≡ Menu

6 Tips Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Anak-Anak

Kegemukan merupakan kondisi yang sangat umum bagi masyarakat dunia. Selain dalam hal fisik, kegemukan juga dikenal sebagai sumber dari berbagai penyakit, misalnya tekanan darah tinggi, gangguan tidur, diabetes, kanker, penyakit jantung, liver, gangguan makan, dan gangguan emosional.

Kegemukan tidak hanya merugikan orang dewasa, namun juga untuk anak-anak. Artinya, kegemukan mengancam kehidupan serta masa depan dari jutaan anak-anak di dunia ini.

Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Anak-Anak

Dengan meningkatnya anak-anak penderita kegemukan, maka kesadaran akan kesehatan dari para orang tua juga harus ditingkatkan. Ada banyak cara untuk mengatasi kegemukan, mulai dai manajemen diet, olahraga, dukungan secara emosional, hingga melakukan perubahan pola hidup.

Nah, dari begitu banyaknya cara dalam menurunkan berat badan, ada beberapa cara yang sudah terbukti efektifitasnya dalam memperbaiki berat badan pada anak-anak. Apa sajakah itu?

Baca juga: Beberap Jenis Makanan Penambah Berat Badan

1. Manajemen Diet

Jika Anda bisa mengajak sang anak agar mau makan lebih banyak sayur dan buah, maka secara otomatis Anda sudah mengajarkan ia cara hidup yang lebih sehat. Anda harus bisa membuat si anak bisa menghadapi tantangan untuk memakan banyak buah dan sayur setiap harinya.

cara menurunkan berat badan untuk anak-anak

Healthy food with vegetable and fruit
© Gennadiy Poznyakov/depositphtos.com

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan frekuensi makanan kecil yang bertujuan untuk mengoptimalkan sistem metabolisme dan juga sistem imunnya. Makanan ringan yang sehat serta makan 4-5 kali sehari dengan porsi yang kecil sudah cukup membantu dalam mengontrol nafsu makan mereka.

2. Jangan Menghitung Kalori

Secara umum, orang tua yang memiliki anak gemuk akan mengajarkan mengenai cara menghitung kalori di dalam makanan. Namun sayangnya, hal seperti ini tidaklah menyenangkan bagi sang anak.

Proses penghitungan kalori yang terlalu rumit akan membuat mereka menjadi stres sehingga cenderung makan lebih banyak. Obsesi terhadap penghitungan kalori justru lebih merugikan pada anak-anak dibanding orang dewasa.

Maka dari itu, bantu ia dalam menentukan pilihan makanan yang lebih sehat tanpa harus membuatnya terbebani akan jumlah kalori yang bisa menimbulkan rasa bersalah baginya.

3. Berikan Kebebasan

Cara menurunkan berat badan untuk anak-anak selanjutnya adalah dengan memberikan kebebasan. Mengapa? Karena dengan membatasi aksesnya pada makanan tertentu hanya akan membuatnya merasa tidak senang dalam menjalani kehidupannya sebagai anak-anak.

Beri ia kesempatan yang memungkinkan baginya dalam mengkonsumsi makanan apapun yang ia inginkan, terlebih pada hari-hari yang khusus seperti ulang tahun. Anda harus percaya bahwa sang anak memiliki kemampuan dalam memilih makanan sehatnya sendiri.

Jika anda menerapkan aturan yang terlalu ketat mengenai makanan yang sehat, ia cenderung akan melakukan reaksi yang berlawanan. Jika sudah demikan, maka ia akan sembunyi-sembunyi mengonsumsi permen, cemilan, atau minuman manis.

4. Memberikan Contoh

Biasanya, kegemukan terjadi di dalam sebuah keluarga dikarenakan anak-anak mereka meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya, termasuk dalam hal makanan. Nah, jika Anda memang ingin membantu untuk menurunkan berat badannya, maka buatlah diri Anda sebagai panutan.

Anda juga wajib mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, serta menerapkan pola hidup yang lebih baik. Anak-anak Anda akan melihat hal seperti ini sebagai sesuatu yang normal dan alami, sehingga ia tergerak untuk mengikutinya yang kemudian berdampak positif terhadap proses penurunan berat badannya.

5. Siapkan Makanan di Rumah

Cara menurunkan berat badan untuk anak-anak yang juga bisa Anda coba adalah dengan menyiapkan makanan di rumah, utamanya saat sarapan dan makan malam. Mungkin Anda terbiasa memberikan sang anak makanan cepat saji atau mengajaknya makan di luar, namun ini bukanlah kebiasaan yang baik.

Happy Family

Happy Family
© Monkey Business/depositphtos.com

Pasalnya, kebiasaan yang Anda kembangkan bagi mereka akan terbawa hingga ia dewasa. Maka dari itu, biasakan untuk menyiapkan makanan di rumah. Selain itu, usahakan pula agar Anda sekeluarga bisa makan bersama. Mungkin bagi sebagian keluarga cukup sulit untuk memberlakukan jadwal demikian.

Tapi ada peneltian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang sering makan di meja makan bersama dengan keluarganya cenderung terhindar dari kemungkinan penambahan berat badan. Makan bersama juga akan membuat tingkat mengonsumsi makan menjadi lambat, sehingga makanan tersebut bisa dicerna lebih baik yang kemudian membuat pencernaan lebih sehat.

6. Batasi Minuman Manis

Mulai dari sekarang, gantilah kebiasaan anak Anda mengonsumsi minuman manis dengan susu atau jus buah. Jus buah jauh lebih baik dibandingkan dengan minuman manis dan bersoda yang memang merupakan masalah utama dari kegemukan. Untuk itu, berikan bekal jus atau sebotol air mineral untuk menemani makan sang anak di sekolah.

***

Pada dasarnya, cara menurunkan berat badan untuk anak-anak yang kami berikan kali ini lebih menekankan pada pola hidup serta perilaku sang anak itu sendiri. Maka dari itu, jadilah contoh agar ia bisa menerapkan cara-cara di atas dengan sukarela. Selamat mencoba.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment