≡ Menu

Ketahui Ciri-Ciri Wanita Hamil Anak Kembar Sejak Dini

Meskipun Anda tidak pernah merencanakan untuk memiliki anak kembar, namun tentu ada kesenangan tersendiri ketika dokter menyampaikan bahwa ada 2 janin di rahim Anda.

Anda tentu saja bisa membayangkan bagaimana kelahiran dari dua bayi kecil yang sangat lucu dan sehat. Kehadiran 2 makhluk mungil ini jelas akan membuat setiap pasangan orang tua merasa bahagia.

Namun jika Anda justru sangat mengharapkan kehadiran dari anak kembar — selain karena ada keturunan kembar di keluarga Anda — maka hal ini bisa menjadi kabar yang baik.

Baca juga: Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki atau Perempuan

Ciri-Ciri Wanita Hamil Anak Kembar

anak kembar yang menggemaskan dan lucu

Ciri-Ciri Wanita Hamil Anak Kembar

Meskipun tidak semua mengalaminya, namun kebanyakan ibu yang mengandung anak kembar memiliki ciri-ciri yang sangat intens. Misalnya, bentuk payudara mereka yang sangat besar, rasa lapar yang selalu datang sepanjang waktu, lebih mudah lelah, dan juga sangat sering buang air kecil.

Terkadang, mereka akan mengalami kesulitan untuk bernafas saat memasuki trimester ke-2, pembengkakan pada tangan dan kaki, rahim yang begitu membesar, gerakan kuat dari janin, serta pertambahan berat badan yang tergolong tidak normal. Masalah anemia juga akan sangat sering dialami oleh ibu yang mengandung anak kembar.

Baca juga: Beginilah Bagaimana Rasanya Melahirkan Seorang Bayi

Selain itu, masih banyak acuan lain yang bisa dijadikan pertanda bahwa Anda sedang mengandung bayi kembar. Meskipun demikian, sebaiknya konfirmasikan dengan dokter Anda agar didapatkan hasil yang lebih akurat.

Tingkat Kepekaan

memiliki tingkat kepekaan yang kuat

memiliki tingkat kepekaan yang kuat

Wanita memang memiliki tingkat kepekaan yang sangat kuat, sehinga Anda mungkin bisa saja merasakan bahwa ada 2 janin yang sedang menunggu di dalam rahim. Umumnya, ibu yang mengandung bayi kembar sudah mengetahui sejak awal jika ia memang akan melahirkan bayi kembar.

Baca juga: Memilih Rumah Sakit Bersalin di Jakarta

Mual dan Muntah Berlebihan

Mual dan muntah atau morning sickness memang hal yang wajar dialami untuk ibu yang hamil, namun hal ini akan terjadi secara berlebihan jika bayi yang dikandung ada 2.

Hormon hCG yang ada pada air kencing Anda juga akan ikut meningkat. Hormon ini sangat dibutuhkan agar kehamilan bisa tetap terjaga dan plasenta bisa tumbuh dengan baik.

mual yang lebih dari biasanya

mual yang lebih dari biasanya

Keberadaan dari hormon hCG bisa diketahui lewat air kencing, bahkan lewat darah sebelum menstruasi. Apabila kehamilan Anda tunggal, maka konsentrasi dari hormon hCG biasanya akan meningkat dengan cepat pada minggu pertama, kemudian berlipat ganda dalam 2 atau 3 hari.

Nah, saat kehamilan Anda kembar, maka kadar hormon hCG tersebut akan semakin meningkat sehingga mual dan muntah akan terjadi lebih parah dari biasanya.

Berat Badan

Ciri-ciri wanita hamil anak kembar selanjutnya adalah penambahan berat badan yang sangat cepat ketika memasuki trimester pertama.

penambahan berat badan yang cepat

penambahan berat badan yang cepat

Jika Anda memiliki pola makan yang baik, maka Anda tidak perlu khawatir. Apalagi penelitian menunjukkan bahwa pertambahan berat badan pada fase awal ini sangat penting bagi mereka yang hamil anak kembar, karena akan berpengaruh terhadap berat badan bayi saat lahir nantinya.

Ukuran Rahim

Jika siklus menstruasi terakhir Anda berada pada kehamilan 8 minggu, maka rahim Anda bisa saja terasa sudah berusia 10 atau 12 minggu. Tapi hal ini masih harus dibuktikan lewat pemeriksaan USG.

Apabila Anda memang mengandung 2 bayi saat kehamilan berlanjut, maka ukuran rahim Anda pun akan semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Untuk rahim yang mengandung 1 janin, maka ukurannya bisa 38-40 cm. Sedangkan untuk yang hamil kembar, maka ukuran rahimmya bisa mencapai 48 cm.

Kadar AFP

Jika memang Anda mengandung anak kembar, maka dokter akan menginformasikan bahwa kadar AFP (alpha fetoprotein) Anda sedang meningkat. Hal ini akan terjadi jika ada lebih dari 1 janin yang dikandung dan akan ditemukan melalui darah sang ibu saat bayi sedang mengalami pertumbuhan.

Detak Jantung

Dokter memiliki kemampuan untuk mendengarkan dua detak jantung secara terpisah dan bisa dibuktikan hingga kehamilan memasuki usia 12 minggu.

Baca juga: Ceklist Tips Bersalin Aman dan Sehat yang Wajib Diperhatikan

Pada saat usia 28 minggu, maka besar kemungkinan dokter bisa membedakan 2 kepala janin melalui USG. Dua detak jantung ini sebenarnya sudah bisa terdengar saat kehamilan 6 minggu. Bahkan ada banyak janin kembar yang bisa didiagnosa pada usia kehamilan 5 minggu.

***

Nah, itulah beberapa ciri-ciri wanita hamil anak kembar yang sekiranya bisa Anda jadikan patokan mengenai jumlah bayi yang sedang Anda kandung. Namun bagaimanapun juga, kesehatan dan keselamatan dari janin Anda tetap menjadi urusan nomor satu.

{ 1 comment… add one }
  • lauraeta Sunday, 24 April 2016, 20:10

    Pengen banget rasanya punya anak kembar laki laki perempuan..

Leave a Comment