≡ Menu

Cara Penyembuhan Pilek Dengan Terapi Uap dan Beberapa Pendukung

Pilek adalah penyakit yang sangat umum dan bisa diderita oleh siapa saja. Penyakit ini sendiri bisa datang begitu saja, sehingga banyak orang yang kesulitan karena tidak ada antisipasi sebelumnya.

Agar aktivitas kamu bisa berjalan lancar tanpa terganggu oleh serangan pilek, maka kamu harus mengatasinya dengan cara yang alami.Pengobatan dengan konsumsi obat-obatan tidak terlalu efektif untuk mengatasi pilek yang berat.

Baca juga: Lima Cara Efektif Mengobati Flu Berat

flu bisa muncul pada siapa saja

flu bisa muncul pada siapa saja

Cara Penyembuhan Pilek Dengan Terapi Uap

Pilek disebabkan karena adanya serangan virus dan disaat bersamaan daya tahan tubuh juga mengalami penurunan.

Ketika musim hujan, penyakit ini akan lebih sering menyerang akibat dari udara dingin yang membaut kekebalan tubuh berubah menjadi tidak stabil.

Banyak orang yang menganggap bahwa penyakit pilek adalah sesuatu yang ringan, sehingga mereka membiarkannya begitu saja karena akan sembuh dengan sendirinya.

Namun ketika pilek ini sudah disertai dengan batuk, maka masalah yang ditimbulkan akan semakin besar. Apalagi batuk dan pilek memang tergolong sebagai merupakan penyakit yang sering datang secara bersamaan.

Batuk itu sendiri merupakan reflek dari tubuh sebagai tanda adanya gangguan pada saluran pernafasan. Meskipun sebenarnya tubuh manusia bisa mengatasi hal ini, namun karena infeksi yang sudah disebabkan oleh virus kemudian membuat sistem perlawanan tubuh tidak bisa menangkalnya.

Terapi Uap

Nah, jika kamu sudah mengalami hal ini, maka pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan terapi uap. Metode ini terbukti bisa membantu untuk meringankan pilek karena bisa menjadikan hidung yang mampet menjadi lebih plong.

Cara Penyembuhan Pilek Dengan Terapi Uap

Cara Penyembuhan Pilek Dengan Terapi Uap

Metode ini bisa kamu lakukan dengan menyiapkan wadah berisi air panas dan minyak kayu putih. Masukkan sekitar 10 hingga 15 tetes minyak kayu putih ke dalam air panas tersebut.

Setelah itu, hiruplah uap hangat yang dihasilkan dari air panas tersebut selama beberapa saat. Akan semakin maksimal jika kamu meminta bantuan orang lain untuk menepuk-nepuk punggungmu. Kamu juga bisa menggunakan jahe atau kunyit sebagai pengganti dari minyak kayu putih.

Cara penyembuhan pilek dengan terapi uap ini akan meredakan lendir yang sudah menyumbat hidung dan tenggorokan kamu. Selain itu, pastikan pula untuk mematikan AC atau kipas angin karena hanya akan menyebabkan suhu ruangan menjadi dingin.

Saat temperatur dari ruangan menjadi hangat, maka bisa membantu untuk menstabilkan kembali kondisi tubuhmu.

Selain dengan menggunakan metode di atas, kamu juga bisa mencoba beberapa alternatif lain yang masih bersifat alami.

Makan Buah dan Sayur

Sayur dan Buah

Mengkonsumsi buah dan sayur bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu yang sedang menurun. Hal ini dikarenakan asupan vitamin dan mineral di dalam buah dan sayur tersebut memang bisa menjaga kestabilan daya tahan tubuh.

Minuman Hangat

Pilek yang kamu derita tentu akan menghabiskan banyak cairan tubuh yang keluar melalui ingus, ludah, dan juga keringat. Maka dari itu, perbanyaklah asupan air minum agar masalah kekurangan cairan ini bisa diatasi.

minuman hangat akan sangat membantu

minuman hangat akan sangat membantu

Ada baiknya jika kamu mengkonsumsi air hangat karena bisa membantu untuk melegakan tenggorokan yang mengalami peradangan.

Istirahat Total

Jika kamu menderita pilek yang berat, maka istirahat yang total merupakan sebuah kewajiban. Saat tubuh mendapatkan istirahat total, maka sistem kekebalan tubuh juga akan ikut menjadi normal kembali.

istirahat total

istirahat total

Buatlah tubuh kamu agar bisa tetap hangat dengan menggunakan selimut, dan jika memang diperlukan kamu bisa memanfaatkan olesan minyak kayu putih.

Baca juga: Cara Paling Ampuh Menyembuhkan Batuk dan Pilek

***

Dari beberapa metode alami untuk mengatasi pilek di atas, cara penyembuhan pilek dengan terapi uap dianggap sebagai hal yang sangat mudah dan efektif, terutama untuk anak-anak.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment