Ketahui Enam Ciri-Ciri Wanita Mandul Berikut

Secara umum, ciri-ciri wanita mandul terbilang sangat sulit untuk terlihat secara fisik. Namun jika Anda paham mengenai hal ini, maka Anda akan memiliki sejumlah pertimbangan untuk melihat kecenderungan dari seorang wanita apakah ia subur atau tidak.

Meskipun dibutuhkan sebuah pemeriksaan fisik dan laboratorium, tapi Anda tetap bisa mengetahui tingkat kesuburan wanita melalui pola hidup serta siklus menstruasinya.

Selain itu, masih banyak kondisi fisik lain yang bisa Anda jadikan sebagai acuan mengenai kesuburan wanita.

Tanda-Tanda Seorang Wanita Mandul

Berikut di bawah adalah beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan atau waspadai untuk mengetahui tentang kesuburan seorang wanita, kenapa seorang wanita belum bisa mendapatkan kehamilan.

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi merupakan sebuah pertanda jika proses ovulasi sedang terjadi dan juga menandakan mengenai bahwa hormon bisa bekerja secara normal.

Ciri-ciri wanita mandul

Ciri-ciri wanita mandul

Karena alasan tersebut, tidak heran jika banyak dokter yang menyarankan agar hubungan intim sebaiknya dilakukan selama masa ovulasi ini, karena peluang untuk terjaidnya kehamilan sangat besar. Namun sayangnya, tidak semua wanita paham mengenai waktu ovulasi.

Saat ini, ada sebuah alat yang bisa mendeteksi masa ovulasi wanita, dan dijual bebas di apotik. Jadi, ovulasi merupakan sebuah tanda awal yang bisa Anda jadika acuan mengenai subur tidaknya seorang wanita. Jika seorang wanita mengalami masalah dengan siklus menstruasinya, maka besar kemungkinan ia mengalami ketidak suburan.

Berat Badan Tidak Normal

Meskipun wanita yang sangat gemuk ataupun terlalu kurus masih memiliki peluang untuk hamil, namun hal ini bisa mengurangi peluang kehamilannya.

Perlu dipahami bahwa agar ovulasi bisa berjalan secara optimal, maka dibutuhkan hormon-hormon yang bekerja secara baik. Namun sayangnya, saat tubuh memiliki bobot yang berlebih atau sangat kurang, maka kinerja dari hormon tidak bisa normal. Untuk tingkat yang ekstrim, ovulasi bahkan bisa berhenti.

Baca juga: Pola Makan Diet yang Tepat, Menuju Berat Ideal

Alat Kontrasepsi

Apabila seorang wanita mengikuti program KB secara aktif lalu berhenti dikarenakan merencanakan kehamilan, maka dibutuhkan waktu sekitar satu tahun agar kondisinya bisa pulih. Kondisi ini sendiri sangat tergantung pada setiap individu, bahkan pada beberapa kasus membutuhkan waktu yang lebih lama.

Ilustrasi alat kontrasepsi bekerja

Ilustrasi alat kontrasepsi bekerja

Pada masa ini, tubuh membutuhkan waktu agar bisa mengatur siklus haid dan juga ovulasi. Sekalipun siklus haid sudah normal, proses ovulasi belum tentu menjadi normal juga. Namun beruntung, hingga kini belum ada indikasi bahwa penggunaan alat kontrasepsi bisa menimbulkan kemandulan.

Penyakit Menular Seksual

Ciri ciri wanita mandul selanjutnya adalah mereka yang memiliki penyakit menular seksual seperti Gonore dan Klamidia.

Penyakit seperti Gonore dan Klamidia menyebar hingga ke organ reproduksi yang nantinya menimbulkan jaringan parut pada area ovarium dan tuba fallopi sehingga mencegah terjadinya ovulasi. Melakukan hubungan intim dengan para penderita penyakit ini sangat berpotensi untuk menimbulkan kemandulan.

Merokok

Berdasarkan data yang akurat, wanita yang tidak merokok memiliki peluang untuk hamil lebih besar daripada mereka wanita yang merokok. Bahkan ada sekitar 43% wanita perokok berat yang mengalami penurunan fungsi kesuburan. Statistik inipun akan semakin meningkat apabila sang suami juga merokok.

Kenapa bisa terjadi hal seperti demikian?

Hal ini dikarenakan kandungan bahan kimia di dalam rokok yang bisa merusak sel telur sehingga menimbulkan ovulasi secara sporadis. Selain menurunkan potensi kehamilan, kebiasaan ini juga bisa meningkatkan potensi keguguran.

Stres

Stres termasuk faktor yang sangat besar sehingga wanita sulit mengalami kehamilan. Namun sayangnya, stres sangat tidak bisa dipisahkan dari wanita, terutama bagi mereka yang hidup di kota besar.

Stres termasuk faktor yang sangat besar sehingga wanita sulit mengalami kehamilan

Stres termasuk faktor yang sangat besar sehingga wanita sulit mengalami kehamilan

Ketika seorang wanita menjalani hari-harinya dengan stres, maka ia akan menghasilkan hormon kortisol dan prolaktin yang terbukti bisa mengganggu atau menghentikan ovulasi.

Baca juga: 11 Tips Cara Cepat Hamil untuk Pasangan Baru Menikah

Apabila hal ini terus terjadi, maka sistem imun tubuh menurun dan menguras banyak energi. Kondisi seperti ini kemudian bisa mencegah terjadinya pelepasan energi, termasuk mempersulit terjadinya kehamilan.

***

Secara sederhana, wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak normal, sedang mengikuti kontrasepsi hormonal, memiliki berat badan yang tidak normal, hidup dengan stres, serta memiliki kebiasaan merokok, maka besar kemungkinan wanita tersebut mengalami kemandulan.

Selain itu, perlu dipahami bahwa masalah kesuburan tidak hanya menyangkut wanita atau isteri saja, namun juga pada sang suami. Oleh karena itu, pemeriksaan kesuburan wajib dilakukan oleh kedua pihak.

Meskipun ciri-ciri wanita mandul yang kami berikan ini tidak sepenuhnya bisa menentukan kesuburan wanita secara akurat, namun setidaknya Anda bisa melihat kecenderungan dari seorang wanita apakah subur atau tidak dengan menggunakan tolak ukur di atas.

Taged as:
45 comments… add one
  • Maya May 21, 2018 @ 13:20

    Assalamu’alaikum dokter, saya punya keluhan 3minggu ini terlambat haid tp saya testpeck hasilnya negatif, apa yg terjadi dgn rahim ato kesuburan saya Dok? Apa rahim saya sehat atau tidak dokter?
    Terimakasih..

  • Firda Nov 6, 2017 @ 8:40

    Dok saya mau tanya,
    Saya firda, saya belum haid 1 Bulan, tapi pas pake tas pack aneh nya negatif (-)
    Apakah saya hamil, krna sampai saat ini saya belum haid juga

  • Nur Tiani Widyaningsih Oct 8, 2017 @ 17:01

    Dok,saya sebelum nikah haid saya tidak teratur hingga pernah sampai 2thn tidak haid?
    Apa yg bisa bikin subur aq konsumsi seperti buah parijoto,kurma muda,zuriat,sungkai,afolat,ever-e tp belum juga diberi momongan?

  • nita amalia Sep 18, 2017 @ 6:12

    Dok..saya mau tanya??
    kenapa saya menstruasinya belum lancar lancar yah??

  • Elyna Jun 15, 2017 @ 12:30

    Ass. Dok aku maw tnx, aku kan udah nikah 5 blan, tpi kok aku blum punya momongan yah?? siklus haidq jga nggk lancar kadang awal bulan, trkdang jg 1 mnggu stlah mens, tpi dari bln kmarin aku blum dpet” smpai skrng in! ap krna aku mandul yah?? tlong infox sgera dok

  • Amira May 21, 2017 @ 23:57

    Hi nak tny . Apa effect kalau sy terhantuk kuat vagina pada besi basikal ? Smpai darah . Msetu umur sy tingkatan 1

  • HanHan May 17, 2017 @ 14:39

    Dok sya mw tnya,prnikhan sya sdah hmpir 3 thun.tp stlah 1 bln prnikhanbln sya sntik kb yg 3 blan. Tp sya sntikx skli aj.stlah itu gk prnh sntik lgi.Klw haid si lncar tp kdang tmbul rsa nyeri d prut, tp tdak d stiap haid. Kdang” sja. Kra” sya bsa pnya mmongan gk Dok,Mksih.

  • HanHan May 17, 2017 @ 14:35

    Dok,sy mw tnya.sya sdah nkah sdah hmpir 3 thun. Tp 1 bln stlah prnikhan sya sntik KB skli yg 3 bln. Stlah itu sy gk prnh lnjut kBx lgi. Haidx tiap bln si lncar. Tp rsa nyeri d prut kdang ad & kdang gk ad.. kra” bwat sya ad gk pluang bwat pnya mmongan. Mksih Dok.

  • cyasmi yati Apr 28, 2017 @ 8:31

    Assalamualaikum dok , maaf saya mau bertanya knp ada benjolan di kelamin saya apa kah yg terjadi dok

  • maya wulan dari Apr 19, 2017 @ 21:56

    Ass kenapa ya saya haid cuma 2 hari

    • dhony May 5, 2017 @ 9:12

      bgus tuu jadi kmu gx lama lama klo gx.shalat

  • Ilra Feb 22, 2017 @ 22:43

    Asss,,,,,
    Aku udah nikah setahul lebih dok tp aku blum hamil juga,soalnya aku punya masalah keputihan sama haid tdk lancar.makanya dok sya mw nanya gimana cara mengatasinya ya dok

  • Syailalala Jan 2, 2017 @ 7:03

    Maaf sebelumnya dokter saya mau bertanya , Saya kok malah bertelur iya bukan melahirkan knp kira kira?

    Dah kaya ayam aja -__-

    • dhony May 5, 2017 @ 9:14

      hhhhhh????????????

  • Avira ashary annur Dec 30, 2016 @ 14:42

    Umurku 12 teman2 ku rata rata udh haid tapi cuma aku doang yg belum kenapa ya smg st st nt bs id

    • dhony May 5, 2017 @ 9:16

      sabar gx smua wanita it cpat haid…ada wanita cpat mngalami haid.ad yg lambat

  • nada Dec 29, 2016 @ 8:50

    kok haid saya ngak teratur ya??

  • efi Nov 16, 2016 @ 20:21

    mlm..sya sdh punya anak 1 sdh umur 10 thn..tpi ssh hmil ank ke2,,mhn solusi ny.

  • Miranda Nov 14, 2016 @ 23:17

    Kenapa ya umur ak ud 15 tahun tp koq blm haid

  • Novie Oct 17, 2016 @ 22:28

    Mlm .. saya nikah udh 6 thn tp blum jga punya momongan nih :’) saya sih punya penyakit infeksi saluran kencing tp udh di tanganin sama dokter .. mengenai menstruasi alhamdulilah teratur .. tapi kok blum dpt momongan :'( Mohon saran dan pendapatnya ya guys

    • dhony May 5, 2017 @ 9:18

      momongan it emnk di harap kan smua pasangan…intinya sabar dan tawakal…banyak” berdo.a spaya cpet di bri momongan

  • mida Oct 15, 2016 @ 18:16

    anak itu kan titipan, insya allah klo udah dipercayakan allah pasti ngasih. tapi kalau belum yah berdoa sajalah dan terus berusaha :)

  • amoy inuy Sep 26, 2016 @ 13:45

    Anak itu hak ALLOH,ttp berdoa dan berikhtiar,klw udah waktunya juga dikasihh

  • Yuli Aug 30, 2016 @ 9:21

    Assalamualaikum,,saya juga me gbung,,saya udh 3 bln gk dtg haid,saya takut trjd sesuatu d rahim saya,
    Udah sering trjd sperti ni,kdg setahun gk keluar haid,trus lancar lg dtg ny,siklus haid ny gk teratur,perut juga sering sakit,tkutny saya tak bsa pny anak,bagi solusinya ya,terimakasih,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.