≡ Menu

Wajib Tahu! Kenali Gejala Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang menyerang organ reproduksi wanita, yaitu pada bagian leher rahim, tepatnya pada bagian sempit diantara rahim dan kemaluan wanita. Ini merupakan jenis kanker yang sangat ditakuti oleh para wanita. Dari begitu banyaknya penderita kanker di Indonesia, sepertiga nya adalah penderita kanker serviks.

Bahkan WHO mencatat ada ribuan wanita yang harus meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. Dengan demikian, sangat penting bagi kita untuk mengenali beberapa gejala kanker serviks agar bisa dilakukan penanganan lebih awal.

Sekalipun kanker serviks itu membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi penyakit (sekitar 10 hingga 20 tahun) dan perkembangannya yang sulit dideteksi, namun sebagai wanita Anda tetap harus waspada sejak dini. Maka dari itu, Anda disarankan untuk melakukan test IVA dan pap smear setiap 6 bulan sekali.

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (human papilloma virus). Untuk kasus yang menyebabkan kematian, disebabkan oleh HPV tipe 16 dan juga 18. Jenis virus ini sangat mudah menyebar melalui cairan bahkan lewat sentuhan kulit.

Penggunaan WC umum yang sudah terkontaminasi oleh virus HPV juga sangat berpotensi untuk menjangkiti penggunanya, apalagi jika tidak dibersihkan dengan baik.

Selain itu, pola hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi pemicu dari kanker serviks. Misalnya kurangnya asupan vitamin, asam folat, dan juga kebiasaan merokok.

Pola hidup yang kurang baik seperti sering berganti pasangan intim dan sering berhubungan seksual pada usia dini juga bisa menjadi pemicu kanker serviks. Bahkan hubungan intim yang dilakukan di bawah usia 16 tahun bisa meningkatkan resiko terkena kanker serviks 2 kali lipat.

Faktor lain yang bisa menyebabkan kanker serviks adalah terlalu sering melahirkan, penggunaan pil KB untuk waktu yang lama, dan juga karena adanya faktor keturunan kanker.

Gejala Kanker Serviks

Sekalipun sulit untuk mendeteksi kanker serviks, namun ada sejumlah gejala yang bisa dijadikan sebagai sebuah petunjuk apakah seorang wanita berpotensi mengidap kanker serviks.

  • Ketika memasuki masa menstruasi, biasanya mereka akan mengeluarkan darah dalam jumlah yang banyak.
  • Seringnya merasa sakit pada area pinggul tanpa ada penyebab yang pasti.
  • Ketika melakukan hubungan intim, rasa sakit selalu muncul yang terkadang diikuti dengan perdarahan.
  • Rasa sakit ketika buang air kecil.
  • Keputihan yang tidak normal dan biasanya diiringi oleh perdarahan yang berlebih.
  • Untuk stadium lanjut, penderitanya akan merasakan sakit pada bagian paha dimana akan diikuti oleh pembengkakan.

Selain itu, penderitanya akan mengalami susah buang air kecil, kehilangan nafsu makan, dan juga perdarahan yang terjadi secara spontan.

Pencegahan Kanker Serviks

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan jika seorang perempuan terindikasi terserang kanker serviks.

  • Pastikan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga sanitasi lingkungan.
  • Menjalani pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi.
  • Apabila Anda adalah seorang perokok, sebaiknya hentikan segera kebiasaan ini.
  • Jangan membersihkan daerah keintiman dengan menggunakan air yang kotor.
  • Jangan pernah bergonta-ganti pasangan seksual. Untuk Anda yang belum pernah melakukan hubungan seksual,
  • sebaiknya segera lakukan vaksinasi HPV.
  • Untuk Anda yang sudah lama aktif melakukan hubungan seksual, sebaiknya lakukan tes pap smear setiap 6 bulan sekali.
  • Konsumsilah sayuran yang memiliki kandungan vitamin C, E, dan beta karoten dalam jumlah banyak.

Jika Anda memang sudah terdeteksi mengidap kanker ini, maka ada sejumlah metode yang bisa dilakukan. Untuk stadium awal, akan dilakukan metode pembedahan agar bisa menghilangkan kanker serviks tersebut.

Pembedahan yang dilakukan bisa dengan cara laser, listrik, atau membekukan jaringan kanker serviks itu sendiri. Pada stadium lanjut, akan dilakukan kemoterapi dan radioterapi.

Untuk kondisi yang cukup parah, satu-satunya jalan adalah dengan mengangkat rahim tersebut secara menyeluruh sehingga kanker tidak memiliki kesempatan untuk berkembang.

***

Sekian informasi mengenai gejala kanker serviks, pencegahan, dan juga langkah pengobatan yang bisa ditempuh. Semoga Anda bisa menjadi wanita yang lebih peduli dan awas terhadap kanker yang sudah membunuh jutaan nyawa ini.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment