≡ Menu

6 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Dengan Cepat dan Mudah

Secara umum, kehilangan nafsu makan bisa dijadikan sebagai sebuah gejala dari munculnya masalah-masalah mendasar seperti pola hidup, penyakit, faktor usia, ataupun karena kondisi psikologis. Kehilangan nafsu makan itu sendiri akan berdampak pada turunnya berat badan.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Cara Meningkatkan Nafsu Makan – Ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang kehilangan nafsu makannya. Misalnya jika orang tersebut sedang menjalani pengobatan yang mewajibkan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu, kondisi psikologis yang depresi atau cemas berlebih, hingga kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

Untuk itu, periksakan diri kamu ke dokter agar bisa ditemukan penyebab pasti dari hilangnya nafsu makanmu. Pasalnya, bisa saja kondisi tersebut diakibatkan oleh penyakit yang lebih serius.

Sementara itu, masih ada sejumlah cara yang bisa kamu terapkan agar nafsu makan itu bisa meningkat kembali. Apa saja caranya? Silahkan disimak:

Baca juga: Tiga Jenis Pola Makan Untuk Menggemukkan Badan

Makanan Penggugah Selera

Cobalah untuk menyediakan makanan dengan menu yang lebih beraroma dan atraktif dari biasanya.

cara meningkatkan nafsu makan

Hal seperti ini sedikit banyak bisa membantu kamu untuk tergoda sehingga mau mengonsumsi makanan tersebut. Makanan yang terlihat “sedap” di mata dan “enak” di hidung tentu saja akan menggugah selera.

Oleh karena itu, mintalah anggota keluarga kamu untuk menyajikan makanan seperti ini. Selain itu, usahakan pula untuk tidak minum sebelum atau saat makan, karena hal ini bisa menimbulkan rasa kenyang yang lebih cepat.

Bumbu Herbal

Bumbu-bumbu herbal yang ditambahkan ke dalam makanan juga bisa membantu untuk menstimulasi nafsu makan.

cara meningkatkan nafsu makan

Daun Alfalfa untuk menstimulasi nafsu makan

Gingseng, daun jahe, daun pepaya, jeruk, dandelion, temulawak, daunt mint, hingga daun alfalfa terbukti bisa meningkatkan nafsu makan. Namun khusus untuk kamu yang menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi gingseng.

Multivitamin

Cara meningkatkan nafsu makan yang paling gampang dilakukan adalah dengan mengonsumsi multivitamin. Adapun tujuan dari konsumsi multivitamin ini adalah untuk menggantikan nutrisi yang hilang dikarenakan nafsu makan yang menurun.

Vitamin B sangat baik dikonsumsi untuk memancing hasrat makan. Begitu juga dengan multivitamin seperti tembaga dan zinc yang akan membuat indera pengecap itu semakin tajam. Ada baiknya jika kamu mengonsumsi multivitamin setelah mendapat persetujuan dokter.

Aktifitas Fisik

Olahraga yang ringan sangat efektif untuk membantu mengembalikan nafsu makan. Berenang, bersepeda, hingga yoga merupakan aktivitas fisik yang akan menimbulkan rasa lapar.

olahraga penurun berat badan dengan cepat

© Sofia Zuriaga Lucas/depositphotos.com

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Yoga

Selain itu, olahraga seperti ini juga tidak akan membakar kalori secara berlebihan sehingga kamu tidak harus khawatir kehilangan berat badan.

Selain efektif untuk mendatangkan rasa lapar, olahraga yang rutin akan membantu proses penyerapan sari-sari makanan menjadi lebih optimal. Dalam artian lain, olahraga memiliki peranan yang besar dalam mengembalikan nafsu makan.

Makanan Tambahan

Ada beberapa makanan tambahan yang sebaiknya kamu konsumsi agar nafsu makan itu bisa kembali, misalnya minum susu 3 kali sehari. Hal ini bertujuan agar tubuh kamu bisa mendapatkan nutrisi dan kalori. Selain itu, konsumsi pula biskuit, roti gandum, sereal bergizi, dan berbagai camilan sehat.

Kamu bisa juga mengonsumsi pisang, alpukat, agar-agar, selai kacang, atau yogurt. Selain bergizi tinggi, makanan seperti itu juga bisa membantu untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Konsumsi minuman probiotik juga sangat dianjurkan karena bertujuan untuk menambah jumlah bakteri baik di dalam sistem pencernaan.

Hindari Penyakit Emosional

Apabila penurunan nafsu makan kamu memang berkaitan dengan keadaan emosional, sebaiknya konsultasikan dengan tenaga medis profesional agar bisa diberikan penangan yang sesuai.

Usaha apapun yang kamu lakukan tidak akan bisa mengembalikan nafsu makan tersebut jika dilakukan dengan keadaan emosional yang buruk.

***

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan nafsu makan yang mungkin bisa kamu coba terapkan. Pastikan untuk melakukannya dengan santai dan tidak terbebani untuk segera bisa mendapatkan hasil. Selamat mencoba.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment