≡ Menu

Tips Memilih Baju Batik dan Contoh Gambar Baju Muslim Batik

P

erkembangan baju batik saat ini sudah berada dalam tingkatan yang sangat mengagumkan, khusunya untuk jenis baju muslim batik. Hal ini dikarenakan corak dasar dari batik yang memang bisa diaplikasikan pada berbagai jenis model pakaian.

Bahan dari batik sendiri bisa disesuaikan sesuai kebutuhan, sehingga mudah diterapkan pada semua orang dengan bidang profesionalitas yang berbeda.

Untuk busana muslim sendiri, batik sering diaplikasikan dalam bentuk baju gamis. Selain bentuk motifnya yang menarik, desainnya yang simpel membuat baju ini digemari bagi para muslimah untuk menghadiri acara tertentu.

Namun seiring berkembangnya model berbusana di dunia islam, batik sering dijadikan corak dalam berbagai jenis model, misalnya kaftan. Selain itu, baju muslim yang berbahan batik juga memiliki keberagaman bahan mulai dari sutra, brokat, atau sifon

Model batik kaftan

Model batik kaftan

Maka tidak heran jika ada banyak sekali gambar baju muslim batik yang bisa didapatkan dan dijadikan sebagai bahan referensi. Para produsen batik pun menawarkan model yang sangat beragam dan tetap sejalan dengan perkembangan dunia fashion muslim. Hal ini akhirnya membuat batik semakin digemari di banyak negara.

Sejarah Singkat Asal Mula Batik

Pada awalnya, batik hanya dikhususkan untuk kalangan tertentu saja. Namun seiring perkembangan tren fashion, batik kini menjadi budaya dalam seluruh lapisan masyarakat.

Proses membuat batik

Proses membuat batik

Perkembangan bentuk motif yang selalu mengusung unsur tradisional merupakan ciri utama dari batik yang bisa menarik banyak konsumen. Hal ini kemudian membuat para produsen batik berlomba-lomba untuk melakukan inovasi, khusunya untuk pangsa pasar busana muslim.

Dengan begitu banyaknya produsen batik yang bermunculan, maka diharapkan ketelitian bagi para konsumen dalam menentukan pilihan. Hal ini dikarenakan gambar baju muslim batik yang ditampilkan pada toko-toko online bukanlah sebuah jaminan Anda akan mendapatkan bentuk fisik yang sesuai.

Tips Memilih Batik

Diperlukan wawasan luas mengenai pakaian batik agar Anda bisa memliki pakaian yang sesuai dengan keinginan. Mulai dari pengetahuan mengenai motif, warna, kulitas bahan, hingga tren dari batik itu sendiri. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih baju muslim batik.

Pilihlah batik sesuai warna kulit

Pilihlah batik sesuai warna kulit

Langkah pertama adalah dengan memilih warna busana yang senada dengan warna kulit. Untuk mereka yang memiliki warna kulit cerah, tentu bukan masalah karena jenis kulit ini cocok untuk mengenakan beragam warna batik.

Baca juga: Tips Cerdas Memilih Busana Sesuai Warna Kulit Kita

Namun bagi Anda yang memiliki kulit agak gelap, sebaiknya selaraskan pemilihan warna batik dengan warna kulit Anda. Sangat disarankan untuk memilih batik dengan warna coklat, biru tua, abu-abu, atau beberapa warna lainnya yang memiliki ciri gelap.

Langkah kedua yaitu dengan memperhatikan model dari baju muslim batik yang hendak dibeli. Anda sebaiknya memilih baju muslim yang mengikuti tren saat ini.

Model batik muslim modern

Model batik muslim modern

Baca juga: Berbagai Model Baju Batik Wanita Terbaru Anggun dan Cantik

Selain itu, pastikan untuk menselaraskan dengan postur tubuh Anda. Untuk tubuh yang terkesan agak gemuk, sebaiknya pilihlah busana yang memiliki corak sederhana sehingga tubuh tidak terlihat terlalu penuh. Sedangkan untuk yang memiliki tubuh kurus, disarankan untuk memakai batik yang bercorak ramai agar tubuh bisa terkesan lebih berisi.

Batik muslim hijab

Batik muslim hijab

Langkah terakhir agar Anda tidak mudah tertipu dengan gambar baju muslim batik yang ditawarkan adalah dengan mengenali kualitas bahan.

Batik dengan kualitas bahan terbaik dapat didapatkan dari produsen batik dari kota Surakarta atau Yogyakarta. Namun bagi Anda yang tidak memiliki akses untuk mendapatkan batik dari kota tersebut, Anda bisa membeli secara online.

Namun pastikan bahwa penyedia batik secara online tersebut berdomisili di kedua kota yang memang terkenal sebagai produsen batik ini.

***

Perkembangan untuk baju muslim batik saat ini sudah tidak terlalu menonjolkan motif batik sepenuhnya, namun lebih dipadukan dengan motif batik polos. Hal ini bertujuan untuk menghindari penampilan baju yang terlalu ramai serta untuk menyesuaikan dengan tubuh pemakainya.

Semoga artikel mengenai gambar baju muslim batik dan tips dalam memilih ini bisa Anda jadikan referensi saat hendak berbelanja.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment