≡ Menu

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Waktu Singkat

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun terkadang, kita membutuhkan cara yang bisa bekerja dalam waktu yang singkat. Saat akan menghadiri pertemuan penting, kamu tentunya tidak memiliki banyak waktu untuk membaca dan menerapkan panduan mengenai kepercayaan diri bukan?

Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa tips cara meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu yang singkat.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak untuk Tampil Lebih Percaya Diri

Tersenyum

Jika kamu merasa gugup dan kehilangan kepercayaan diri, maka senyum merupakan langkah awal yang bisa kamu lakukan. Senyuman sangat erat kaitannya dengan energi positif sehingga bisa membuat kamu merasa lebih baik.

cara meningkatkan rasa percaya diri

Berikan senyuman terbaik
© Antonio Guillem Fernández/depositphotos.com

Bukan hanya menunjukkan ekspresi, namun senyum juga akan membantu kamu untuk melepaskan hormon endorphin, meningkatkan sirkulasi darah pada wajah, serta membuatmu merasa lebih nyaman sehingga bisa lebih percaya diri.

Kontak Mata

Seperti halnya dengan tersenyum, kontak mata yang kamu lakukan juga akan menunjukkan rasa percaya dirimu. Memilih untuk menatap sepatu atau ujung meja hanya akan membuat kamu merasa malu hingga ragu dalam mengambil keputusan.

cara meningkatkan rasa percaya diri

Menatap mata lawan ketika berbicara
(Foto: www.nganhnghe.info)

Untuk itu, lakukan kontak mata dengan lawan bicara kamu. Hal ini juga akan membuat lawan bicaramu merasa lebih tertarik denganmu.

Suara Hati

Sebagai seorang manusia, kita tentunya memiliki suara hati yang sering mengatakan bahwa kita tidak mampu, bodoh, tidak percaya diri, dan sebagainya.

Jika kamu mampu mengubah suara hati ini, maka kamu akan memperoleh kepercayaan diri dengan seketika. Jadikan suara hatimu sebagai seorang teman yang sangat dekat dan mendukung setiap langkah yang akan kamu ambil.

Gunakan Standarmu

Terlepas dari apapun situasi yang sudah membuat kamu kehilangan kepercayaan diri, cobalah untuk selalu berdiri pada standar kamu sendiri.

Jelas bahwa orang lain akan memiliki penilaian berbeda terhadapmu, sehingga sekeras apapun kamu mencoba, hasilnya tidak akan pernah memenuhi standar orang tersebut. Coabalah agar bisa bertahan pada standar yang kamu miliki.

Penampilan

cara meningkatkan rasa percaya diri

Selalu menjaga penampilan
(Foto: www.gakuku.com)

Cara meningkatkan rasa percaya diri selanjutnya adalah tampil serapih mungkin. Sekalipun kamu tidak memiliki waktu yang banyak, namun usahakan untuk pergi ke kamar mandi dan rapikan rambutmu, cuci muka, meluruskan baju, dan periksa apakah masih ada sisa makanan pada gigimu.

Ketika kamu melakukan hal ini, maka rasa takutmu pada penampilan akan hilang. Bagaimanapun juga, penampilan fisik merupakan pintu awal bagi orang lain untuk menilai kita.

Berdoa

Jika kamu memang percaya akan kuasa tuhan, sebaiknya berdoalah. Untuk kebanyakan orang, berdoa bisa membuat percaya diri mereka meningkat dalam waktu singkat.

Berdoa bisa membuat kamu sejenak mundur dari segala macam bentuk situasi dan mencari bantuan dari Tuhan.

Reka Ulang

Apabila ada situasi yang terjadi di luar dari perkiraan kamu, tentu akan membuat kamu menjadi goyah sehingga kehilangan kepercayaan diri.

Untuk itu, cobalah mereka ulang kejadian tersebut, kemudian tempatkan pada suasana yang lebih positif. Pasalnya, sebuah kejadian bisa menjadi negatif karena persepsi dari kita sendiri.

Tentukan Langkah Selanjutnya

Jika saat ini kamu sedang berada pada situasi yang meragukan, maka segera mencari langkah sederhana yang memungkinkan kamu untuk terus maju.

Misalnya dengan memperkenalkan diri pada orang lain, melakukan kontak mata, atau berbicara hal-hal menarik lainnya kepada orang yang ada di sekitar kamu.

Sekalipun kamu tidak memiliki gambaran yang lengkap mengenai langkah yang harus diambil, namun usahakan untuk mengambil tindakan yang cepat.

Bicara Perlahan

Cara meningkatkan rasa percaya diri selanjutnya adalah dengan bicara perlahan. Berbicara secara perlahan akan membuat kamu terlihat lebih percaya diri.

Selain itu, bicara pelan juga memberikan kamu kesempatan untuk memikirkan hal-hal apa saja yang harus diutarakan selanjutnya. Jika kamu sedang melakukan presentasi, sebaiknya berhentilah pada ujung kalimat sehingga orang lain memiliki kesempatan untuk mencernanya.

Ikut Ambil Bagian

Bagaimanapun situasi kamu saat itu, usahakan untuk ambil bagian ke dalamnya. Jangan berdiam diri karena hanya akan semakin menunjukkan rasa tidak percaya dirimu.

Sekalipun kamu merasa tidak bisa berkata banyak, namun pikiran dan juga sudut pandangmu akan menjadi berharga bagi orang-orang di sekitar kamu.

***

Nah, itulah seumlah cara meningkatkan rasa percaya diri yang bisa kamu terapkan pada situasi-situasi yang memang tidak memungkinkan dan berlangsung begitu cepat.

{ 1 comment… add one }
  • Dubooh Monday, 23 January 2017, 19:07

    wah… bagus nih tipsnya.. benar2 bermanfaat skali :D

Leave a Comment