≡ Menu

Kenali Ciri-Ciri Wanita Hamil Umur Satu Minggu

Dari sisi medis, kehamilan pada minggu pertama terhitung mulai dari hari terakhir menstruasi. Oleh karena itu, kehamilan minggu pertama tidak dihitung dari terjadinya pembuahan, tapi dari terakhir kalinya datang bulan.

Kehamilan pada minggu pertama sangat susah untuk diketahui tanpa melakukan tes medis. Namun hal ini bisa diketahui dengan beberapa ciri-ciri secara fisik maupun non fisik dari sang ibu.

Secara fisik mungkin akan gampang terlihat, karena adanya perubahan hormon yang dialami sang wanita sehingga membuat perubahan pada tubuhnya. Berikut kami berikan beberapa ciri-ciri wanita hamil 1 minggu yang bisa terlihat secara fisik.

Pendarahan atau Bercak Darah

Pendarahan atau Bercak darah

Saat memasuki minggu pertama kehamilan, ada beberapa wanita yang akan mengalami pendarahan implantasi atau implantation bleeding. Hal ini diakibatkan karena proses implantasi atau menempelnya calon janin pada dinding rahim, sehingga bisa ditemukan bercak darah seperti halnya haid namun dalam jumlah yang sedikit.

Kram atau Sakit Perut

Ciri-ciri ibu hamil

Kram atau rasa sakit yang dirasakan pada bagian perut juga disebabkan karena proses dari implantasi calon janin. Rasa sakit yang timbul dikarenakan proses penempelan dari bagian yang sebelumnya bukan merupakan bagian dari rahim. Jadi sangat wajar jika Anda akan mengalami gangguan pada perut selama proses ini.

Perubahan Payudara

Perubahan Payu dara

Ciri ciri orang hamil 1 minggu juga bisa terlihat secara fisik dengan berubahnya payudara. Di minggu ini, payudara menjadi lebih sensitif sehingga membuat seorang wanita akan merasa tidak nyaman saat payudaranya tersentuh dengan bra secara mendadak.

Dari segi ukuran, payudara juga akan terlihat sedikit lebih membesar dan saat di raba atau diremas akan terasa lebih empuk dan lembut. Namun tak jarang beberapa wanita juga akan merasakan gatal pada payudara atau puting yang membengkak. Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan terjadinya perubahan hormon pada tubuh wanita.

Terlambat Datang Bulan

Terlambat datang bulan

Ovarium yang sudah dibuahi tidak akan dikeluarkan dari tubuh, sehingga membuat wanita tidak akan mengalami menstruasi. Kondisi seperti ini bisa dijadikan sebagai tanda awal hamil muda. Siklus dari menstruasi ini sendiri sebenarnya bisa dijadikan sebagai pedoman umum, saat terlambat datang bulan maka kemungkinan besar Anda sedang hamil.

Mual dan Muntah

Mual atau muntah

Ciri ciri orang hamil 1 minggu bisa juga ditandai dengan seringnya merasa mual atau muntah pada pagi hari yang disebut dengan istilah morning sickness. Bahkan rasa mual yang dirasakan bisa juga terjadi sepanjang hari.

Sering Buang Air kecil

Sering buang air kecil

Saat hamil, janin yang ada di dalam rahim membutuhkan ruang yang cukup untuk bisa tumbuh. Kondisi inilah yang membuat kandung kemih tertekan oleh rahim sehingga bisa membuat seorang wanita yang hamil akan lebih sering buang air kecil

Kebisaan itu akan terjadi saat awal kehamilan dan berhenti saat memasuki minggu ke-12. Namun saat perut sudah mulai membesar sekitar minggu ke-28, maka kebiasaan buang air kecil ini akan kembali.

Mudah Lelah

Mudah Lelah

Ciri fisik terakhir pada orang yang hamil pada minggu pertama bisa juga terlihat dengan mudahnya merasa lelah dan capek meskipun hanya melakukan pekerjaan yang ringan. Bahkan untuk wanita dengan kondisi tekanan darah yang rendah bisa menyebabkan pingsan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat memasuki kehamilan 1 minggu pertama agar tekanan darah tidak turun.

***

Demikianlah beberapa ciri-ciri wanita hamil 1 minggu yang bisa terlihat secara fisik. Sebaiknya jagalah kondisi Anda selama periode ini, karena kondisi janin masih sangat rentan. Jika perlu segera konsultasikan ke bidan atau dokter.

{ 27 comments… add one }
  • Ima Tuesday, 8 August 2017, 21:58

    Dok sy mau tanya sy telat 2hari . Tapi gk ada gejala kehamilan hanya payudara sy jika di sentuh sakit/ nyri . Apakah itu hamil

  • Indah Monday, 31 July 2017, 18:06

    Mau nanya dok ,saya hari terakhir haid tgl 29 nah skrg blm juga haid
    Tp sudah kurleb 1minggu mual” dan suhu tubuh berbeda ..perut sering mules gitu
    Apa saya hamil??trus buat ngetest paling tepat tgl brp biar akurat
    Terimakasih

  • khotimah Tuesday, 25 July 2017, 01:34

    aku khotimah boleh tanya saya baru nikah 1 juli 2017 sebelum saya menikah aku mens tanggal 28 juni 2017 .
    terus yng bikin saya aneh dari tanggal 20 juli aku mens . mensnya gga terlalu banyak cuman ngfelk dan sedikit tapi perut disertai sakit dan sering pusing
    tolong solusinya saya khwatir sekali dok .

  • Munipah Sunday, 23 July 2017, 21:31

    Dok saya mau tanya?terahir saya haid tgl 1smpe tlg 6?!tp sya blm telat haid,? tp kok aq badanny ada yg beda rsany mual,pusing beberapa hari demam,lemes payudara klo disentuk nyeri,puting gatel apa itu tanda-tanda hamil dok? terima ksih sebelumny

  • yuhaeni Tuesday, 30 May 2017, 11:39

    Dok saya menikah tgl 5mei kemarin. Pas sy lg haid. Tp udah beberapa hari ini merasakan perbedaan. Cepat lelah, perut agak membesar. Sy penasaran sy coba d tespec hasilnya positif tp yg satu merahnya tebal yg satu samar. Apa itu pertanda saya hamil. Tp sy gk merasakan mual. Cuman pusing dn lelah sy rasakan.

  • ina Sunday, 9 April 2017, 09:21

    Pagi dok.saya mau tanya
    Selm 9 bln sy psg implan g haid.terus hmpir 2bln yg lalu saya lps kb implan tp blm jg haid.terus kalau pagi sy sering ngerasa ngantuk n pusing perut terasa penuh dibgian pusar..terus merasa seperti berdegup dibagian pusar…apakah itu tnda hamil…

  • dika Thursday, 30 March 2017, 23:38

    istri saya mgalami pusing kpala, muntah2 het terlambat perut kembung , payudara membesar.. nmun tak mengalami bercak darah… tpi mgalami keputihan yg hilang nanti brapa hari lgi datang … ap bsa di pastikan hamil.

  • Yani Monday, 27 March 2017, 08:01

    Assalamu’allaikum, selamat Pagi Bunda, Bunda saya mw Shera dlu ini, SY terakhir haid tnggl 20 januari tahun 2017, seharusx tnggal 20 februari sy haid lg, tapi gak ada juga datang2 sampai tnggl 7 Maret, SY sdh merasakan gejala hamil kaya pusing, perutq nyeri, KY tertarik2 gtu, pas pagix tnggal 8 Maret saya tespek alhamdulillah positif tp yg SATUX samar2, SY senang skli, pas tnggl 10 saya kluar darah sampai 4 dsertai kram perut, pas sy bawah istrhat kram perutq hilang sakitx, tp darah kluar sedikit2, jujur Bunda sy binggung skli, pas sy slsai pendarahan payudara sy sakit gk bs disentu truz agak Besar jg. Sy tmbh binggung bunda2.. Mnta jawabanx bun

  • Ati Friday, 9 December 2016, 06:28

    Dok apakah wanita yg suda haid dan belum paerna bersetubu dan hasil tespec negatif bisa hamil

  • Ati Friday, 9 December 2016, 06:25

    Ass.dok mau tanya apa wanita yg suda perna haid dan tida perna bersetubu dan hasiltes negatif apakah bisa hamil. Trim….

  • yunita Wednesday, 16 November 2016, 09:35

    Siang dok, saya mau tanya bulan oktober kmarin sya haid tgl 17-22 pas tgl 30 sya haid lagi smpe tgl 4 novembr eh skrg tgl 16 sya udh haid lagi dok. Gmna ya dok apa ada pnyakin atw smcam apa gtu. Soalnya baru skrg dok sya nglamin hal sperti itu. Sya udh nikah slma 5 buln.

  • Wiwik Friday, 14 October 2016, 20:18

    Dok. Saya terakhir dtg bln agustus sampek skg sy blm dtg bln sy tes hsilnya negatif tp perut terasa kaku dn puting panyudara sy membengkak apa itu tanda tanda sy akn hamil dok.. tolong di bantu ya dok

  • Denis alfadiah Wednesday, 28 September 2016, 09:02

    Dok,saya mau tanya akhir2 in saya sering banget kelelahan padahal saya cuma ngejalani rutinitas sehari hari,saya juga sering buang air kecil dok..ap itu artinya saya hamil dok..

  • ullya nurul apipah Monday, 26 September 2016, 14:52

    Dok saya mau Tanya ,,, bulan juli saya haid tanggal 18 , lalu bulan agustus tanggal 12 , tapi bulan sekarang belum haid ,, apakah itu bissa di pstikan Hamil dok ?

    • lita Sunday, 23 October 2016, 09:27

      sama sis..saya juga begitu haid sebelumnya tanggal tua kemudian bulan selanjutnya tanggal muda dan bulan sekarang blm haid juga..apakan sis sekarang sedang hamil/karna gejala apa sis? saya tidak merasakan gejala hamil yang umum..saya jadi ragu..

  • pipit wahidin Friday, 29 July 2016, 20:54

    Mlm dok sy haid pertama tggl 14 kmrin sy haid pertama 5 hari kmdian haid berhenti sy berhbngn ma suami..ni sy merasa perte srg kenceng pi td pg dites hslny negatif pa ni tnda2 hmil bkn yaa..tlg penjelasannya..mksh

  • danu Thursday, 21 July 2016, 08:19

    istri saya kalo haid bisa tiga bulan sekali, saya nikah sudah 14 tahun. belum punya anak, usia istri sekerang 40 dan saya 53, sebelum nikah saya pernah hubungan intim dan pernah telah dua minggu telat haid dan mungkin lebih. apa telat haid sampai tiga bulan apa itu penyebab gak bisa hamil

  • susan Wednesday, 6 July 2016, 13:24

    siang dok…saya kan udah nikah sktar 1 tahun dok, tapi tidak ada sedikitpun tanda2 kehamilan dok, apa penyebabnya dok..padahal menstruasi normal dok.

  • Dety ayu permata Saturday, 14 May 2016, 20:48

    Malam dok… saya mau tanya saya baru 1 bulan 14 hari menikah . udah 1 minggu ini saya sering mual dan muntah2. Kepala saya sering pusing. Puting susu daya gatal. Terus saya udah tes kehamilan hasilnya negatif.
    Lalu gejala apa yg sdang saya alami itu dok?
    Terimakasih

  • Tiya Tuesday, 26 April 2016, 11:20

    Siang dok,saya mau tanya saya terakhir haid terlambat 7 hari dan beberapa dan beberapa hari ini saya mual . Itu ciri ciri apa yaa ? Mohon bantuan nya dok :)

  • Mira Saturday, 9 April 2016, 14:40

    Dok ap perut ibu hail pusatnya bisa kedalam

  • Rasti Wednesday, 23 March 2016, 07:50

    Pagi dok?
    Maaf dok saya mau tanya
    usia saya 21 dan baru 1 minggu saya menikah
    tapi kok ahir” ini saya ngrasa ada yg aneh pada tubuh saya
    yang pertama payudara membesar, lembek, dan puting nya sensitif
    terus perut saya berasa sakit saat bersetubuh
    apa itu tanda” kehamilan dok? Tapi kan aneh masa bru 1 minggu hamil? Kan mustahil
    mohon bantuan nya ya dok
    TRIMA KASIH :-)

  • destyan adhi Thursday, 25 February 2016, 14:10

    Sore dok mau tny hpht sy tgl 7 bln ini,,, nah biasanya 1 mggu sblm haid sy mngalami nyedi PD,,, nah bln ini sy slesai haid tgl 14,, siklus haid saya normal,, tp bln ini dr tgl 18 kmren udah nyeri PD mngalami kram prut tp tnpa flek,, apa ada kmungkinan hamil ?? Ow iy sy mnikah udah 1 th dan blm hamil

  • Puspa Friday, 19 February 2016, 09:38

    Pagi dokter, saya mau tanya dok waktu saya habis melakukan hubungan intim menstruasi saya telat selama 2 minggu dok nahh setelah itu saya mengalami pendarahan dok seperti menstruasi tapi tidak keluar banyak, tapi keluar darahnya selama 4 hari dok itu namanya apa dok saya hamil atau saya sedang menjalankan menstruasi ? Tolong di jawab ya dokter terimakasih dokter

  • arny Tuesday, 16 February 2016, 13:44

    Dokter sya mau tanya saya ni akhir2 ni suka sakit perut sama perut sya ni membesar dokter tpi kalo memang sya hamil knapa sya g da keluar bercak darah bilang org tu tanda awal kehamilan dokter betulkh dokter???

  • linda Saturday, 26 December 2015, 08:33

    pagi dok.mau tnya ni saya haid biasa tgl 10 tpi tgl segini juga blm haid.
    tpi saya udh bebrp x tes hasile negatif.tpi sering keputihan dok.itu knp ea.tlng dijawab

  • wulan sari Saturday, 19 December 2015, 23:25

    bunda, saya mau tanya ini bun.
    saya tiap bulan haid tapi cuma 2 atau 3 hari jha bun
    apa ito bisa hamil bun

Leave a Comment