat berminyak juga bisa memicu hadirnya komedo di area hidung maupun area wajah yang lainnya.

Baca juga: Tips tradisional merawat kulit wajah berminyak

Ketika wajah terasa begitu lengket karena minyak berlebih, dengan begitu kotoran pun menjadi semakin cepat dan mudah menempel di wajah. Sebagai dampaknya, wajah pun menjadi tersumbat yang memicu timbulnya komedo ini.

wajah berminyak

Jika wajah kamu berminyak, pastikan bahwa kamu selalu mencuci wajah dengan rutin.

Pola Hidup Tidak Sehat

Perilaku pola hidup tak sehat bisa menjadi pemicu munculnya komedo sama halnya dengan jerawat. Ada banyak sekali faktor penyebab timbulnya komedo akibat gaya hidup tidak sehat ini, di antaranya mengonsumsi alkohol, merokok, begadang, kurang beraktivitas dan lain sebagainya.

Faktor Stress

Faktor psikologis seseorang atau stres memang secara tidak langsung akan berpengaruh pada kesehatan kulit wajah, salah satunya bisa menimbulkan komedo di area wajah.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda mencegah terjadinya stres agar wajah pun lebih segar dan sehat dengan memperbanyak aktivitas yang menyenangkan.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami

Jika Anda sudah terlanjur mengalami masalah komedo ini, ada beberapa cara menghilangkan komedo di hidung secara alami menggunakan bahan-bahan herbal. Berikut adalah bahan herbal yang dimaksud.

Minyak Dari Pohon Teh

Menghilangkan komedo secara alami bisa dengan memanfaatkan minyak dari pohon teh. Caranya juga sangat mudah, cukup dengan mengusapkan minyak ini hingga ke seluruh permukaan wajah berikut hidung yang terdapat komedonya dengan rutin.

minyak teh

Minyak Teh

Minyak alami ini tak hanya mengatasi komedo saja melainkan juga bisa mencegah datangnya komedo di wajah.

Buah Pepaya

Buah pepaya tak hanya memiliki rasa manis dan segar saat dikonsumsi, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Salah satu manfaat buah pepaya untuk perawatan kulit wajah adalah untuk mengatasi timbulnya komedo di hidung maupun area wajah lainnya.

Buah pepaya

Buah pepaya

Tak hanya itu saja, buah pepaya juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit secara alami dan juga untuk proses peremajaan kulit.

Untuk mengatasi komedo memakai buah pepaya ini, caranya adalah cukup menghancurkan buah pepaya matang hingga lembut, kemudian campurkan madu dan susu segar ke dalamnya.

Setelah tercampur merata, selanjutnya oleskan ke area hidung yang terdapat komedo. Lalu biarkan 15 menit dan hingga kering, setelah itu bilas memakai air hangat.

Gandum

Gandum tak hanya bermanfaat untuk Anda yang sedang diet saja, tetapi juga bermanfaat untuk merawat kulit wajah Anda.

Gandum dipercaya bisa mengusir datangnya jerawat dan komedodengan menjadikannya sebagai masker alami. Caranya adalah campur air dengan oat atau gandum, kemudian aduk hingga merata.

Gandum

Gandum

Selanjutnya usapkan ke seluruh permukaan wajah hingga hidung. Adapun masker alami dari gandum ini berguna untuk dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati serta untuk peremajaan kulit.

Gandum juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan sirkulasi darah di area wajah Anda.

Putih Telur

Ingin perawatan yang lebih simpel untuk menghilangkan komedo?

Dampang saja, karena Anda bisa memanfaatkan putih telur untuk mengatasi datangnya komedo ini. Seperti kita ketahui, putih telur memiliki kandungan protein tinggi.

Tak hanya menghilangkan komedo saja, bahan alami putih telur ini pun dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan kekenyalan kulit menjadi lebih kenyal dan kencang serta mencerahkan kulit wajah.

Putih Telur

Putih Telur

Bahkan noda bekas jerawat pun bisa dibasmi memakai masker putih telur ini. Adapun caranya adalah cukup dengan mengoleskan masker putih telur ke seluruh permukaan wajah khususnya di bagian hidung, kemudian tunggu hingga mengering dan bilas memakai air hangat.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung sejumlah serat yang tinggi yang juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo di wajah secara alami.

cara alami mengobati mual karena maag

Kedelai
(Foto: www.eastrussia.ru)

Cara pengolahan kacang kedelai ini yaitu cukup menghaluskan atau memblender kacang kedelai kemudian campurkan sedikit air dan balurkan ke area yang terkena komedo.

Cara menghilangkan komedo di hidung secara alamibisa Anda lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

**

Semoga informasi di atas dapat membantu masalah komedo Kamu. Tinggalkan komentar atau bagikan ke sosial media agar teman-teman kamu tahu.

{ 1 comment… add one }
  • andin Tuesday, 30 August 2016, 14:07

    waaaa tipsnya super sekali

Leave a Comment