Pengalaman Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, Menyakitkan tapi Hadapilah

Hari itu adalah hari yang menyakitkan, saya menangis di kamar seharian. Hampir tidak bisa percaya dengan kondisi ini.

Saya sering mendengar bahwa: cinta itu tidak harus saling memiliki; Saat itu memang seperti tidak ada artinya. Tetapi ketika merasakan sendiri, serasa hidup ini tidak ada artinya lagi.

Sakit ini bukan perasaan seperti sakit fisik yang terasa sakitnya. Sakit karena cinta bertepuk sebelah tangan lebih perih lagi.

Siapa sih yang mengharapkan bahwa cinta yang selama ini diharapkan, suasana romantis yang selalu dibayangkan, senyum manis yang selalu terbayang-bayang, ternyata pada akhirnya tidak bisa dimiliki.

Awal kejadian itu dimulai dari…

Setiap pulang dari rutinitas, membuka ponsel dan chating dengan dirinya perasaan senang muncul. Selanjutnya chating terus berlanjut sampai akhirnya dia berhenti membalas chat. Chating yang selalu membuat deg-degan apalagi ketia dia mulai mengetik dan membalas.

Perasaan deg-degan dan kangen ini yang membuat ingin rasanya bertemu langsung. Sampai akhirnya ternyata kita beneran bertemu langsung.

Pernah terlintas dan terpikir, mungkin dia adalah sosok yang selama ini ditunggu. Mungkin hari ini adalah hari yang tepat untuk mengungkapkan cinta.

Ternyata, dia tidak memiliki perasaan yang sama.

Dia menganggap saya sebatas teman, bahkan lebih menyakitkan lagi ini sebagai hubungan adek-kakak.

Hari itu saya blank, sedih, menangis, dan menghabiskan hari-hari sendirian di kamar. Perasaan patah hati ini sungguh menyakitkan. Ditolak oleh seseorang yang saya sangat sukai, dan sebaliknya dia.

“Jadi ini toh, sakitnya perasaan cinta tak terbalas”

Tidak mudah memang bagi saya untuk menghadapi situasi ini. Kata orang-orang kamu hanya menangis, kamu menderita, kamu menulis status broken heart, sampai akhirnya lupa dan move on.

Tetapi tentu tidak semudah itu. Menerima kenyataan bahwa sesorang yang sangat disukai tidak bisa ada dalam kehidupan paling dekat.

Tetapi saya belajar banyak dari situasi cinta bertepuk sebelah tangan. Karena keadaan ini, saya jadi lebih kuat, lebih dekat dengan teman-teman, dan memiliki kehidupan lebih menyenangkan.

Berikut adalah bagaimana saya bisa melewati masa-masa sulit ini. Semoga bisa membantu teman-teman.

Menerima Kenyataan

Terimalah kalau ini terjadi pada diri sendiri.

Tidak ada yang lebih menyakitkan dari rasa kehilangan. Memang benar, saat itu saya merasakah kesepian, sedih, emosi, dan tidak menerika kenyataan bahwa ini terjadi pada diri saya.

Wajar dan normal memang. Keadaan disekeliling ktia memang tidak melatih kita untuk siap kehilangan orang spesial. Tetapi akuilah, semakin kita menolak keadaan ini, semakin kita akan merasa sakit.

Dan itu tidak mudah. “Menangislah jika perlu”.

Jika seandainya saat itu saya tetap memaksakan untuk memiliki dia, mungkin saat ini saya tidak akan dikatakan mental olehnya dan tidak bertemu dengan orang lain yang menjadi kekasih saya saat ini.

Terlebih meungkin perasaan sakit yang berlarut-larut itu akan membuat prestasi atau karir saya jatuh juga.

Yang penting adalah selalu ingat bahwa perasaan kesepian, sedih, dan emosi ini adalah perasaan yang normal dan sehat. Perasaan ini akan membuat kamu menjadi lebih dewasa.

Batasi Diri dengan Dia

Ini bukan tentang membatasi diri seperti

“Berhentilah ketemu dengan dia, selamanya!”

Bukan, bukan seperti itu.

Saya percaya bahwa setiap hubungan itu berbeda, hubungan untuk setiap orang tidak bisa disamakan. Dan saya tidak bisa memilih mana yang akan baik untuk kamu.

Tetapi yang bisa saya katakan dari pengalaman ini adalah, kamu masih bisa bertemu dengan dia. Dan pastikan kamu memberikan ruang untuk diri kamu sendiri selama masa-masa pemulihan dari perasaan cinta bertepuk sebelah tangan.

Ruang itu bisa seperti mengurangi watu dengan dia, dan mengalihkanya ke teman-teman dekat kamu, hobi kamu, atau aktivitas lain yang bisa membuat kamu fokus terhadap diri sendiri.

Ingat, pilih yang paling membuat kamu lebih memerhatikan diri sendiri.

Pahami Kerja Otak Kamu

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di atas, cinta yang tidak terbalaskan ini sangat menyakitkan dan bisa membuat kamu kesepian.

Kabar baiknya adalah, manusia sejak dari jutaan lalu mengalami hal ini. Bedanya sekarang sudah dibuktikan dengan penelitian, kenapa kita merasakan patah hati [1].

Setiap orang mengalami patah hati, tetapi respon setiap orang berbeda.

Yang terjadi pada saya contohnya, perasaan setelah patah hati adalah meledak-ledak dan emosi yang berlebihan.

Tetapi setelah saya membaca respon otak setelah patah hati [2], ternyata perasaan ini adalah perasaan yang paling sering terjadi untuk semua orang.

Mungkin dengan berkata, “Saya tidak bisa berhenti memikirkan dia, tetapi saya bisa move on”; tidak akan membuat suasana otak kamu lebih baik. Tetapi semakin berjalannya waktu, hormon yang membuat kamu sedih perlahan akan menghilang.

Ingat, ini hanyalah respon biologis dari apa yang terjadi pada diri kamu. Bukan sesuatu yang spesial.

Satu lagi. Ternyata yang membuat kenapa kita jatuh cinta adalah pikiran kita. Sejatinya kita bisa mencintai semua orang, dan beberapa saja yang samai cinta yang kuat.

Keadaan yang memaksa kamu dan calon pasangan semakin sering bertemu, menghadapi hal berat bersama, secara terus menerus. Besar kemungkinan bahwa kamu akan mencintai dia.

Dan jika tensi pertemuannya semakin renggang, rasa cinta itu akan tergantikan dengan orang lain yang lebih sering ketemu dengan mu.

Maka jangan khawatir, seiring waktu kamu akan melupakan dia dan mendapatkan penggantinya.

Habiskan Waktu dengan Film atau Netflix

Salah satu hal yang paling sulit untuk dihadapi ketika berada dalam hubungan adalah ketika kita tahu bahwa ini sudah berakhir.

Maksudnya begini, terlepas dari hubungan yang kamu jalani dengan siapa, bisa teman atau memang gebetan. Tetapi suatu saat kamu harus menerima kenyataan bahwa mereka akan memiliki kehidupan sendiri-sendiri.

Mereka tidak akan bisa selama menghabiskan waktu dengan mu.

Ternyata, selama ini saya menutup mata. Me time, ternyata menyenangkan. Menghabiskan waktu sendiri dengan menonton film atau Netflix, dengan genre-genre yang random membuat saya bisa tertawa dan melupakan sejenak masalah hidup saya.

Nah berikut ini film dan drama Netflix rekomendasi saya:

  • Stranger things
  • Outlaw King
  • The Last King
  • Alter Carbon
  • The Travelers

Kadang-kadang pelarian seperti ini memang diperlukan. Apalagi ketika tidak ada lagi yang bisa diajak untuk hangout.

Nah, saya tentu tidak menonton drama-drama yang akan membuat perasaan saya naik turun seperti roller coaster.

Selain Netflix, saya juga bisa menghabiskan waktu seharian dengan mendengarkan musik-musik indie dan jazz.

Beruntungnya, saya bisa bermain musik. Saya bisa melupakan kerumitan hidup ketika saya bermain musik.

Sebagai Orang Ketiga

Jika kamu ingin dicintai seseorang, seperti apakah orang yang ingin kamu cintai?

Pertanyaan yang aneh, tetapi percayalah ini penting.

Nah, sekarang posisikan diri kamu ada pada orang yang menolak kamu. Kamu mungkin sadar atau tidak sadar bahwa kamu sedang dicintai.

Anggaplah kamu sadar, ingin seperti apa orang yang mencintai kamu?

Jawaban semua orang pasti sama, dia yang memiliki perasaan sama seperti saya mencintai dia.

Di dunia nyata, ternyata tidak seperti ini. Dia mungkin suka dengan saya, tetapi bagaimana pun saya tidak suka dengan dia.

Artinya jelas, cinta bertepuk sebelah tangan.

Nah sekarang. Anggaplah kamu sebagai orang ketiga yang melihat dengan mata kepala sendiri kejadian cinta bertepuk sebelah tangan ini?

Apa yang akan kamu lakukan?

Bagi saya, jika saya menjadi orang ketiga saya tidak akan menyalahkan siapapun. Saya akan memberi waktu kepada yang putus cinta untuk sendiri, tetapi jika perlu teman saya akan menemaninya.

Untuk yang menolak, saya hanya akan meminta dia untuk tidak terlalu memberikan harapan lebih. Baik boleh, tetapi jangan terlalu baik.

Dengan membayangkan menjadi orang ketika, sedikit banyak ini membantu saya untuk pulih. Membuat saya berani lagi bertemu dia.

Karena dengan menjadi orang ketiga, saya bisa membayangkan bahwa selama ini saya berharap pada orang yang salah, dan ini sangat normal terjadi. Dunia belum berakhir di sini.

Saya tahu ini berat bagi saya, tetapi saya harus mengerti bahwa ini bukan tentang diri saya saja.

Jadikan ini Inspirasi Kehidupan

Semakin besar masalah yang kamu hadapi, semakin besar juga energi yang kamu habiskan.

Saya sadar bahwa ternyata saya menghabiskan terlalu banyak energi untuk hal tidak perlu. Coba saat itu energi saya habiskan dengan hangout bersama teman, nonton bareng dengan adik atau keluarga.

So, seharusnya saya bisa melakukan banyak hal dengan energi sebesar itu.

Perasaan saya mungkin tidak bisa membeli perasaan orang lain. Bukan seperti itu caranya, tetapi perasaan sayang yang terbuang besar ini, saya yakin bisa membuat orang lain menjadi bahagia.

~**~

Semenjak saya mengalami cinta bertepuk sebelah tangan sampai akhirnya patah hati, saya mencoba terus berpikir positif.

Benar memang, keadaan sekitar saya menjadi lebih positif.

Saya mencoba belajar mendesain baju dan bermain gitar. Jika bukan karena patah hati, mungkin saat ini saya tidak akan bisa membuat baju dan bermain gitar (meskipun sedikit).

Sekarang, positifnya, saya bisa mendesain baju saya sendiri. Baju yang sepertinya mahal untuk dibeli, tetapi ternyata gampang untuk dibuat.

Saya bisa aja terus menangis dan bersedih, tetapi sampai kapan? Toh dengan menangis terus tidak akan merubah keadaan.

Tetapi, yang bisa saya lakukan adalah mengubah cara pandang saya untuk diri saya, teman-teman saya, dan orang yang saya cintai sekarang.

Ternyata masih banyak orang-orang yang menyukai saya.

Taged as:
27 comments… add one
  • bejo Mar 9, 2019 @ 0:56

    setelah patah hati..anda jadi penjahit? mendesain baju

  • jawahir Dec 12, 2017 @ 11:17

    sama seperti ku. sebenarnya ingin sekali melupakan. susahnya banget. aku sdh bilang gitu sama doi. dia bilang gampang katamya. 1. Jangan ingat2 lagi akan diriku. 2. hapus nomor kontakku. dah selesai. mudah sekali dia bilang gitu.

  • jawahir Dec 12, 2017 @ 11:17

    sama seperti ku. sebenarnya ingin sekali melupakan. susahnya banget. aku sdh bilang gitu sama doi. dia bilang gampang katamya. 1. Jangan ingat2 lagi akan diriku. 2. hapus nomor kontakku. dah selesai. mudah sekali dia bialng gitu.

  • Laily Nov 15, 2017 @ 14:28

    Rasanya susah bgt . kek ada yang hilang dari hati ,kosong banget. Terus bawaanya mau nangis mulu

  • Ketut Nov 1, 2017 @ 20:00

    Mencintai tanpa segaja tapi melupakannya dengan terpaksa sangat sulit sekali.

  • shinta Oct 15, 2017 @ 12:34

    klo sudah dicoba tapi gak bisa ..? harus gimana lagi :'(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.