Cara Tepat Alami Mengobati Penyakit Maag (Asam Lambung)

Adanya penyakit maag disebabkan karena luka atau peradangan di lambung. Luka tersebut menimbulkan rasa sakit dan mual yang dapat membuat penderitanya tersiksa.

Sakit maag sendiri bisa disebabkan karena banyak faktor, misalnya akibat pengaruh mikroorganisme, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, stres dan pola makan yang tidak teratur.

Cara mengobati maag bisa saja dengan berbagai obat yang dijual di pasaran. Akan tetapi, dalam jangkan panjang penggunaan obat justru dapat mengakibatkan ketergantungan. Jadi, akan lebih baik jika kita mengobati maag dengan bahan alami karena lebih aman dan tanpa efek samping.

Bahan-bahan tersebut juga cenderung lebih mudah ditemukan di sekitar kita dan murah sehingga tidak memerlukan biaya yang mahal.

Penyakit Maag

Bahan Alami yang Dapat Mengobati Maag

Berikut adalah tiga bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit maag. Bahan ini tidak sulit didabat, apabila Anda tertarik, bahan ini juga mudah ditanam.

Kunyit

Kunyit untuk mengobati sakit maag.

Kunyit untuk mengobati sakit maag.

Sudah sejak lama jika kunyit dikenal khasiatnya untuk kesehatan, salah satu manfaatnya yaitu untuk mengobati maag.

Cara pengolahannya mudah, pertama ambil beberapa ruas kunyit, kemudian cuci sampai bersih dan kupas kulit arinya. Parut kunyit yang telah bersih dan peras airnya, minumlah air perasan tersebut secara rutin tiap pagi dan sore hari.

Selain cara tersebut, untuk mengobati maag dengan kunyit yaitu dengan merebus kunyit yang telah dipotong-potong. Minum air rebusan kunyit setiap pagi dan sore hari.

Jika dilakukan secara rutin, cara ini efektif untuk meringangkan sakit maag.

Pisang

Pisang untuk pengobatan sakit maag

Pisang untuk pengobatan sakit maag

Pisang yang enak rasanya ini ternyata juga berkhasiat untuk mengobati maag. Buah pisang memiliki sifat anti bakteri yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri penyebab sakit maag.

Pisang juga dapat menurunkan kadar asam lambung sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita maag. Makanlah buah pisang yang sudah matang sekitar dua atau tiga buah setiap hari untuk mengobati sakit maag yang Anda derita.

Bawang putih

Bawang putih untuk pengobatan sakit maag

Bawang putih untuk pengobatan sakit maag

Bawang memang memiliki aroma yang tak sedap. Namun bawang putih merupakan bumbu masak yang mampu membuat masakan semakin lezat. Selain itu, ternyata bawang putih juga bisa mengobati maag secara alami.

Bawang putih memiliki beberapa kandungan yang mampu menjaga pencernaan. Cara penggunaannya yaitu dengan memarut beberapa siung bawang putih kemudian dicampur dengan satu gelas air hangat untuk diminum.

Agar sakit maag yang diderita cepat sembuh, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin.

**

Itulah beberapa tips cara mengobati sakit maag. Semoga bermanfaat, khususnya untuk Anda yang menderita sakit maag. Jangan lupa bagikan dan tinggalkan komentar :)

Taged as:
57 comments… add one

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • piq Jan 6, 2018 @ 23:49

    Apakah sakit maag kontak ke jantung??

  • piq Jan 6, 2018 @ 23:48

    Apa kah sakit maag kontak ke jantung?? Trima kasih

  • ahlilambung.com Aug 7, 2017 @ 8:43

    bisa juga menggunakan air rebusan daun sirih , kunyah kunyit mudah seukuran kelingking setiap malam setelah makan, konsumsi lidah buaya, dan tentunya gastric health.

  • teguh May 14, 2017 @ 14:48

    Sy sdh 1 tahun ini skit lambung,di rwt pe 4x..alhamdulillah sekarang sdh baikan.yg pengen tanya2 silakan ke no 081315150248.wa jg bisa..

  • iben Jan 7, 2017 @ 13:52

    Thanks info.nya buat asam lambung muga kita pada smbuh.n sehat selalu

  • Nurhayati.AR Oct 12, 2016 @ 23:23

    Sy sakit maag, asam lambung n ada pengendapan lemak d empedu, namun dokter berpendapat ga perlu operasi utk masalah d empedunya hindari sj pantanganx, tp kalo maag n asam lambubungx kambuh epekx sakit sampai ke punggung sebelah kanan. Obat yg cocok dgn kondisi sy ini apa. Makasih sebelumx. Sy sangat tersiksa.

  • cafe Sep 9, 2016 @ 21:55

    mbak sbnrnya anak usia 6thn bnr ga sih bs kena asam lambung? anak sy gejalanya begitu pdhl ga pernah telat mkn. kira2 apa pencetusnya ya mbak?

  • cafe Sep 2, 2016 @ 16:54

    dl sy kl skt maag bs sampe keri nget dingin dan lemas. diajarin tmn kl skt maag makan satu sendok makan susu kental. ternyata mmg ampuh. murah dan simple

  • sukma Aug 5, 2016 @ 20:55

    Terima kasih bwt infonya sangat membantu sekali
    coba dulu yaak mga azza cpt sembuh amiiin YRA

  • oksigenbebas.com Aug 3, 2016 @ 11:35

    Betul gan, saya dulu mengobati penyakit maag dan asam lambung naik dengan meminum air perasan kunyit secara teratur dan menjalani terapi pijat refleksi.

  • Rini Puspita Jun 4, 2016 @ 16:19

    Bismillah… akan sy coba, terimakasih untuk tip-tips nya :)

  • sitihelminasari May 23, 2016 @ 8:59

    Masih ada obat tradisonal nya slain di atas.
    Tpi terima kasi lohh…..

  • febby May 10, 2016 @ 13:46

    Klo minum jamu kunyit gendong gpp kan .
    Trus selain kunyit . Bawng putih & pisang . Obt tradisional aph lgi yang ampuh ?

  • iann Apr 9, 2016 @ 12:25

    Kalo lambung bergetar trus rasanya ga enak
    Itu gmana ya bisa kasih saran obatnya

  • diah Mar 23, 2016 @ 6:55

    sya sdah 5hr skit maag bru tau kpikiran bka google,sya cba minum kunyit yg gmpang yg ada drmh bru sekli udh mndingan,

  • Tri P. Feb 28, 2016 @ 17:10

    Saya bru ptama skit maag..perih,mual..lemes.. Gimna cra agar perihy cpt smbuh.. G than sma prihy..bdan smp lemes

  • albert Jan 28, 2016 @ 5:43

    Sewaktu lg sakit coba bikin teh tawar hangat. . . Insya Allah sakit nya hilang..

  • aank Jan 17, 2016 @ 12:22

    coba deh jus mengkudu 3x,sehari sebelum makAN insa allah bermanfaat buat penderita maag kronis

    • Natalie Jan 18, 2016 @ 18:36

      Terima kasih infonya,aku mau coba

  • setyi Jan 9, 2016 @ 16:00

    Terimakasih banyak akan saya coba tipsnya.kebetulan lagi sakit magg

  • Marisa Dec 30, 2015 @ 18:59

    Thnks sob

  • omflank Dec 13, 2015 @ 19:14

    mohon inponya

  • omflank Dec 13, 2015 @ 19:08

    kalau dengan sayuran, sayuran apa aja yg bisa mengobati asam lambung (maag)

    • Reys Apr 1, 2016 @ 17:04

      Kalau dengan sayur, saya biasanya menggunakan ini :
      1. 2-3 batang wortel sayur
      2. 1/2 buah labu siam
      3. seledri secukupnya
      4. 1 siung bawang putih
      5. kunyit dan temulawak secukupnya
      semua di jus jadi satu

      • erik May 27, 2016 @ 18:32

        Cara minum nya gmn..

  • Reys Nov 25, 2015 @ 8:22

    bisa juga dengan :
    1. perasan jeruk nipis 1/4 buah + madu 2 sendok + seujung sendok garam dicampur dengan 200 ml air hangat
    2. rebusan jahe merah +1 batang batang sere + lada + gula merah
    Semoga bermanfaat

    • Melody Nov 26, 2015 @ 0:14

      Terimakasih, nais infoh :))

  • tiyas Nov 22, 2015 @ 9:31

    bisa gak parutan kunyitnya di tambah dengan madu

    • Melody Nov 22, 2015 @ 10:53

      Jika nggak punya sakit diabet, ga apa-apa sis Tyas.

  • arifin Nov 17, 2015 @ 15:59

    Makan bawang putih sebaiknya sebelum apa sesudah makan

  • novia Nov 3, 2015 @ 19:14

    umur saya 20 tahun,saya sejak kecil punya magh,punya magh rasanya amat sangat tersiksa,makan susah masuk,sering mUal,suka cegukan,sampai parahnya sesak nafas. dan saya dikasih saran minum air kunyit alhamdulillah air kunyit bnar2 ada khasiatnya buat yg sudah sesak nafas bisa menghilangkan sesak nafas tersebut

  • vera Oct 21, 2015 @ 20:00

    Maag sama nggak sama lambung? Aku lambung tapi ga mual ga muntah. Sering nya perut kembung, keringat dingin , mata sampai gelap kayak yg mau pingsan dan sampe sesek napas. Kunyit minum tiap hari tapi belum sembuh. Kira2 obat nya apa yah?

  • july gustiana Oct 15, 2015 @ 16:16

    Saya udah setahun sakit maag, nyiksa banget, terkadang sampe pingsan sangking sakitnya

    • Amel Nov 15, 2015 @ 17:00

      Coba minum tepung sagu dan tepung tapioka yg disangrai 2 sdk dlm Air 200 cc, pagi dan malam sampai maag reda. Knsumsi jg bwang putih mentah dan kunyit, Yg bagus bwg putih tunggal or lanang. Cuka apel dan madu jg membantu. Mnm semua aJA tp diselingi waktu. Jaga makanan minuman dan jgn stress. Bny mendekatkan diri pd Allah. ini pngalaman pribadi krn maag berat sampai opname. Alhmdllh sdh baikan

  • zaenr Oct 12, 2015 @ 20:26

    Tank infonya, sangat bermanfaat tp klu mkn bawang apa ndak bikin perut panas? Bls siapa aja yg udah nyoba

    • Amel Nov 15, 2015 @ 16:53

      Bawang putih mentah dimakan pakai nasi trus mnm air putih. InssyaAllah ga panas perutnya

      • zakaria Jan 16, 2017 @ 8:25

        untuk mengobati sakit maag/lambung ,ambil daun lidah buaya,kemudian dikupas kulitnya lalu dijus,minum 2x sehari insya Allah sembuh

  • Efel Oct 10, 2015 @ 5:44

    Gan kalo pisang’a masi muda gmana?

  • Yoga Oct 9, 2015 @ 6:13

    Baru pertama kali saya sakit magh kaya tersiksa, mnderita mual” pengen cepat sembuh dengn apa obtnya , apkah bji pepaya,.

  • riana Oct 6, 2015 @ 14:07

    makasi buat informasinya

  • ahmadi jasan Sep 20, 2015 @ 13:54

    Hampir 25 tahun saya sakit magh, kalau kambuh sakit sekali sampai demam meriang badan panas dingin, saya konsumsi kunyit dan makan pisang, sembuhnya agak lama, dengan makan bawah putih mentah lebih cepat sembuh, bahkan sembuhnya hanya hitung menit, bawang lebih cocok untuk magh saya.

  • puji Sep 7, 2015 @ 9:21

    Pisang ap aj yg boleh dikonsumsi

  • puji Sep 7, 2015 @ 9:19

    Pisang apa aj yg boleh dimakan dan tdk boleh dimakan penderita pnyakit maag.

  • alzm Sep 1, 2015 @ 19:51

    Terimakasih banyak atas ilmunya..kalau boleh tanya apa bisa dicampur kunyit dan bawang putih?dan bagai mana mengenai tensi darah?apa tidak ber pengaruh?terimakasih

    • putri Sep 1, 2015 @ 20:05

      Sebaiknya jangan di campur. :)

    • lia fatmala Mar 1, 2016 @ 10:36

      terimakasihh

  • laluxhamster Aug 24, 2015 @ 1:14

    TERima kasi banyak sobat atas informasinya

  • rmt suryadharma Aug 17, 2015 @ 1:38

    berbuat kebajikan pasti berbuah bahagia.thank

  • Amrullah Aug 12, 2015 @ 4:07

    Makasih atas infonya..sangat berguna buat semua orang semoga bermanfaat.semoga yang bikin info kesehatan herbal ini diberikan allah pahala yg berlimpah.amin

  • vita Jul 29, 2015 @ 13:12

    terima kasih

  • Shinta Fan Jun 23, 2015 @ 11:24

    tq, buat infonya . ^^

  • dedi Jun 17, 2015 @ 15:52

    smoga berhasil.amin

  • FraNiengTyas Jun 10, 2015 @ 17:58

    Thank’s infonya sngat bermanfaat,,

  • arius anwar May 31, 2015 @ 23:35

    terima kasih atas tips semoga amal mu terima

  • sulfianti Apr 6, 2015 @ 19:15

    Saya sakit maag dan sering mual

  • dominggus ndode Apr 2, 2015 @ 21:50

    terima ksih byk yah atas tipsnya,TUHAN MEMBERKATI

  • Zamzam Cam Mar 12, 2015 @ 19:10

    Sya skit maag
    Mual2 trus