≡ Menu

Ciri-Ciri Sahabat Sejati, 13 Prilaku yang Pasti Mereka Miliki

Memiliki seorang sahabat sejati adalah keberuntungan sekaligus anugerah yang luar biasa. Terlebih lagi di jaman seperti ini, sangat susah untuk bisa menemukan sosok yang benar-benar tulus menjalin hubungan persahabatan.

Bahkan untuk mereka yang memiliki banyak teman sekalipun, tidak ada jaminan bahwa di antara mereka ada seorang sahabat yang benar-benar sejati.

Untuk menjadi seorang teman atau sahabat sejati, seseorang harus memenuhi kriteria dan kondisi tertentu, tergantung dari masing-masing pihak. Namun yang paling umum adalah sahabat sejati identik dengan sikap yang ikhlas dan selalu siap untuk menolong.

Menemukan sahabat sejati juga bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, pada titik inilah hubungan persahabatan kamu dan dia akan diuji. Jika ia memang bisa melalui segala ujian tersebut dan menerima kamu apa adanya, maka besar kemungkinan ia adalah sahabat sejatimu.

13 Ciri Sahabat Sejati

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut beberapa ciri-ciri yang bisa menjelaskan bahwa ia memang sahabat sejatimu.

13. Berusaha Jujur

Pada dasarnya, tidak ada satu jenis hubungan pun di dunia ini yang bisa bertahan tanpa kejujuran, terlebih dalam urusan persahabatan.

Ciri-Ciri Sahabat Sejati

Tidak peduli apa, mereka akan berbicara apa adanya

Seorang sahabat yang sejati akan berusaha untuk jujur dan mengatakan apa yang sebenarnya terjadi kepada kamu, sekalipun itu terdengar menyakitkan. Orang-orang seperti ini tidak pernah berpikir untuk mengatakan hal-hal buruk di belakang kamu.

Ia akan selalu berusaha untuk menahan dirinya sehingga tidak terlibat dalam menyebarkan gosip atau rumor mengenai keadaan kamu. Selain itu, sikap jujurnya tersebut akan membuatnya selalu memberikan masukan dan kritik setiap kali kamu membutuhkannya, tanpa pernah membuat kamu tersesat demi keuntungan pribadi.

12. Mau Mendengarkan

Ciri-ciri sahabat sejati yang kedua adalah mau mendengarkan, tidak peduli apa yang sedang kamu bicarakan. Orang seperti ini juga selalu menyediakan waktu untuk bertemu.

Mereka tertawa dengan tulus mendengarkan ceritamu yang lucu

Mereka tertawa dengan tulus mendengarkan ceritamu yang lucu

Tidak peduli seberapa sibuk dirinya, ia akan selalu berusaha untuk menyempatkan mendengarkan keluh kesahmu, bahkan basa-basimu sekalipun.

Tidak peduli sudah berapa kali kamu membicarakan hal yang sama, ia tetap saja akan mendengarkan hal tersebut. Dia selalu sabar mendengarkan dan tidak menghakimi kamu berdasarkan apa yang kamu sampaikan.

11. Siap Membantu

Apakah kamu memiliki seorang sabahat yang selalu ada saat kamu membutuhkan bantuan? Jika ya, maka besar kemungkinan ia adalah sahabat sejatimu.

Mereka selalu ada waktu untuk membantu hal konyol sekalipun

Mereka selalu ada waktu untuk membantu hal konyol sekalipun

Jika ia ternyata tidak bisa membantu dikarenakan adanya keterbatasan, maka ia tetap mendukung apapun keputusan yang kamu buat. Sahabat sejati adalah orang yang senantiasa menempatkan kepentingan kamu di atas kepentingannya sendiri.

Terdengar gila memang, tapi itulah seorang sahabat sejati.

10. Memberi Ruang

Ia adalah sosok yang selalu ada saat kamu membutuhkannya, namun ia juga bisa memahami bahwa kamu memiliki waktu untuk sendiri.

Mereka tahu waku Me Time buat mu

Mereka tahu waku Me Time buat mu

Seperti inilah sahabat sejati itu, orang yang tidak pernah mengganggu kepentingan pribadi kamu. Selain itu, ia juga tidak pernah menganggap kehadiranmu sebagai sosok pelengkap saja, hal yang kemudian mendorongnya untuk memperlakukan kamu sebaik mungkin.

Pada akhirnya, kamu akan melihat seorang sahabat yang selalu menghargai dan mampu memberi ruang saat kamu membutuhkannya.

9. Tak Bersaing

Selain mampu memberi ruang, ciri-ciri sahabat sejati bisa pula terlihat dari sikapnya yang tidak ingin bersaing. Sekalipun situasi memaksa kalian untuk saling bersaing, maka ia akan melakukannya secara sehat.

Persaingan bukanlah sebuah hal yang mereka perhatikan

Persaingan bukanlah sebuah hal yang mereka perhatikan

Inilah sifat mereka, sifat yang membuatnya merasa senang ketika kamu meraih keberhasilan dan kebahagiaan. Orang-orang seperti ini justru lebih senang untuk membuka peluang bagi kamu, namun tak senang jika melihat kamu terpuruk.

Berbeda dengan orang-orang yang biasa kamu temui di sekolah atau tempat kerja, sahabat sejati memiliki sebuah ikatan emosional yang kuat dan tidak pernah tertarik untuk bersaing denganmu dalam berbagai hal.

Jadi, saat ada seorang teman yang merayakan keberhasilan kamu dengan suka cita, maka berbahagialah. Besar kemungkinan ia adalah sosok sahabat sejati yang selama ini kamu cari.

8. Senang Jika Kamu Senang

Melihat sikap seorang sahabat sejati yang tidak ingin bersaing, bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa sahabat sejati itu adalah orang yang merasa senang jika kamu merasakan kesenangan.

Sahabat sejati akan merasakan juga kebahagiaan kamu

Sahabat sejati akan merasakan juga kebahagiaan kamu

Ia benar-benar mencintai dan menyayangi kamu dengan tulus serta merasakan suka cita yang mendalam saat sesuatu yang membahagiakan terjadi dalam kehidupanmu. Sehebat apapun keberhasilan yang kamu capai, sahabat sejati tidak akan pernah merasa iri hati terhadap hal tersebut.

7. Selalu Ada

Selalu ada yang dimaksud bukan hanya soal mereka yang bisa selalu menemani kamu jalan atau nongkrong di luar saja, tapi juga mereka yang selalu ada dalam berbagi masalah.

Seorang sahabat sejati tahu bahwa kamu dalam kesulitan dan membutuhkan bantuan. Ia adalah sosok yang selalu ada di dekatmu secara fisik dan emosional, baik saat diminta ataupun tidak.

6. Beradaptasi

Ciri-ciri sahabat sejati bisa juga kamu ketahui lewat kemampuannya beradaptasi terhadap kepribadian serta lingkungan kamu. Sikap tulusnya dalam menjalin hubungan persahabatan akan mendorongnya untuk menjadi bagian dari kehidpan kamu. Hal inilah yang kemudian membuatnya peduli terhadap segala yang terjadi dalam hidupmu.

Dia bisa beradaptasi terhadap kelakuanmu yang gila

Dia bisa beradaptasi terhadap kelakuanmu yang gila

Perlu diingat bahwa kemampuan beradaptasi di sini bukan soal memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup tertentu, karena hal tersebut justru mengindikasikan bahwa ia memiliki motivasi lain dalam menjalin hubungan denganmu.

5. Dapat Kamu Percaya

Sahabat sejati tidak akan pernah mengambil rejeki, kepribadian, hingga pasangan kamu. Dia tidak akan pernah merusak reputasi kamu di luar.

Dia adalah orang yang akan memberi tahu saat ia cemas akan kondisi kamu kemudian berusaha melakukan sesuatu yang bisa membantumu melewati situasi tersebut. Dia adalah sosok yang bisa kamu percaya. Tempat yang pas untuk bercerita mengenai segala rahasia dan kegelapan dalam hidupmu.

4. Seru dan Menarik

Ada sejumlah orang yang terlihat seru dan menarik dari awal perkenalan. Hal ini kemudian membuat kamu tertarik untuk mengenalnya lebih jauh dan membangun hubungan persahabatan.

Senang sedih selalu bersama

Senang sedih selalu bersama

Nah, kondisi ini menandakan bahwa kalian memiliki kecocokan serta minat yang sama. Dalam artian lain, kalian membangun hubungan persahabatan itu berlandaskan kesukarelaan, dan inilah pondasi utama dari sebuah hubungan yang sejati.

3. Mendukung Cita-Cita

Ciri-ciri sahabat sejati yang sangat bisa kamu lihat adalah ketika ia mengerti akan apa yang kamu inginkan dalam hidup. Dia mengerti, memahami, dan membantu kamu untuk meraih apa yang sudah kamu rencanakan.

Mereka selalu mendukung apa yang kamu impikan

Mereka selalu mendukung apa yang kamu impikan

Dia tidak akan pernah merubah apalagi menggiring kamu ke dalam kondisi yang membuatmu merasa tidak nyaman. Dia juga tidak merelakan kamu melakukan hal-hal yang bisa membuatmu kehilangan sesuatu yang berharga. Intinya, dia adalah orang yang selalu mendukung apapun yang kamu inginkan.

2. Menerima Kamu Apa Adanya

Di dalam sebuah hubungan, termasuk persahabatan, sikap saling menerima dan setia merupakan hal yang berkaitan. Sahabat sejati akan menerima kamu begitu saja, tanpa protes. Dengan sendirinya, ia bisa belajar dan menemukan cara untuk mengatasi kekurangan, bahkan keanehan sikapmu.

Dia akan menjadi sosok yang sabar saat kamu melakukan kesalahan yang fatal sekalipun. Dan yang paling penting, dia bisa belajar untuk memaafkan saat kamu menyakitinya.

1. Menikmati Kebersamaan

Dengan seorang sahabat sejati, kamu bisa selalu menikmati waktu, membuatmu bisa menghargai setiap detik saat bersama dengannya.

Sahabat sejati selalu menikmati kebersamaan

Sahabat sejati selalu menikmati kebersamaan

Jika ia bisa membuatmu merasa bahagia saat bersama, maka ia sudah bisa disebut sebagai sahabat sejati. Ia adalah orang yang menaruh rasa peduli, kasih, dan harapan kepada hidupmu sehingga rasa kebersamaan tersebut bisa terbentuk.

***

Nah, dengan melihat sejumlah ciri-ciri sahabat sejati di atas, pertanyaan kami selanjutnya adalah: Sudahkah kamu memiliki sahabat sejati? Apakah orang yang ada di sampingmu saat ini adalah seorang sahabat sejati? Saatnya menentukan!

{ 1 comment… add one }
  • nunki musafira Saturday, 11 November 2017, 12:51

    itu foto dari drama korea apa ya?

Leave a Comment