≡ Menu

Ketahui Enam Ciri-Ciri Wanita Mandul Berikut

Secara umum, ciri-ciri wanita mandul terbilang sangat sulit untuk terlihat secara fisik. Namun jika Anda paham mengenai hal ini, maka Anda akan memiliki sejumlah pertimbangan untuk melihat kecenderungan dari seorang wanita apakah ia subur atau tidak.

Meskipun dibutuhkan sebuah pemeriksaan fisik dan laboratorium, tapi Anda tetap bisa mengetahui tingkat kesuburan wanita melalui pola hidup serta siklus menstruasinya.

Selain itu, masih banyak kondisi fisik lain yang bisa Anda jadikan sebagai acuan mengenai kesuburan wanita.

Tanda-Tanda Seorang Wanita Mandul

Berikut di bawah adalah beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan atau waspadai untuk mengetahui tentang kesuburan seorang wanita, kenapa seorang wanita belum bisa mendapatkan kehamilan.

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi merupakan sebuah pertanda jika proses ovulasi sedang terjadi dan juga menandakan mengenai bahwa hormon bisa bekerja secara normal.

Ciri-ciri wanita mandul

Ciri-ciri wanita mandul

Karena alasan tersebut, tidak heran jika banyak dokter yang menyarankan agar hubungan intim sebaiknya dilakukan selama masa ovulasi ini, karena peluang untuk terjaidnya kehamilan sangat besar. Namun sayangnya, tidak semua wanita paham mengenai waktu ovulasi.

Saat ini, ada sebuah alat yang bisa mendeteksi masa ovulasi wanita, dan dijual bebas di apotik. Jadi, ovulasi merupakan sebuah tanda awal yang bisa Anda jadika acuan mengenai subur tidaknya seorang wanita. Jika seorang wanita mengalami masalah dengan siklus menstruasinya, maka besar kemungkinan ia mengalami ketidak suburan.

Berat Badan Tidak Normal

Meskipun wanita yang sangat gemuk ataupun terlalu kurus masih memiliki peluang untuk hamil, namun hal ini bisa mengurangi peluang kehamilannya.

Perlu dipahami bahwa agar ovulasi bisa berjalan secara optimal, maka dibutuhkan hormon-hormon yang bekerja secara baik. Namun sayangnya, saat tubuh memiliki bobot yang berlebih atau sangat kurang, maka kinerja dari hormon tidak bisa normal. Untuk tingkat yang ekstrim, ovulasi bahkan bisa berhenti.

Baca juga: Pola Makan Diet yang Tepat, Menuju Berat Ideal

Alat Kontrasepsi

Apabila seorang wanita mengikuti program KB secara aktif lalu berhenti dikarenakan merencanakan kehamilan, maka dibutuhkan waktu sekitar satu tahun agar kondisinya bisa pulih. Kondisi ini sendiri sangat tergantung pada setiap individu, bahkan pada beberapa kasus membutuhkan waktu yang lebih lama.

Ilustrasi alat kontrasepsi bekerja

Ilustrasi alat kontrasepsi bekerja

Pada masa ini, tubuh membutuhkan waktu agar bisa mengatur siklus haid dan juga ovulasi. Sekalipun siklus haid sudah normal, proses ovulasi belum tentu menjadi normal juga. Namun beruntung, hingga kini belum ada indikasi bahwa penggunaan alat kontrasepsi bisa menimbulkan kemandulan.

Penyakit Menular Seksual

Ciri ciri wanita mandul selanjutnya adalah mereka yang memiliki penyakit menular seksual seperti Gonore dan Klamidia.

Penyakit seperti Gonore dan Klamidia menyebar hingga ke organ reproduksi yang nantinya menimbulkan jaringan parut pada area ovarium dan tuba fallopi sehingga mencegah terjadinya ovulasi. Melakukan hubungan intim dengan para penderita penyakit ini sangat berpotensi untuk menimbulkan kemandulan.

Merokok

Berdasarkan data yang akurat, wanita yang tidak merokok memiliki peluang untuk hamil lebih besar daripada mereka wanita yang merokok. Bahkan ada sekitar 43% wanita perokok berat yang mengalami penurunan fungsi kesuburan. Statistik inipun akan semakin meningkat apabila sang suami juga merokok.

Kenapa bisa terjadi hal seperti demikian?

Hal ini dikarenakan kandungan bahan kimia di dalam rokok yang bisa merusak sel telur sehingga menimbulkan ovulasi secara sporadis. Selain menurunkan potensi kehamilan, kebiasaan ini juga bisa meningkatkan potensi keguguran.

Stres

Stres termasuk faktor yang sangat besar sehingga wanita sulit mengalami kehamilan. Namun sayangnya, stres sangat tidak bisa dipisahkan dari wanita, terutama bagi mereka yang hidup di kota besar.

Stres termasuk faktor yang sangat besar sehingga wanita sulit mengalami kehamilan

Stres termasuk faktor yang sangat besar sehingga wanita sulit mengalami kehamilan

Ketika seorang wanita menjalani hari-harinya dengan stres, maka ia akan menghasilkan hormon kortisol dan prolaktin yang terbukti bisa mengganggu atau menghentikan ovulasi.

Baca juga: 11 Tips Cara Cepat Hamil untuk Pasangan Baru Menikah

Apabila hal ini terus terjadi, maka sistem imun tubuh menurun dan menguras banyak energi. Kondisi seperti ini kemudian bisa mencegah terjadinya pelepasan energi, termasuk mempersulit terjadinya kehamilan.

***

Secara sederhana, wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak normal, sedang mengikuti kontrasepsi hormonal, memiliki berat badan yang tidak normal, hidup dengan stres, serta memiliki kebiasaan merokok, maka besar kemungkinan wanita tersebut mengalami kemandulan.

Selain itu, perlu dipahami bahwa masalah kesuburan tidak hanya menyangkut wanita atau isteri saja, namun juga pada sang suami. Oleh karena itu, pemeriksaan kesuburan wajib dilakukan oleh kedua pihak.

Meskipun ciri-ciri wanita mandul yang kami berikan ini tidak sepenuhnya bisa menentukan kesuburan wanita secara akurat, namun setidaknya Anda bisa melihat kecenderungan dari seorang wanita apakah subur atau tidak dengan menggunakan tolak ukur di atas.

{ 42 comments… add one }
  • nita amalia Monday, 18 September 2017, 06:12

    Dok..saya mau tanya??
    kenapa saya menstruasinya belum lancar lancar yah?😢

  • Elyna Thursday, 15 June 2017, 12:30

    Ass. Dok aku maw tnx, aku kan udah nikah 5 blan, tpi kok aku blum punya momongan yah?? siklus haidq jga nggk lancar kadang awal bulan, trkdang jg 1 mnggu stlah mens, tpi dari bln kmarin aku blum dpet” smpai skrng in! ap krna aku mandul yah?? tlong infox sgera dok

  • Amira Sunday, 21 May 2017, 23:57

    Hi nak tny . Apa effect kalau sy terhantuk kuat vagina pada besi basikal ? Smpai darah . Msetu umur sy tingkatan 1

  • HanHan Wednesday, 17 May 2017, 14:39

    Dok sya mw tnya,prnikhan sya sdah hmpir 3 thun.tp stlah 1 bln prnikhanbln sya sntik kb yg 3 blan. Tp sya sntikx skli aj.stlah itu gk prnh sntik lgi.Klw haid si lncar tp kdang tmbul rsa nyeri d prut, tp tdak d stiap haid. Kdang” sja. Kra” sya bsa pnya mmongan gk Dok,Mksih.

  • HanHan Wednesday, 17 May 2017, 14:35

    Dok,sy mw tnya.sya sdah nkah sdah hmpir 3 thun. Tp 1 bln stlah prnikhan sya sntik KB skli yg 3 bln. Stlah itu sy gk prnh lnjut kBx lgi. Haidx tiap bln si lncar. Tp rsa nyeri d prut kdang ad & kdang gk ad.. kra” bwat sya ad gk pluang bwat pnya mmongan. Mksih Dok.

  • cyasmi yati Friday, 28 April 2017, 08:31

    Assalamualaikum dok , maaf saya mau bertanya knp ada benjolan di kelamin saya apa kah yg terjadi dok

  • maya wulan dari Wednesday, 19 April 2017, 21:56

    Ass kenapa ya saya haid cuma 2 hari

    • dhony Friday, 5 May 2017, 09:12

      bgus tuu jadi kmu gx lama lama klo gx.shalat

  • Ilra Wednesday, 22 February 2017, 22:43

    Asss,,,,,
    Aku udah nikah setahul lebih dok tp aku blum hamil juga,soalnya aku punya masalah keputihan sama haid tdk lancar.makanya dok sya mw nanya gimana cara mengatasinya ya dok

  • Syailalala Monday, 2 January 2017, 07:03

    Maaf sebelumnya dokter saya mau bertanya , Saya kok malah bertelur iya bukan melahirkan knp kira kira?

    Dah kaya ayam aja -__-

    • dhony Friday, 5 May 2017, 09:14

      hhhhhh????????????

  • Avira ashary annur Friday, 30 December 2016, 14:42

    Umurku 12 teman2 ku rata rata udh haid tapi cuma aku doang yg belum kenapa ya smg st st nt bs id

    • dhony Friday, 5 May 2017, 09:16

      sabar gx smua wanita it cpat haid…ada wanita cpat mngalami haid.ad yg lambat

  • nada Thursday, 29 December 2016, 08:50

    kok haid saya ngak teratur ya??

  • efi Wednesday, 16 November 2016, 20:21

    mlm..sya sdh punya anak 1 sdh umur 10 thn..tpi ssh hmil ank ke2,,mhn solusi ny.

  • Miranda Monday, 14 November 2016, 23:17

    Kenapa ya umur ak ud 15 tahun tp koq blm haid

  • Novie Monday, 17 October 2016, 22:28

    Mlm .. saya nikah udh 6 thn tp blum jga punya momongan nih :’) saya sih punya penyakit infeksi saluran kencing tp udh di tanganin sama dokter .. mengenai menstruasi alhamdulilah teratur .. tapi kok blum dpt momongan :'( Mohon saran dan pendapatnya ya guys

    • dhony Friday, 5 May 2017, 09:18

      momongan it emnk di harap kan smua pasangan…intinya sabar dan tawakal…banyak” berdo.a spaya cpet di bri momongan

  • mida Saturday, 15 October 2016, 18:16

    anak itu kan titipan, insya allah klo udah dipercayakan allah pasti ngasih. tapi kalau belum yah berdoa sajalah dan terus berusaha :)

  • amoy inuy Monday, 26 September 2016, 13:45

    Anak itu hak ALLOH,ttp berdoa dan berikhtiar,klw udah waktunya juga dikasihh

  • Yuli Tuesday, 30 August 2016, 09:21

    Assalamualaikum,,saya juga me gbung,,saya udh 3 bln gk dtg haid,saya takut trjd sesuatu d rahim saya,
    Udah sering trjd sperti ni,kdg setahun gk keluar haid,trus lancar lg dtg ny,siklus haid ny gk teratur,perut juga sering sakit,tkutny saya tak bsa pny anak,bagi solusinya ya,terimakasih,,

  • imron sadewo Thursday, 14 July 2016, 19:34

    Saya umur 23 thn,,saya gk hamil” jugak yaa dan tidak pernah haid” ini, apa saya mandul,,tpi kalau prempuan mau hamil datang saja ke saya bisa hamil dan branak 2 heheee

  • Lutfi Arrazaq Part 1 Friday, 8 July 2016, 16:00

    gua kok gak mimpi basah ??? Gua paksain kok gak keluar ya ?

  • Lutfi Arrazaq Part 1 Friday, 8 July 2016, 15:59

    saya usia 13 thn kok belom mimpi basah ??? terus gua paksain gak keluar

  • reissya Thursday, 7 July 2016, 04:59

    maaf ikut gabung juga..
    aku juga sma mba haid nya cuma 3 hari
    mungkin karna aku haid nya udah sampe kelas 11 smk kaliya, itupun karna ku periksa ke dokter, kalo nggak, aku gak tau deh,.☺

  • diermorairsir Tuesday, 7 June 2016, 06:14

    Assalamuallaimum..q bleh gbungn cma mw tanya ni. Klu q kan umur ny udh 18 thn bntar lgi nikah jujur aku takut gk bisa mmberi anak pda suami q.. q bingung knp q mens cuma 3hri tu baik buat mnju khmilan atu mlah sebaliknya? Thanks

  • Darra Wednesday, 25 May 2016, 15:16

    Saya udh nikah 2 bln, saya telat menikah. Saya menikah d usia 33+ nnti agustus 34,tp mslh haid saya lncar,dan saya bkn peroko,jg non alkohol,tp saya blm hamil,tp suami saya mani nya encer,tp d pernikahan pertama suami saya udh pnya anak,apakah ada peluang untuk saya hamil..saya pengen banget punya anak

  • shanty Thursday, 19 May 2016, 15:37

    aq udah 2,5 thn nikah, tp blm pnya anak juga… klo haid tnggal nya gak tratur, kadang maju maju trus, saat haid suka sakit pinggang.. apa itu normal atw tdak..

  • bot Saturday, 30 April 2016, 19:00

    Yg mens ny bermasalah atau lama . Bisa tny k dokter spesialist kandungan . Dan mntailah obat pelancar haid .

  • angel Friday, 29 April 2016, 12:26

    aku udah usia 14 th tp belum dapat menstruasi gmnyaa

  • roslia Friday, 22 April 2016, 21:37

    rasanya tidak ada harapan buat hamil,,,4 thn belum juga punya momongan,,,dah puas berobat tapi belom ada hasil

  • nurhalima Tuesday, 15 March 2016, 11:08

    saya mau nanya doc’ kenapa puting saya berubah menjadi hitam apa saya hamil’ tp belum telat doc

  • Nabilla Wednesday, 2 March 2016, 15:28

    Kata dukun aq mandul

    • roslia Friday, 22 April 2016, 21:38

      dabar mbak..

  • mesya Monday, 25 January 2016, 15:01

    ak haid.a kdg tratur kdg egk … ada yg bilang lo intim stlh 1minggu bis haid kta.a cpt hmil tp kog ak egk yh … ap krna pkrn.a stres n ak jga sering minum minuman yg brsoda .. ap itu bsa jdi penyebab.a ???

  • ecka Thursday, 17 December 2015, 23:04

    Sy mau nnya, sjk prtama sy dtg bln sampek skrg gk prnh teratur stiap blnnya, dan skrg sy ada kista di perut sblh kanan bwh, apakah sy msh bs hamil ,,,,???? Thank’s

  • chyla Sunday, 8 November 2015, 20:21

    saya mens nya juga ga teratur ,,

    tiap bulan mens nya datang tapi yg biasa ny dtg d atas tgl 20 skrg jdi awal bulan,,, klo ga tgl 1 tgl 5..

    pa itu tnda mandul ??

  • etie al habsyi Wednesday, 4 November 2015, 19:25

    Saya mau naya saya kox menstruasi y gx tratur kadang 1bulan se x kadang ampe 3bulan se x apa itu trmasuk cri”mandul?

  • WAHYUNI Friday, 23 October 2015, 17:49

    AQ KOK GK HAMIL2

  • verra Monday, 19 October 2015, 19:14

    aku enggak halangan tp nggak ada tanda tanda aneh yg terjadi

  • ratna wahyu Sunday, 27 September 2015, 18:54

    Aq skrg lg hamil tp kl d tesfex negativ tp kl k dukun beranak hamil

  • mia andryani Tuesday, 22 September 2015, 15:47

    Aq juga kenapa ngk menstruasi setiap bulan sekali tpi aq mens nya 1 thn sekali

Leave a Comment