≡ Menu

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Yoga

Yoga adalah salah satu bagian dari olahraga yang juga termasuk sebagai metode relaksasi. Selain untuk menyehatkan tubuh dan membuat pikiran lebih tenang, yoga juga dianggap sebagai metode yang efektif dalam menurunkan berat badan.

Senam yang memfokuskan pada pikiran ini diklaim bisa menciptakan berat badan yang ideal lewat manajemen konsentrasi.

Secara umum, orang yang rutin melakukan senam yoga akan memiliki pola makan yang lebih termanajemen. Hal ini dikarenakan yoga mampu menurunkan rasa jenuh, depresi, dan berbagai gangguan psikologis.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Yoga

Yoga sebaiknya dilakukan di ruang terbuka
© kurapatka/fotolia.com

Menurunkan Berat Badan dengan Yoga

Ketika tubuh bisa dalam kondisi yang tenang, maka pola makan akan ikut teratur yang diikuti oleh berat badan yang ikut terjaga pula. Bahkan banyak yang mengklaim bahwa yoga lebih efektif dibanding aerobik dalam hal menurunkan berat badan.

Baca juga: Badan Langsing dengan Senam Pilates, Mudah dan Asik

Yoga bukanlah olahraga yang berat, karena fokus utamanya ada pada konsentrasi dan pikiran. Nah, dibanding kamu harus melakukan olahraga yang berat agar bisa menurunkan berat badan, mengapa kamu tidak mencoba yoga saja? Yoga sudah terbukti bisa merampingkan area perut dan bentuk tubuh secara keseluruhan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yoga juga membuat tubuh lebih kuat, lentur, serta daya konsentrasi yang ikut meningkat pula. Namun untuk mendapatkan hasil tersebut, gerakan yoga yang dilakukan tentunya harus tepat. Pasalnya, yoga memiliki aturan tersendiri dalam hal pola dan pose geraknya.

Nah, berikut ini beberapa pose dalam senam yoga yang sangat efektif untuk membantu kamu dalam menurunkan berat badan:

Bow Pose

Bow Pose merupakan gerakan yang ditujukan untuk menghilangkan lemak. Untuk melakukan pose ini, maka baringkan tubuh kamu di lantai lalu angkat tangan ke arah belakang.

Bow pose

Bow pose
© jedi-master/fotolia.com

Usahakan agar tangan kamu bisa menyentuh jari-jari kaki. Setelah itu, angkat dada namun paha harus tetap menempel di atas lantai. Lanjutkan dengan menarik nafas dalam-dalam dan masukkan dirimu ke dalam kondisi yang lebih santai.

Paschimottanasana

Cara menurunkan berat badan dengan yoga bisa juga kamu lakukan dengan pose paschimottanasana. Ini merupakan pose yang mirip dengan senam mencium lutut, hanya saja dibutuhkan alat bantu untuk menyangga telapak kaki. Untuk hal ini, kamu bisa menggunakan balok kayu.

Posisikan kepala sebisa mungkin sampai mencium lutut

Posisikan kepala sebisa mungkin sampai mencium lutut
© fizkes/fotolia.com

Ambil posisi seperti saat kamu mau mencium lutut, kemudian letakkan alat bantu pada ujung kaki. Kamu bisa berpegangan pada alat bantu tersebut agar posisi kaki bisa tetap lurus.

Tahan posisi menggunakan alat bantu seperti kayu

Tahan posisi menggunakan alat bantu seperti kayu
© fizkes/fotolia.com

Tahan gerakan ini selama beberapa waktu, kemudian ulangi. Tujuan dari pose yoga seperti ini adalah untuk mengatasi nyeri punggung dan membakar lemak pada perut.

Tree pose

Tree pose merupakan gerakan yang dilakukan dengan memposisikan tubuh berdiri, lalu angkat satu kaki dan arahkan ke atas. Lanjutkan dengan menekuk telapak kaki hingga menyentuh bagian kaki lainnya. Angkat tangan kamu ke atas kepala.

Tree pose

Tree pose
© kurapatka/fotolia.com

Tree pose adalah gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, sekalipun untuk pemula. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya lakukan gerakan ini saat perut kamu masih kosong.

***

Diet yang ketat atau pola makan yang teratur masih belum cukup untuk menurunkan berat badan seseorang. Program seperti itu wajib diikuti dengan olahraga yang rutin agar hasilnya bisa maksimal.

Baca juga: Pola Makan Diet yang Tepat, Menuju Berat Ideal

Nah, olahraga yang kami rekomendasikan adalah yoga karena metodenya yang tidak seberat dengan jenis olahraga lainnya.

Semoga informasi mengenai cara menurunkan berat badan dengan yoga yang kami berikan kali ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sedang berusaha untuk mendapatkan berat badan ideal. Selamat mencoba!

{ 1 comment… add one }
  • CHRISTIANA CAHYANINGTYAS Tuesday, 22 March 2016, 12:08

    saya mempunyai berat badan 117,2 kg tinggi 158 cm umur 40 th pingin turun berat badan supaya badan tidak kendor. trimakasih

Leave a Comment