≡ Menu

Beberapa Tips dan Cara Manjur Supaya Cepat Hamil

Kehamilan merupakan sebuah harapan dan impian bagi setiap pasangan suami istri, terutama bagi mereka yang baru melaksanakan pernikahan.

Namun ada kalanya harapan dan impian tersebut perlahan sirna ketika tidak adanya tanda-tanda kehamilan dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini bisa membuat pasangan suami istri dihinggapi perasaan stres dan sering menjadi putus asa.

Baca juga:

Ada banyak faktor yang mengakibatkan sulitnya terjadi kehamilan, mulai dari penyakit, gangguan sistem reproduksi atau adanya gangguan hormonal. Selain itu, ada juga pasangan yang sulit mendapatkan kehamilan dikarenakan kurangnya pengetahuan dasar tentang kehamilan itu sendiri.

Cara Supaya Cepat Hamil

Bagi suami istri yang belum berhasil mendapatkan kehamilan, Anda bisa memperhatikan beberapa tips di bawah ini. Berikut beberapa tips bagi para pasangan suami istri agar bisa segera menjemput kehamilan.

Kondisi kesehatan

Apabila kehamilan tak kunjung datang, lakukanlah pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan itu sendiri mencakup kesehatan tubuh, sistem reproduksi, dan tingkat kesuburan. Hal ini juga harus dilakukan oleh kedua pihak, baik suami maupun istri.

Kondisi Kesehatan

Kondisi Kesehatan

Dengan melakukan pemeriksaan maka akan segera ditemukan pemyebab mengapa kehamilan itu sulit terjadi, sehingga bisa dilakukan perawatan dan pengobatan secepatnya. Namun apabila hasil tes menunjukkan kondisi kedua pihak sehat, maka Anda bisa lanjut pada tips yang kedua.

Pola hidup sehat

Tips yang kedua adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa mendukung pola hidup sehat untuk cepat mendapatkan kehamilan:

  • Bagi suami yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hentikanlah segera. Begitu juga dengan kebiasaaan mengkonsumsi alkohol. Pasalnya, konsumsi alkohol memiliki resiko untuk mengurangi peluang terjadinya kehamilan sekitar 50 persen.
  • Jaga berat tubuh Anda dan pastikan agar tidak lebih atau kurang. Pembuahan akan sulit terjadi jika tubuh berada dalam kondisi yang tidak ideal, demikian pula saat sedang hamil. Bagi pria, kelebihan berat badan memberikan dampak pada pembentukan sperma.
  • Rajinnlah utnuk berolahraga agar kondisi tubuh bisa selalu terjaga. Dengan tubuh yang fit, maka peluang terjadinya pembuahan akan semakin besar.
  • Penuhi azupan gizi Anda secara seimbang.

Ketahui Masa subur

Cara supaya cepat hamil selanjutnya adalah dengan memahami kapan masa kesuburan itu terjadi. Masa subur terjadi saat Luteinizing Hormone (LH) meningkat secara signifikan sehingga mendorong sel telur agar keluar dari ovarium menuju saluran tuba falopi, sebuah saluran yang menjadi tempat terjadinya terjadi pembuahan oleh sperma.

temukan masa subur

Temukan masa subur

Proses inilah yang disebut dengan masa subur, tepatnya saat sel telur siap untuk dibuahi. Sel telur itu sendiri akan berada di dalam tuba falopi hingga 4 hari, namun masa yang paling baik untuk dibuahi adalah hingga 2 hari.

Variasi Posisi berhubungan

Banyak para ahli yang memiliki pendapat bahwa melakukan hubungan intim dengan posisi pria di atas akan menciptakan peluang kehamilan yang besar. Untuk lebih efektif, sang wanita bisa mengganjal bagian pinggulnya dengan menggunakan bantal agar serviks bisa menampung sperma dalam jumlah maksimal.

Baca juga: Inilah Beberapa Posisi Hubungan Seks Agar Cepat Hamil

Setelah melakukan ejakulasi, usahakan agar wanita tetap dalam posisi berbaring dan tahan hingga 10-20 menit. Hal ini bertujuan karena pada menit-menit ini cairan sperma akan mencair, sehingga jika sang wanita segera beranjak dari tempat tidur maka carian sperma tersebut akan mengalir kembali ke vagina. Kondisi ini bisa membaut suasana asam yang kemudian menjadikan sperma menjadi lemah bahkan bisa mati.

Ciptakan Suasana santai

Melakukan hubungan intim dengan suasana yang santai dan romantis merupakan salah satu cara supaya cepat hamil. Nah, jika masa subur telah tiba dan memang ada rencana utuk berhubungan, maka sediakanlah waktu dan tenaga yang cukup.

Ciptakan suasana santai

tCiptakan suasana santai

Apabila Anda baru selesai melakukan aktifitas, sebaiknya istirahatkan tubuh terlebih dahulu dan beri waktu agar tubuh bisa segar kembali. Jagalah suasana hati agar tetap tenang dan buatlah sikap Anda lebih santai.

Hindari pikiran-pikiran yang bisa menganggu saat melakukan hubungan intim, seperti bertanya apakah hubungan intim tersebut akan menghasilkan kehamilan atau tidak.

Konsumsi Vitamin

Cara yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi vitamin yang memiliki manfaat untuk kesuburan. Untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda bisa mengkonsumsi vitamin C.

Konsumsi Vitamin

Konsumsi Vitamin

Sedangkan untuk wanita, mengkonsumsi asam folat akan memberikan peluang kehamilan yang lebih besar. Selain itu, asam folat juga memiliki peranan penting untuk membentuk tabung otak janin kelak.

***

Semoga cara supaya cepat hamil di atas bisa memberikan manfaat bagi Anda para pasangan yang sangat mendambakan buah hati. Konsultasikan juga masalah Anda kepada bidan atau dokter spesialis.

{ 1 comment… add one }
  • Cara Supaya Cepat Hamil Sunday, 29 March 2015, 16:51

    Bagus artikelnya nih,
    Tambahan aja nih, setelah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa hamil, yang tak kalah pentingnya adalah aspek psikologis dan religius. Aspek psikologis berupa kesiapan Anda untuk memiliki (mengasuh) seorang anak, jadi pantaskan diri Anda untuk bisa memiliki anak. Sementara aspek religius berkaitan dengan hubungan antara Anda dengan Tuhan, Maka perbaikilih. Hamil itu terjadi karena kehendak Tuhan, jadi, buatlah Tuhan menyayangi Anda agar Dia segera menghendaki Anda untuk bisa hamil.

Leave a Comment