Kenali Ciri-Ciri Wanita Hamil Umur Satu Minggu

Dari sisi medis, kehamilan pada minggu pertama terhitung mulai dari hari terakhir menstruasi.

Oleh karena itu, kehamilan minggu pertama tidak dihitung dari terjadinya pembuahan, tapi dari terakhir kalinya datang bulan.

Kehamilan pada minggu pertama sangat susah untuk diketahui tanpa melakukan tes medis. Namun hal ini bisa diketahui dengan beberapa ciri-ciri secara fisik maupun non fisik dari sang ibu.

Artinya, menurut para dokter, kehamilah satu minggu kamu masih akan mengalami menstruasi!

Kamu masih belum membawa calon bayi sampai minggu kedua atau tiga, tergantung cycle mestruasi.

Baca juga: Apakah ciri-ciri kemandulan?

Secara fisik mungkin akan gampang terlihat, karena adanya perubahan hormon yang dialami sang wanita sehingga membuat perubahan pada tubuhnya. Berikut kami berikan beberapa ciri-ciri wanita hamil 1 minggu yang bisa terlihat secara fisik.

Bentuk Perut Ibu Hamil 1 Minggu

Minggu pertama mungkin tidak akan terlihat begitu menonjol perubahan yang terjadi. Minggu ini adalah tahap fertilisasi / pembuahan dan implantasi. Pada minggu ini calon Ibu masih tidak akan bisa membedakan apakah perut menonjol gara-gara makan atau pembuahan.

Di tiga bulan pertama, setelah fertilisasi dan implantasi, bayi muncul masih dalam bentuk embryo: Yaitu dua layer sel yang nantinya organ bagian-bagian tubuh akan dibentuk. Pertumbuhannya relatif cepat, calon bayi ini besarnya kira-kira sebesar kepalan tangan dewasa.

Ibu mungkin akan merasakan gerakan-gerakan kecil calon bayi. Nantinya pada masa ini, mata, mulut, dan hidung mulai membentuk.

Perkembangan bentuk perut Ibu hamil

Perkembangan bentuk perut Ibu hamil

Ciri-Ciri Wanita Hamil Umur Satu Minggu

Ingat, ini adalah tahap-tahap awal. Di minggu pertama, ciri-ciri yang kamu alami ini adalah berdasarkan perubahan hormon karena menstruasi. Masih bukan kehamilan seutuhnya.

Tetapi jangan khawatir, jika kamu ingin cepat-cepat hami, kami sudah menuliskan tips-tips cara cepat hamil untuk pasangan baru.

Nah di bawah berikut adalah ciri-ciri yang bisa dilihat atau dirasakan secara fisik bagaimana menginjak kehamilan di minggu-minggu pertama

Pendarahan atau Bercak Darah

Pendarahan atau Bercak darah

Saat memasuki minggu pertama kehamilan, ada beberapa wanita yang akan mengalami pendarahan implantasi atau implantation bleeding.

Hal ini diakibatkan karena proses implantasi atau menempelnya calon janin pada dinding rahim, sehingga bisa ditemukan bercak darah seperti halnya haid namun dalam jumlah yang sedikit.

Selanjutnya kamu akan merasakan sakit pinggang. Ini terjadi karena untuk menumpahkan lapisan tersebut, uterus harus berkontraksi.

Kram atau Sakit Perut

Ciri-ciri ibu hamil

Keram atau rasa sakit yang dirasakan pada bagian perut juga disebabkan karena proses dari implantasi calon janin.

Rasa sakit yang timbul dikarenakan proses penempelan dari bagian yang sebelumnya bukan merupakan bagian dari rahim. Jadi sangat wajar jika Anda akan mengalami gangguan pada perut selama proses ini.

Perubahan Payudara

Perubahan Payu dara

Ciri ciri orang hamil 1 minggu juga bisa terlihat secara fisik dengan berubahnya payudara. Di minggu ini, payudara menjadi lebih sensitif sehingga membuat seorang wanita akan merasa tidak nyaman saat payudaranya tersentuh dengan bra secara mendadak.

Baja juga: Waspadai kanker payudara dini

Dari segi ukuran, payudara juga akan terlihat sedikit lebih membesar dan saat di raba atau diremas akan terasa lebih empuk dan lembut.

Namun tak jarang beberapa wanita juga akan merasakan gatal pada payudara atau puting yang membengkak. Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan terjadinya perubahan hormon pada tubuh wanita.

Terlambat Datang Bulan

Terlambat datang bulan

Ovarium yang sudah dibuahi tidak akan dikeluarkan dari tubuh, sehingga membuat wanita tidak akan mengalami menstruasi. Kondisi seperti ini bisa dijadikan sebagai tanda awal hamil muda.

Siklus dari menstruasi tersebut sebenarnya bisa dijadikan sebagai pedoman umum, saat terlambat datang bulan maka kemungkinan besar Anda sedang hamil.

Mual dan Muntah

Mual atau muntah

Ciri ciri orang hamil 1 minggu bisa juga ditandai dengan seringnya merasa mual atau muntah pada pagi hari yang disebut dengan istilah morning sickness. Bahkan rasa mual yang dirasakan bisa juga terjadi sepanjang hari.

Sering Buang Air kecil

Saat hamil, janin yang ada di dalam rahim membutuhkan ruang yang cukup untuk bisa tumbuh. Kondisi inilah yang membuat kandung kemih tertekan oleh rahim sehingga bisa membuat seorang wanita yang hamil akan lebih sering buang air kecil.

Kebisaan itu akan terjadi saat awal kehamilan dan berhenti saat memasuki minggu ke-12. Namun saat perut sudah mulai membesar sekitar minggu ke-28, maka kebiasaan buang air kecil ini akan kembali.

Mudah Lelah

Ciri fisik terakhir pada orang yang hamil pada minggu pertama bisa juga terlihat dengan mudahnya merasa lelah dan capek meskipun hanya melakukan pekerjaan yang ringan.

Bahkan untuk wanita dengan kondisi tekanan darah yang rendah bisa menyebabkan pingsan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat memasuki kehamilan 1 minggu pertama agar tekanan darah tidak turun.

Jika kamu terus-terusan mengalami kelelahan, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu dokter bisa mendiagnosa apa penyebab kelelahan ini.

Jika kamu dinyatakan positif hamil, maka selamat! Saya tahu ini kabar gembira. Tetapi ini juga kabar bahwa mulai saat ini kamu harus lebih hati-hati dan lebih banyak istirahat.

Perhatikan juga bahwa saat hamil, posisi tidur ibu hamil tidak boleh sembarangan lagi.

Bentuk Perut Menjelang Kehamilah 1 Minggu

Di dalam perut Ibu hamil minggu pertama, kita sudah tahu bahwa kita melepaskan sel-sel telur bulan sebelumnya. Ini terjadi dalam bentuk pelepasan dinding-dinding rahum. Sel telur baru nantinya akan difertilisasi dan tumbuh.

Pada hari ke-10 sampai ke-19; Calon ibu masih mungkin mengaami menstruasi, pembuahan justru berlangsung pada 12 sampai 24 jam setelah menstruasi tersebut.

Dan tahukan kamu? Sel seperma bertahan dalam tubuh bisa sampai enam hari!.

Tanda-tanda kehamilan awal justru muncul setelah ini. Yaitu calon Ibu akan merasakan telat datang bulan atau mungkin merasa “berbeda”.

Di minggu pertama ini, calon Ibu mungkin nervous. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama! Persiapan yang sebaiknya dilakukan calon Ibu adalah menjaga pola makan, berat badan, makan-makanan bergizi, dan hindari merkok atau mengkonsumsi alkohol.

Baca juga: Bagaimana diet yang sehat untuk wanita hamil?

Pemeriksaan USG Saat Kehamilan 1 Minggu

Ingat, kehamilan pada minggu pertama sulit untuk diketahui. Ciri-cirinya muncul justru setelah menstruasi terakhir.

Nah, jika Kamu ingin memeriksakan kehamilan dengan USG, kamu mingkin akah melihan follicels di bagian ovaris. Artinya apa? USG pun masih belum bisa menunjukan bahwa kamu memang benar-benar sedang hamil.

Fun fact. Dan tahukah kamu bahwa sesungguhnya mengandung anak kembar bisa diketahui sejak dini? Selengkapnya.

***

Demikianlah beberapa ciri-ciri wanita hamil 1 minggu yang bisa terlihat secara fisik. Sebaiknya jagalah kondisi Anda selama periode ini, karena kondisi janin masih sangat rentan. Jika perlu segera konsultasikan ke bidan atau dokter.

Taged as:
44 comments… add one
  • Aprilia Aug 3, 2019 @ 2:46

    Mw tany dok sya uda telat 2 mingu sya tespeck .Hsilny positip tp kq gag ada tanda tanda hmil dok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.