≡ Menu

Cara Tepat Alami Mengobati Penyakit Maag (Asam Lambung)

Adanya penyakit maag disebabkan karena luka atau peradangan di lambung. Luka tersebut menimbulkan rasa sakit dan mual yang dapat membuat penderitanya tersiksa.

Sakit maag sendiri bisa disebabkan karena banyak faktor, misalnya akibat pengaruh mikroorganisme, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, stres dan pola makan yang tidak teratur.

Cara mengobati maag bisa saja dengan berbagai obat yang dijual di pasaran. Akan tetapi, dalam jangkan panjang penggunaan obat justru dapat mengakibatkan ketergantungan. Jadi, akan lebih baik jika kita mengobati maag dengan bahan alami karena lebih aman dan tanpa efek samping.

Bahan-bahan tersebut juga cenderung lebih mudah ditemukan di sekitar kita dan murah sehingga tidak memerlukan biaya yang mahal.

Penyakit Maag

Bahan Alami yang Dapat Mengobati Maag

Berikut adalah tiga bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit maag. Bahan ini tidak sulit didabat, apabila Anda tertarik, bahan ini juga mudah ditanam.

Kunyit

Kunyit untuk mengobati sakit maag.

Kunyit untuk mengobati sakit maag.

Sudah sejak lama jika kunyit dikenal khasiatnya untuk kesehatan, salah satu manfaatnya yaitu untuk mengobati maag.

Cara pengolahannya mudah, pertama ambil beberapa ruas kunyit, kemudian cuci sampai bersih dan kupas kulit arinya. Parut kunyit yang telah bersih dan peras airnya, minumlah air perasan tersebut secara rutin tiap pagi dan sore hari.

Selain cara tersebut, untuk mengobati maag dengan kunyit yaitu dengan merebus kunyit yang telah dipotong-potong. Minum air rebusan kunyit setiap pagi dan sore hari.

Jika dilakukan secara rutin, cara ini efektif untuk meringangkan sakit maag.

Pisang

Pisang untuk pengobatan sakit maag

Pisang untuk pengobatan sakit maag

Pisang yang enak rasanya ini ternyata juga berkhasiat untuk mengobati maag. Buah pisang memiliki sifat anti bakteri yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri penyebab sakit maag.

Pisang juga dapat menurunkan kadar asam lambung sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita maag. Makanlah buah pisang yang sudah matang sekitar dua atau tiga buah setiap hari untuk mengobati sakit maag yang Anda derita.

Bawang putih

Bawang putih untuk pengobatan sakit maag

Bawang putih untuk pengobatan sakit maag

Bawang memang memiliki aroma yang tak sedap. Namun bawang putih merupakan bumbu masak yang mampu membuat masakan semakin lezat. Selain itu, ternyata bawang putih juga bisa mengobati maag secara alami.

Bawang putih memiliki beberapa kandungan yang mampu menjaga pencernaan. Cara penggunaannya yaitu dengan memarut beberapa siung bawang putih kemudian dicampur dengan satu gelas air hangat untuk diminum.

Agar sakit maag yang diderita cepat sembuh, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin.

**

Itulah beberapa tips cara mengobati sakit maag. Semoga bermanfaat, khususnya untuk Anda yang menderita sakit maag. Jangan lupa bagikan dan tinggalkan komentar 🙂

{ 54 comments… add one }
  • teguh Sunday, 14 May 2017, 14:48

    Sy sdh 1 tahun ini skit lambung,di rwt pe 4x..alhamdulillah sekarang sdh baikan.yg pengen tanya2 silakan ke no 081315150248.wa jg bisa..

  • iben Saturday, 7 January 2017, 13:52

    Thanks info.nya buat asam lambung muga kita pada smbuh.n sehat selalu

  • Nurhayati.AR Wednesday, 12 October 2016, 23:23

    Sy sakit maag, asam lambung n ada pengendapan lemak d empedu, namun dokter berpendapat ga perlu operasi utk masalah d empedunya hindari sj pantanganx, tp kalo maag n asam lambubungx kambuh epekx sakit sampai ke punggung sebelah kanan. Obat yg cocok dgn kondisi sy ini apa. Makasih sebelumx. Sy sangat tersiksa.

  • cafe Friday, 9 September 2016, 21:55

    mbak sbnrnya anak usia 6thn bnr ga sih bs kena asam lambung? anak sy gejalanya begitu pdhl ga pernah telat mkn. kira2 apa pencetusnya ya mbak?

  • cafe Friday, 2 September 2016, 16:54

    dl sy kl skt maag bs sampe keri nget dingin dan lemas. diajarin tmn kl skt maag makan satu sendok makan susu kental. ternyata mmg ampuh. murah dan simple

  • sukma Friday, 5 August 2016, 20:55

    Terima kasih bwt infonya sangat membantu sekali
    coba dulu yaak mga azza cpt sembuh amiiin YRA

  • oksigenbebas.com Wednesday, 3 August 2016, 11:35

    Betul gan, saya dulu mengobati penyakit maag dan asam lambung naik dengan meminum air perasan kunyit secara teratur dan menjalani terapi pijat refleksi.

  • Rini Puspita Saturday, 4 June 2016, 16:19

    Bismillah… akan sy coba, terimakasih untuk tip-tips nya 🙂

  • sitihelminasari Monday, 23 May 2016, 08:59

    Masih ada obat tradisonal nya slain di atas.
    Tpi terima kasi lohh…..

  • febby Tuesday, 10 May 2016, 13:46

    Klo minum jamu kunyit gendong gpp kan .
    Trus selain kunyit . Bawng putih & pisang . Obt tradisional aph lgi yang ampuh ?

  • iann Saturday, 9 April 2016, 12:25

    Kalo lambung bergetar trus rasanya ga enak
    Itu gmana ya bisa kasih saran obatnya

  • diah Wednesday, 23 March 2016, 06:55

    sya sdah 5hr skit maag bru tau kpikiran bka google,sya cba minum kunyit yg gmpang yg ada drmh bru sekli udh mndingan,

  • Tri P. Sunday, 28 February 2016, 17:10

    Saya bru ptama skit maag..perih,mual..lemes.. Gimna cra agar perihy cpt smbuh.. G than sma prihy..bdan smp lemes

  • albert Thursday, 28 January 2016, 05:43

    Sewaktu lg sakit coba bikin teh tawar hangat. . . Insya Allah sakit nya hilang..

  • aank Sunday, 17 January 2016, 12:22

    coba deh jus mengkudu 3x,sehari sebelum makAN insa allah bermanfaat buat penderita maag kronis

    • Natalie Monday, 18 January 2016, 18:36

      Terima kasih infonya,aku mau coba

  • setyi Saturday, 9 January 2016, 16:00

    Terimakasih banyak akan saya coba tipsnya.kebetulan lagi sakit magg

  • Marisa Wednesday, 30 December 2015, 18:59

    Thnks sob

  • omflank Sunday, 13 December 2015, 19:14

    mohon inponya

  • omflank Sunday, 13 December 2015, 19:08

    kalau dengan sayuran, sayuran apa aja yg bisa mengobati asam lambung (maag)

    • Reys Friday, 1 April 2016, 17:04

      Kalau dengan sayur, saya biasanya menggunakan ini :
      1. 2-3 batang wortel sayur
      2. 1/2 buah labu siam
      3. seledri secukupnya
      4. 1 siung bawang putih
      5. kunyit dan temulawak secukupnya
      semua di jus jadi satu

      • erik Friday, 27 May 2016, 18:32

        Cara minum nya gmn..

  • Reys Wednesday, 25 November 2015, 08:22

    bisa juga dengan :
    1. perasan jeruk nipis 1/4 buah + madu 2 sendok + seujung sendok garam dicampur dengan 200 ml air hangat
    2. rebusan jahe merah +1 batang batang sere + lada + gula merah
    Semoga bermanfaat

    • Melody Thursday, 26 November 2015, 00:14

      Terimakasih, nais infoh :))

  • tiyas Sunday, 22 November 2015, 09:31

    bisa gak parutan kunyitnya di tambah dengan madu

    • Melody Sunday, 22 November 2015, 10:53

      Jika nggak punya sakit diabet, ga apa-apa sis Tyas.

  • arifin Tuesday, 17 November 2015, 15:59

    Makan bawang putih sebaiknya sebelum apa sesudah makan

  • novia Tuesday, 3 November 2015, 19:14

    umur saya 20 tahun,saya sejak kecil punya magh,punya magh rasanya amat sangat tersiksa,makan susah masuk,sering mUal,suka cegukan,sampai parahnya sesak nafas. dan saya dikasih saran minum air kunyit alhamdulillah air kunyit bnar2 ada khasiatnya buat yg sudah sesak nafas bisa menghilangkan sesak nafas tersebut

  • vera Wednesday, 21 October 2015, 20:00

    Maag sama nggak sama lambung? Aku lambung tapi ga mual ga muntah. Sering nya perut kembung, keringat dingin , mata sampai gelap kayak yg mau pingsan dan sampe sesek napas. Kunyit minum tiap hari tapi belum sembuh. Kira2 obat nya apa yah?

  • july gustiana Thursday, 15 October 2015, 16:16

    Saya udah setahun sakit maag, nyiksa banget, terkadang sampe pingsan sangking sakitnya

    • Amel Sunday, 15 November 2015, 17:00

      Coba minum tepung sagu dan tepung tapioka yg disangrai 2 sdk dlm Air 200 cc, pagi dan malam sampai maag reda. Knsumsi jg bwang putih mentah dan kunyit, Yg bagus bwg putih tunggal or lanang. Cuka apel dan madu jg membantu. Mnm semua aJA tp diselingi waktu. Jaga makanan minuman dan jgn stress. Bny mendekatkan diri pd Allah. ini pngalaman pribadi krn maag berat sampai opname. Alhmdllh sdh baikan

  • zaenr Monday, 12 October 2015, 20:26

    Tank infonya, sangat bermanfaat tp klu mkn bawang apa ndak bikin perut panas? Bls siapa aja yg udah nyoba

    • Amel Sunday, 15 November 2015, 16:53

      Bawang putih mentah dimakan pakai nasi trus mnm air putih. InssyaAllah ga panas perutnya

      • zakaria Monday, 16 January 2017, 08:25

        untuk mengobati sakit maag/lambung ,ambil daun lidah buaya,kemudian dikupas kulitnya lalu dijus,minum 2x sehari insya Allah sembuh

  • Efel Saturday, 10 October 2015, 05:44

    Gan kalo pisang’a masi muda gmana?

  • Yoga Friday, 9 October 2015, 06:13

    Baru pertama kali saya sakit magh kaya tersiksa, mnderita mual” pengen cepat sembuh dengn apa obtnya , apkah bji pepaya,.

  • riana Tuesday, 6 October 2015, 14:07

    makasi buat informasinya

  • ahmadi jasan Sunday, 20 September 2015, 13:54

    Hampir 25 tahun saya sakit magh, kalau kambuh sakit sekali sampai demam meriang badan panas dingin, saya konsumsi kunyit dan makan pisang, sembuhnya agak lama, dengan makan bawah putih mentah lebih cepat sembuh, bahkan sembuhnya hanya hitung menit, bawang lebih cocok untuk magh saya.

  • puji Monday, 7 September 2015, 09:21

    Pisang ap aj yg boleh dikonsumsi

  • puji Monday, 7 September 2015, 09:19

    Pisang apa aj yg boleh dimakan dan tdk boleh dimakan penderita pnyakit maag.

  • alzm Tuesday, 1 September 2015, 19:51

    Terimakasih banyak atas ilmunya..kalau boleh tanya apa bisa dicampur kunyit dan bawang putih?dan bagai mana mengenai tensi darah?apa tidak ber pengaruh?terimakasih

    • putri Tuesday, 1 September 2015, 20:05

      Sebaiknya jangan di campur. 🙂

    • lia fatmala Tuesday, 1 March 2016, 10:36

      terimakasihh

  • laluxhamster Monday, 24 August 2015, 01:14

    TERima kasi banyak sobat atas informasinya

  • rmt suryadharma Monday, 17 August 2015, 01:38

    berbuat kebajikan pasti berbuah bahagia.thank

  • Amrullah Wednesday, 12 August 2015, 04:07

    Makasih atas infonya..sangat berguna buat semua orang semoga bermanfaat.semoga yang bikin info kesehatan herbal ini diberikan allah pahala yg berlimpah.amin

  • vita Wednesday, 29 July 2015, 13:12

    terima kasih

  • Shinta Fan Tuesday, 23 June 2015, 11:24

    tq, buat infonya . ^^

  • dedi Wednesday, 17 June 2015, 15:52

    smoga berhasil.amin

  • FraNiengTyas Wednesday, 10 June 2015, 17:58

    Thank’s infonya sngat bermanfaat,,

  • arius anwar Sunday, 31 May 2015, 23:35

    terima kasih atas tips semoga amal mu terima

  • sulfianti Monday, 6 April 2015, 19:15

    Saya sakit maag dan sering mual

  • dominggus ndode Thursday, 2 April 2015, 21:50

    terima ksih byk yah atas tipsnya,TUHAN MEMBERKATI

  • Zamzam Cam Thursday, 12 March 2015, 19:10

    Sya skit maag
    Mual2 trus

Leave a Comment