≡ Menu

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Berketombe, Kembalikan Rasa Percaya Diri Anda

Ketombe merupakan sebuah kondisi di mana terjadi pengelupasan kulit mati pada kulit kepala. Ketombe bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kondisi rambut yang kotor atau kusam karena jarang dicucui. Rambut yang kotor adalah tempat yang sangat disukai bagi ketombe.

Baca: Rahasia: Tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Oleh karena itu, mencuci rambut paling tidak dua kali seminggu sangat disarankan. Namun keramas secara berlebihan juga harus dihindari, karena bisa merusak kesehatan rambut serta menghilangkan kelembapan alami rambut. Kandungan bahan-bahan kimia yang terdapat pada produk pencucui rambut juga menjadi lebih sering menempel pada rambut.

Enam Cara Menghindari Agar Rambut Bebas Ketombe

Ketombe juga bisa ditimbulkan karena kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh rambut. Ditambah apabila kulit kepala sering berkeringat berlebihan, maka ketombe bisa sangat mudah muncul. Faktor lain seperti faktor genetika atau hormon yang tidak seimbang juga bisa menjadi pemicu munculnya ketombe.

Penggunaan produk shampo yang tidak sesuai dengan tipe dan jenis rambut juga bisa menimbulkan ketombe. Menggunakan shampoo yang tidak sesuai justru hanya akan menimbulkan alergi pada kulit kepala dan sangat rentan menimbulkan ketombe.

Oleh karena ini, kami akan memberikan tips cara merawat rambut agar tidak berketombe yang bisa anda coba di rumah.

Membersihkan Rambut Secara Rutin

rambut bersih

Rambut yang bersih akan membuat sirkulasi darah pada kulit kepala menjadi lebih lancar. Selain itu, rambut yang bersih akan membantu jaringan metabolisme untuk tumbuh dan berkembang secara normal. Memiliki rambut yang bersih juga dapat mengurangi stress, mengingat stress adalah salah satu pemicu munculnya ketombe.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

nutrisi rambut

Tubuh yang kekurangan asupan vitamin dan protein dapat membuat rambut menjadi kusam, rontok, dan berketombe. Hal ini disebabkan karena rambut juga membutuhkan vitamin dan zat gizi untuk menunjang kekuatan dan kesehatannya.

Jenis vitamin yang penting untuk kesehatan rambut adalah vitamin B kompleks dan vitamin C. Kekurangan vitamin B kompleks pada tubuh merupakan penyebab utama rambut menjadi tampak kusam dan gampang terserang ketombe.

Sedangkan vitamin C memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan akar rambut. Akar rambut adalah bagian yang penting karena berfungsi untuk menyerap dan menyalurkan zat gizi ke rambut.

Memilih Shampo Yang Tepat

shampo anti ketombe

Cara merawat rambut agar tidak berketombe selanjutnya adalah dengan memilih shampo yang tepat. Jenis shampo yang baik adalah yang bisa menghilangkan minyak dan sisik kepala. Shampoo seperti ini akan membuat rambut menjadi lebih gampang disisir dan tidak mudah kusut. Ketombe tidak akan mudah muncul pada rambut yang sehat dan rapi.

Memilih Sisir

memilih sisir

Dalam menggunakan sisir, sebaiknya gunakan sisir yang bergigi renggang dan tidak terlalu tajam. Menyisir rambut juga harus dilakukan secara lembut, karena memaksakan gerakan menyisir pada rambut hanya akan membuatnya menjadi rusak dan rontok.

Sebaiknya hindari penggunaan sisir yang berbahan nilon karena membuat rambut menjadi mudah patah. Setelah menggunakan sisir, bersihkan dengan air hangat agar tidak menjadi sarang bagi jamur berkembang biak yang bisa menjadi penyebab ketombe ketika sisir digunakan kembali.

Gunting Rambut Secara Rutin

potong rambut

Menggunting rambut secara rutin berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut, karena rambut yang sehat tidak akan mudah berketombe. Menggunting rambut akan membuat ujung-ujung rambut menjadi sehat, tidak mudah patah, bercabang, dan juga dapat menjaga kelembapan rambut.

MengiIkat Rambut

ikat rambut

Bagi anda yang memiliki rambut panjang, biasakanlah untuk mengikat rambut ketika melakukan aktifitas yang berat seperti olahraga. Anda juga bisa menggunakan bando atau penutup kepala. Namun usahakan untuk menggunakan penutup kepala yang cepat menyerap keringat, hal ini bertujuan agar keringat tidak menumpuk di kulit kepala.

**

Sekian ulasan mengenai tips cara merawat rambut agar tidak berketombe, semoga bisa dijadikan referensi bagi anda yang mengalami masalah ketombe.

{ 2 comments… add one }
  • cafe Tuesday, 17 January 2017, 17:24

    sis sampo sesa ini bahannya dr herbal kah? apakah sm dgn selsun?wky sy pakai selsun mmg ketombe berkurang byk tp rambut jd kasar bgt dan kesat sekali rasanya.. dimana sy bs dapetin sampo sesa? hrgnya brp?

  • maya zulaeha Friday, 11 December 2015, 08:30

    itu rp berapa si..

Leave a Comment