≡ Menu

Cara Paling Ampuh Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Kemunculan batuk dan pilek secara umum dipicu karena penyebaran bakteri atau virus dari orang yang sebelumnya sudah terinfeksi. Hal ini sendiri bisa disebarkan lewat tetesan bersin yang menyebar di udara.

Baca juga: Cara efektif mengobati flu berat pada orang dewasa dan anak

Bakteri dan virus yang ada di udara ini akan menjadi pemicu utama sehingga terjadilah masalah batuk dan pilek, baik itu pada orang dewasa atau anak-anak.

Nah, sebelum membahas cara paling ampuh menyembuhkan batuk dan pilek, ada baiknya jika kita mengenal lebih dekat mengenai penyebabnya.

Cara Paling Ampuh Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Penyebab Batuk dan Pilek

Saat seseorang bersin, maka ada sekitar 200 jenis virus yang siap menularkan batuk dan pilek ke orang lain. Adapun orang dengan daya tahan tubuh rendah akan lebih mudah tertular.

Kondisi virus akan semakin mudah mewabah saat memasuki pergantian musim atau saat udara didominasi oleh suhu dingin. Tingkat kekebalan tubuh yang rendah serta adanya penurunan suhu di sekitar akan semakin memudahkan terjadinya batuk dan pilek.

Penyakit ini bisa dikenali dengan keluarnya lendir atau ingus melalui rongga hidung. Biasanya, kondisi ini menunjukkan gejala dimana cairan lendir tersebut masih berwarna putih bersih yang kemudian membuat penderitanya sakit kepala, demam, hidung tersumbat, nyeri otot, atau gatal dan panas pada tenggorokan sebagai pertanda akan gejala batuk. Batuk seperti ini bisa terjadi sebelum atau sesudah pilek, namun bisa juga terjadi bersamaan.

Anak-anak lebih mudah terserang penyakit ini dikarenkan belum sempurnanya sistem kekebalan tubuh yang mereka miliki. Pada kondisi seperti ini, bukan hanya batuk dan pilek saja yang bisa menyerang, namun penyakit lainnya juga memiliki potensi yang sama.

Cara Paling Ampuh Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Nah, jika sang anak mengalami batuk dan pilek, Anda jangan langsung panik. Sebagai orang tua, sebaiknya berikan pengobatan yang bersifat alternatif seperti:

  1. Konsumsi air putih yang banyak agar dahak bisa menjadi encer.
  2. Jika saluran nafas tersumbat, gunakan air garam sebagai tetes hidung.
  3. Selain air garam, Anda juga bisa memberikan uap air hangat dan biarkan sang anak menghirupnya.
  4. Pada pagi hari, biarkan ia terkena lebih banyak sinar matahari.
  5. Mengonsumsi sup yang memiliki banyak bawang putih. Hal ini sangat dimungkinkan karena bawang putih memiliki zat yang bekerja sebagai antivirus, antimikroba, dan antiprotozoa.
  6. Perbanyak konsumsi vitamin C yang diperoleh dari alam seperti jeruk.
  7. Saat anak tertidur, letakkan ember yang berisi air mendidih agar suhu di kamar tidurnya tidak terlalu kering.
  8. Usahakan agar sang anak sering mencuci tangannya agar bisa menekan penyebaran virus.
  9. Nah, jika masalah batuk dan pilek ini ternyata dialami oleh orang dewasa, maka berikut alternatif yang bisa dilakukan:
    1. Mengonsumsi 1 sdm madu murni setiap harinya. Setelah batuk dan pilek ini sembuh, Anda masih bisa melanjutkan konsumsi madu ini sebagai langkah pencegahan.
    2. Berkumur menggunakan air garam. Campur 1 sdt garam dengan 1 gelas air hangat. Berkumurlah menggunakan ramuan ini sebanyak 4 kali sehari.
    3. Konsumsi sup hangat bisa membantu untuk membersihkan saluran udara. Selain itu, sup hangat juga bisa membantu untuk menyuplai energi yang sangat dibutuhkan tubuh kala menghadapi kondisi seperti ini.
  10. Saat mandi, Anda bisa menggunakan air panas. Hal ini sangat membantu untuk menenangkan tubuh dan membuatnya menjadi lebih rileks.

***

Kunci utama dalam mengobati batuk dan pilek, baik itu pada orang dewasa maupun anak-anak, adalah dengan menjaga daya tahan tubuh itu sendiri. Hal ini menyangkut pola makan, kebersihan, dan juga pengetahuan mengenai kesehatan.

Sekian informasi mengenai cara paling ampuh menyembuhkan batuk dan pilek. Semoga bisa menjadi alternatif saat batuk dan pilek ini menyerang Anda atau sang anak.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment